Disuntik Dana Bergulir LPDB-KUMKM, Anggota KSP CU Saro Nifero Halmahera Makin Sejahtera

Oleh : Ridwan | Jumat, 03 Juni 2022 - 19:20 WIB

KSP CU Saro Niferi Halmahera
KSP CU Saro Niferi Halmahera

INDUSTRY.co.id - Halmahera - Dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) terus dimanfaatkan oleh mitra koperasi dalam rangka meningkatkan kapasitas bisnis koperasi maupun perekonomian anggotanya.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, dana bergulir dari LPDB-KUMKM memang merupakan fasilitas yang disediakan oleh negara untuk mendukung koperasi dari sisi permodalan, dan juga sebagai salah satu instrumen bagi pemerintah untuk mendorong perekonomian masyarakat.

Menurutnya, LPDB-KUMKM tak tinggal diam jika terdapat koperasi potensial di berbagai daerah, terlebih koperasi tersebut layak dari sisi legalitas maupun bisnis.

“Pastinya kami tidak tinggal diam. Hal yang terus kami lakukan salah satunya adalah melakukan ‘jemput bola’ dan mengadakan kegiatan sosialisasi ataupun bimbingan teknis,” kata Supomo dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Dijelaskan Supomo, dengan layanan LPDB-KUMKM yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, tentu pihaknya terus melakukan upaya jemput bola untuk melakukan sosialisasi penyaluran dana bergulir.

“Kami akan memberikan informasi secara lengkap mulai dari tahapan pemberkasan pengajuan dana bergulir, proses pengajuan proposal, hingga tahap final yakni penyaluran dan bergulir, untuk Indonesia bagian timur juga kami tengah gencarkan pembiayaannya,” katanya.

Sebab, lanjut Supomo, saat ini Indonesia tengah masuk fase perkuatan ekonomi setelah terdampak pandemi, dengan ini diperlukan upaya yang masif dari LPDB-KUMKM untuk menyalurkan dana bergulir hingga ke Indonesia timur.

Seperti salah satu mitra LPDB-KUMKM yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Saro Nifero yang berasal dari Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara tengah memanfaatkan dana bergulir dari LPDB-KUMKM untuk perekonomian anggotanya.

Deddy Tjaya Manajer KSP CU Saro Nifero mengungkapkan, pihaknya telah menjadi mitra LPDB-KUMKM sejak tahun 2021 dengan total pembiayaan dana bergulir sebesar Rp3 miliar.

“Kami mendapat pembiayaan dari LPDB-KUMKM sebesar Rp3 miliar, kami sangat terbantu juga ketika dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19,” ujar Deddy dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Dengan mendapatkan pembiayaan dana bergulir, KSP CU Saro Nifero menyalurkan dana tersebut kepada anggotanya untuk pertumbuhan usaha atau bisnis para anggota,dan juga untuk meningkatkan kapasitas bisnis koperasi itu sendiri.

Dari guliran pembiayaan tersebut, Deddy menambahkan, pertumbuhan kapasitas bisnis koperasi meningkat pesat hingga saat ini memiliki jumlah anggota sebanyak 16.000 anggota yang tersebar di Halmahera Utara, Halmahera Barat, dan Kepulauan Morotai, dengan total aset koperasi mencapai Rp100 miliar, dan memiliki 6 kantor cabang.

Dari sisi karakteristik pembiayaan kepada anggota, KSP CU Saro Nifero menyalurkan pembiayaan kepada sektor produktif yakni home industri, perdagangan, dan pertanian.

“Non Performing Loan (NPL) kami jaga dilevel 2,8 persen, pembiayaan dominan memang ke sektor riil mulai dari makanan ringan, abon ikan, ada juga kerajinan tangan, ada juga kue-kue tradisional. Pertanian rempah-rempah biji pala itu juga ada,” tambahnya.

Peningkatan perekonomian anggota ini terlihat dari jumlah rata-rata simpanan para anggota yang mengalami kenaikan signifikan, termasuk volume usaha para anggotanya.

“Dengan adanya pembiayaan dana bergulir ini kami koperasi sangat terbantu sekali, kami juga bisa meningkatkan usaha atau bisnis dari para anggota. Tadinya rata-rata mereka memiliki tabungan mempunyai Rp100.000 sampai Rp200.000, kemudian setelah pemanfaatan dana bergulir LPDB-KUMKM ada peningkatan dengan rata-rata Rp3 juta sampai Rp4 juta, dan juga volume usahanya meningkat, banyak juga yang bisa menambah cabang usaha,” kata Deddy.

Menurutnya, KSP CU Saro Nifero sangat terbantu dengan pembiayaan dari dana bergulir, mulai dari pertumbuhan aset, peningkatan jumlah anggota, dan juga perekonomian masyarakat.

“Kami sangat terbantu sekali dengan bermitra dengan LPDB-KUMKM melalui pembiayaan dana bergulirnya, anggota bertambah, aset koperasi naik, penambahan anggota hampir 1.000 orang berkat dana dari LPDB-KUMKM,” jelas Deddy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…