CDC Mengeluarkan Peringatan Perjalanan di Tengah Penyebaran Virus Monkeypox

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 27 Mei 2022 - 16:15 WIB

Ilustrasi Perjalanan Naik Pesawat (Ist)
Ilustrasi Perjalanan Naik Pesawat (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan kepada wisatawan asal Amerika untuk melakukan tindakan pencegahan yang ditingkatkan minggu ini di tengah penyebaran virus monkeypox di seluruh dunia.

Badan tersebut, yang meningkatkan peringatan perjalanan monkeypox ke "Level 2," dari tiga, mengeluarkan pemberitahuan karena kasus-kasus virus menular telah dilaporkan di Amerika Utara, termasuk di Amerika Serikat, serta di beberapa negara di Eropa, (termasuk Prancis, Belgia, dan Italia) dan Australia.

Melansir dari laman Travel and Leisure, monkeypox adalah virus langka yang dapat menyebar melalui kontak dengan lesi kulit atau cairan tubuh, termasuk tetesan pernapasan, atau melalui kontak dengan bahan yang terkontaminasi.  Diketahui, mereka yang terinfeksi virus dapat mengalami gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening, diikuti oleh ruam selama 2 hingga 4 minggu. Ruam biasanya melewati beberapa tahap, menurut CDC.

"Wisatawan harus menghindari: Kontak dekat dengan orang sakit, termasuk mereka yang memiliki lesi kulit atau lesi genital. Kontak dengan hewan liar yang mati atau hidup seperti mamalia kecil termasuk tikus (tikus, tupai) dan primata non-manusia (monyet, kera). Makan atau menyiapkan daging dari permainan liar (daging semak) atau menggunakan produk yang berasal dari hewan liar dari Afrika (krim, lotion, bubuk). Kontak dengan bahan yang terkontaminasi yang digunakan oleh orang sakit (seperti pakaian, tempat tidur, atau bahan yang digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan) atau yang bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi," jelas CDC menulis dalam pernyataannya.

Pada 21 Mei 2022, 92 kasus yang dikonfirmasi laboratorium dan 28 kasus dugaan monkeypox telah dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia dari seluruh dunia, menurut kelompok itu.

Badan tersebut mencatat vaksinasi sebelumnya terhadap cacar dapat memberikan perlindungan terhadap virus monkeypox.

Sementara virus ini biasanya ditemukan di seluruh Afrika Tengah dan Barat, CDC mengatakan tidak ada orang yang baru-baru ini jatuh sakit selama wabah saat ini melaporkan telah mengunjungi negara-negara di mana monkeypox biasanya terjadi, termasuk Republik Demokratik Kongo dan Nigeria.

CDC menambahkan bahwa sementara risiko bagi masyarakat umum rendah, wisatawan harus segera mencari perawatan medis jika mengalami ruam kulit baru yang tidak dapat dijelaskan (lesi pada bagian tubuh mana pun), dengan atau tanpa demam dan menggigil, dan menghindari kontak dengan orang lain

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…