Ribuan UMKM Siap Berkompetisi Dalam Program Talenta Wirausaha BSI

Oleh : Wiyanto | Kamis, 26 Mei 2022 - 09:01 WIB

Bank Syariah Indonesia (foto Kompas.com)
Bank Syariah Indonesia (foto Kompas.com)

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Program Talenta Wirausaha yang digelar PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Sebanyak lebih dari 5.400 pelaku UMKM siap berkompetisi dalam program inkubator untuk mencetak wirausaha muda Indonesia agar naik kelas.

Per Mei 2022, Talenta Wirausaha BSI telah mencapai tahap seleksi business proposal. Dari 5.400-an peserta yang mendaftar, lalu diseleksi menjadi 1.000 peserta dan separuhnya telah mengumpulkan business proposal. Dimana peserta siap bersaing memperebutkan pemenang Talenta Wirausaha BSI 2022 yang akan digelar Juni nanti, serta akses pembiayaan/ partnership dengan BSI.

Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar menyampaikan program Talenta Wirausaha BSI menjadi satu dari banyak program yang dihadirkan perusahaan untuk mendorong UMKM naik kelas.

“Peran Bank Syariah tidak hanya sebagai mitra perbankan yang memberikan pembiayaan saja, melainkan nilai BSI untuk mencetak para muslimpreneur sehingga mereka bisa naik kelas, berdaya dan kompeten di bidang wirausaha,” ujarnya.

Dalam program ini, BSI siap memberikan apresiasi pemenang Talenta Wirausaha BSI 2022 senilai lebih dari Rp450 juta. Program Talenta Wirausaha BSI diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki dan Dirut BSI Hery Gunardi pada 19 Januari 2022 lalu di SMESCO Jakarta.

Program ini sebagai inkubator mencetak wirausaha – wirausaha muda yang nantinya disiapkan untuk naik kelas. Hal ini menjadi keseriusan BSI untuk membangun UMKM serta muslimpreneur berdaya yang mampu menjadi penggerak ekonomi nasional.

Talenta Wirausaha BSI menyasar wirausaha muda dengan melakukan roadshow ke berbagai kota dan universitas, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan, Semarang, Malang, Makassar, Medan, Aceh dan Lampung. Kota – kota tersebut dipilih sebagai sasaran program mengingat potensi UMKM dan animo masyarakat cukup tinggi.

Talenta Wirausaha juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi & UKM, pemerintah daerah, Himpunan Pengusaha Muslim serta berbagai universitas yang memiliki kesamaan misi untuk melahirkan generasi muda berdaya dan menjadi pencetak lapangan kerja bagi lingkungannya.

Selain itu, BSI ambil peran dalam hal pendampingan wirausaha dan kesiapan pemberian modal usaha sesuai prinsip syariah. Pada tahun ini, BSI dipercaya untuk menyalurkan pembiayaan KUR Syariah sebesar Rp 12,5 triliun. Sebagai bukti keseriusan BSI mendukung UMKM, tercatat per Maret 2022 lalu pembiayaan segmen mikro BSI mencapai Rp 15,54 triliun, tumbuh 22,42% year on year.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…

Distribusi obat-obatan ke wilayah terdampak PMK

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:10 WIB

Kementan Perbanyak Distribusi Obat-Obatan ke 19 Provinsi Terdampak PMK

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mendistribusikan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Taman Nasional Komodo (Foto:Kaskus)

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:00 WIB

Wacana Tarif ke TN Komodo Rp3,75 Juta, Menparekraf: Masih Akan dibahas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa wacana tiket terusan seharga Rp3.750.000 bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional (TN) Komodo dan…

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:00 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Saksikan Berbagai Atraksi hingga Potong Tumpeng di Hari Bhayangkara

Usai melaksanakan upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menyaksikan beberapa pertunjukan. Berbagai atraksi mulai dari terjun payung hingga…

Clinton Augusto Kartawijaya, CEO Rimbalife.id

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:28 WIB

Begini Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala August Clint

Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) pasti sering tidak pede atau percaya diri dengan tampilan saat ini. Tentu anda juga ingin merubah badan menjadi lebih ideal, cara…