5 Aplikasi Bisnis Online yang Wajib Dimiliki oleh Setiap Pebisnis

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Juni 2022 - 15:40 WIB

World to Pdf
World to Pdf

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tidak ada orang yang tidak ingin bisnis online mereka tidak sukses. Sayangnya, tidak sedikit pebisnis pemula tidak bisa melakukan bisnis online mereka karena mereka tidak mempunyai aplikasi yang dibutuhkan untuk bisnes tersebut. Jangan ulangi kesalahan mereka, dan pastikan kamu mempunyai 5 aplikasi bisnis online ini!

1. Google Spreadsheet

Mungkin kamu sudah pernah dengar mengenai produk Google seperti Gmail dan Google Drive. Nah, sebenarnya mereka punya platform multifungsi dimana kamu bisa akses produk-produk tersebut dalam satu klik saja. Platform tersebut adalah Google Spreadsheet.

Di Google Spreadsheet, kamu bisa menggunakan berbagai produk Google dan menggunakannya untuk bisnis onlinemu. Apakah kamu butuh jadwal? Kamu bisa membuatnya di Google Excel. Atau kamu butuh untuk membuat dokumen yang bisa dibagikan ke klien? Ada Google Document yang bisa dikirim ke mereka. Dengan berbagai fitur yang bisa membantu bisnis online kamu, Google Spreadsheet adalah aplikasi yang wajib untuk dimiliki.

2 Getlua.com

Salah satu kekurangan dari dokumen yang kita kirim adalah faktor pengubahan dokumen. Karena tidak semua dokumen “mengunci” informasi yang ada di dokumen mereka, ada potensi dimana klien akan mengubah  beberapa hal dari materi kita.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan Getlua.com. Getlua.com adalah aplikasi online yang tidak perlu kamu unggah, karena kamu bisa akses Getlua melalui browser saja. Dengan Getlua, kamu bisa mengubah Word ke PDF atau PDF ke Word. Kalau kamu tidak ingin dokumennya diubah, ganti format dokumen dari Word ke PDF. Kalau kamu mau dokumennya direvisi, ubah format dari PDF ke Word.

3. Favro

Apabila kamu memiliki karyawan, kamu harus melihat bagaimana proses mereka dalam melakukan pekerjaan mereka. Sayangnya, tidak semua pebisnis bisa melihat secara langsung bagaimana karyawan mereka bekerja karena berbagai faktor seperti WFH.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menggunakan software kolaborasi seperti Favro. Favro adalah aplikasi kolaborasi dimana kamu bisa menaruh tugas para karyawan, lalu mereka memberi update di Favro juga. Dengan begitu, kamu bisa melihat bagaimana proses pekerjaan mereka.
Selain tracking, Favro juga bisa menambah notes, komen, dan fitur lain yang mendukung kolaborasi dengan sesama karyawan.

4. Hootsuite

Sekarang saatnya fokus ke sosial media. Ada banyak sosial media yang wajib kita kuasai, seperti Twitter, Tiktok, Instagram, dan lain-lain. Sayangnya, pindah dari satu sosial media ke media yang lainnya cukup merepotkan. Hal ini bisa membuat kita bingung, dan kita bisa membuat kesalahan jika kita kebingungan.

Untuk mencegah hal di atas, kamu bisa menggunakan Hootsuite. Hootsuite adalah aplikasi sosial media dimana kamu bisa mengatur sosial media bisnis onlinemu di satu browser saja. Jadi, kamu tidak akan bingung karena harus pindah dari satu sosial media ke sosial media yang lainnya.

5. WhatsApp

Kalau platform bisnis online kamu menyediakan opsi live chat, anda tidak perlu khawatir mengenai kontak langsung dengan pelanggan. Tapi bagaimana jika platformnya tidak memberi fitur live chat? Tenang saja, karena kamu bisa menggunakan WhatsApp. Dengan WhatsApp, kamu bisa berbicara dengan pelanggan langsung dan membantu mereka menjawab pertanyaan mereka. Jadi, kamu bisa berbincang langsung dengan pelanggan tanpa harus khawatir kamu tidak bisa menjawabnya.

Masih ada banyak aplikasi bisnis online yang harus kamu miliki sebagai pebisnis. Namun, aplikasi di list ini adalah aplikasi wajib karena mereka bisa membantumu untuk melakukan hal-hal dasar dalam menjalankan bisnis anda. Kalau kamu tidak percaya, unduh lah mereka dan rasakan bagaimana bisnismu berubah karena aplikasi di atas!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.