Rangkul PLN, SPV Buktikan Komitmen Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Mei 2022 - 09:27 WIB

Rangkul PLN, SPV Buktikan Komitmen Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan
Rangkul PLN, SPV Buktikan Komitmen Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

INDUSTRY.co.id - Purwakarta- Konsep dan penerapan sustainability (keberlanjutan) kini semakin sering digaungkan baik di masyarakat maupun pada level pemerintahan. Kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan menjadi suatu bagian yang semakin penting.

PT South Pacific Viscose (SPV) yang merupakan bagian dari Lenzing1 Group global juga turut mengedepankan prinsip keberlanjutan dalam bisnis perusahaan. SPV kali ini menjalankan kerjasama terkait energi terbarukan bersama dengan PLN. SPV dan PLN baru saja menandatangani perjanjian jual beli Renewable Energy Certificate (RCE).

”Hari ini SPV menandatangani perjanjian jual beli Renewable Energy Certificate (RCE) dengan PLN. Hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian SPV terhadap komitmen keberlanjutan dan praktik bisnis yang ramah lingkungan,” jelas Sri Aditia, Presiden Direktur PT South Pacific Viscose (SPV).

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Sri Aditia, Presiden Direktur PT SPV, Rahadian Ratmawijaya sebagai Direktur Keuangan SPV, dan MX.Wahyu Catur Prasetyo selaku Manajer PLN UP3 Purwakarta Unit Induk Distribusi Jawa Barat .PT SPV yang merupakan bagian dari Lenzing Group global adalah perusahaan yang memiliki komitmen terhadap praktek keberlanjutan dan juga penerapan ekonomi sirkular dalam bisnis perusahaan.

Bahkan pada level internasional sendiri, Lenzing Group menjalankan strategi perusahaan untuk menjadi sebuah perusahaan berkelanjutan yang dicapai atas kerjasama bersama dengan seluruh elemen perusahaan seperti pegawai, rekan, investor, konsumen, dan supplier.

”SPV sebagai bagian dari Lenzing Group yang peduli terhadap isu keberlanjutan dan lingkungan dan menerapkan prinsip sirkular ekonomi dalam perusahaannya tentu turut mempromosikan dan mempraktikan prinsip yang sama. Atas dasar itulah kerjasama dengan PLN kita buat,” lanjut Sri Aditia.

PLN sebagai BUMN dalam bidang sumber daya energi listrik juga menyambut baik rencana SPV dalam menerapkan prinsip keberlanjutan dengan menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, PLN juga berharap akan ada semakin banyak perusahaan yang juga ikut menerapkan prinsip keberlanjutan dan menggunakan energi ramah lingkungan.

”Kami tentu mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PT SPV dan juga perusahaan lainnya dalam mewujudkan praktik keberlanjutan dalam bisnis perusahaan dan menggunakan energi ramah lingkungan karena sudah membantu pemerintah dalam mempercepat target bauran energi baru terbarukan,” jelas MX. Wahyu Catur Prasetyo.

Sertifikat energi baru terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) merupakan atribut yang mempresentasikan setiap MWh listrik yang diproduksi dari pembangkit EBT. 1 Unit REC setara dengan 1 MWh yang dihasilkan dari pembangkit listrik energi terbarukan PLN yang telah didaftarkan pada APX. Harga REC sebesar Rp35.000 per MWh.

REC sendiri memiliki manfaat sebagai opsi pengadaan konsumen untuk pemenuhan target penggunaan energi terbarukan yang transparan, diakui secara internasional dan tanpa mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

“REC adalah bentuk dukungan dari PLN terhadap gerakan global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. REC PLN memenuhi RE 100 best practices guidelines dan standar Carbon Disclosure Project (CDP) untuk pembelian dan pelaporan energi terbarukan,” terang MX. Wahyu Catur Prasetyo.

Selain mengurangi emisi gas rumah kaca, Wahyu juga menambahkan bahwa melalui pembelian REC, maka pelanggan turut berkontribusi dalam mempercepat pencapaian target bauran energi baru terbarukan di Indonesia sebesar 23% pada tahun 2025.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pradesain Ibu Kota Baru

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:23 WIB

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Minta Pemda Stop Pemberian Perizinan Dikawasan IKN

Jakarta – Pembangunan fisik akan dimulai bulan agustus 2022 di IKN dan akan terus berlanjut pasca disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…