4 Alasan Mengapa Bisnis Logistik di Indonesia akan Berkembang dalam 5 Tahun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Juni 2022 - 15:57 WIB

Ninja Express (Foto Dok Industry.co.id)
Ninja Express (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kalau kamu mendapatkan paketan dari mas kurir, kamu pasti akan mendapatkan beberapa paketan dari (setidaknya) dua kurir yang berbeda. Percaya atau tidak, jumlah kurir di Indonesia lebih dari dua itu lho! Bahkan, sekarang mulai banyak bisnis logistik di Indonesia akhir-akhir ini. Kalau kalian ingin tahu mengapa bisnis logistik di Indonesia sedang berkembang sekarang, yuk simak artikel di bawah ini!

1. Platform belanja online

Coba kamu lihat platform belanja online yang ada sekarang. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, OLX – nama yang disebutkan hanyalah sedikit bagian dari banyaknya platform belanja online yang ada. Jangan lupa, ada platform belanja lokal yang mempunyai niche sendiri seperti Tanihub, Sociolla, Zalora, dan lain-lain. Pokoknya, sekarang ada banyak sekali platform yang menyediakan jasa agar para toko memuat belanjaan mereka di platform tersebut.

Dengan banyaknya platform belanja online, maka tuntutan logistik di Indonesia pun semakin besar. Maka tidak aneh apabila bisnis logistik di Indonesia sedang berkembang sekarang. Saking banyak tuntutan ekspedisi yang dibutuhkan, tidak sedikit platform-platform ini membuat ekspedisi mereka sendiri seperti Shopee Xpress. Ada juga logistik yang baru seperti Nina Xpress. Dan ini baru tahun 2022 saja, lho! Bayangkan bagaimana besarnya nany potensi bisnis logistik di Indonesia setelah 5 tahun?

2. Toko online yang merajalela

Poin kedua mengenai bisnis logistik di Indonesia berhubungan dengan poin pertama. Karena ada banyak platform online yang tersedia untuk seller, maka tidak apabila para seller membuat profil mereka di setiap platform yang ada. Mungkin hal tersebut terlihat boros, tetapi jika hal tersebut bisa membantu tokonya untuk mendapatkan eksposur dan pelanggan, why not?

Namun, jumlah toko online yang merajalela juga menuntun kesediaan jasa ekspedisi agar barang yang dijual bisa sampai di tempat dengan baik dan selamat. Karena toko online tidak akan berhenti sekarang, ada kemungkinan bahwa akan ada semakin banyak toko online yang ada. Dan semakin banyak toko online, semakin banyak juga jasa ekspedisi seperti Ninja Xpress dan Shopee Xpress.

3. Tidak usah keluar rumah

Kenapa orang senang menggunakan ekspedisi? Jawaban  simpel: karena mereka tidak usah keluar rumah. Ketika kita menerima pesanan online kita, kita hanya perlu duduk dan menunggu sang kurir untuk datang setelah beberapa hari. Kita tidak usah menggerakan badan kita ke kantor ekspedisi terdekat, karena barang kita akan diantar oleh mereka.

Meskipun ini terlihat sepele, fakto ini juga mempengaruhi bisnis logistik di Indonesia. Dengan para kurir mendatangi kita untuk mengambil/mengantar barang kita, kita bisa menghemat waktu dan menggunakan waktu kita untuk melakukan hal-hal lain yang lebih relevan di rumah kita. Dengan menggunakan bisnis logistik di Indonesia untuk mengambil/mengantar barang kita, kita akan menghemat energi kita, bensin kendaraan kita, dan lain-lain.

4. Cepat

Percaya atau tidak, kurir bisnis logistik di Indonesia termasuk cepat. Kalau kamu pesan barang di toko yang terletak di kota yang sama dengan kamu, kamu akan mendapatkan barangnya dalam sehari. Di kota yang berbeda, sekitar 2-3 hari. Di benua yang berbeda, sekitar 3-5 hari. Hanya dengan memesan barang online, kita bisa mendapatkan barang kita kurang dari seminggu tanpa harus menapakkan kaki di luar rumah.

Melihat kelebihan yang diberikan oleh bisnis logistik seperti Ninja Xpress, JNE, dan Shopee Xpress di Indonesia, tidak aneh jika tuntutan untuk bisnis logistik semakin banyak. Apakah kamu ingin memulai bisnis logistik yang baru?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…