Sony Electronics Perkenalkan FE 24-70mm F2.8 GM II Baru, Lensa Zoom Standar F2.8 Terkecil dan Teringan di Dunia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Mei 2022 - 18:33 WIB

Takeshi Hatanaka Head of Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia, Koji Sekiguchi President Director PT Sony Indonesia, Juan Sebastian Haryanto Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia
Takeshi Hatanaka Head of Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia, Koji Sekiguchi President Director PT Sony Indonesia, Juan Sebastian Haryanto Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sony Electronics Inc. memperkenalkan lensa ke-67 dalam jajaran E-mount mirrorless, yaitu Lensa FE 24-70mm F2.8 GM II (model – SEL2470GM2). Sony mengembangkan lensa zoom standar F2.8 teringan di duniai ini menggunakan teknologi lensa terdepan untuk menghadirkan resolusi menakjubkan dan bokeh indah yang dikenal pada seri “G Master” Sony.

FE 24-70mm F2.8 GM II merupakan salah satu lensa paling serbaguna pada jajaran ini yang dibuat untuk para fotografer, videografer dan kreator hybrid. Lensa ini sangat cocok untuk portrait, wedding dan penggunaan komersial.

"Sudah enam tahun berlalu sejak Sony merilis lensa 24-70 mm F2.8 G Master pertama dan pada saat itu, kebutuhan pelanggan kami telah berubah. Kami selalu mendengarkan komunitas kami dan telah mendesain lensa FE 24-70mm F2.8 GM II baru ini berdasarkan masukan dari para kreator," kata Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (25/5/2022).

"Mengetahui bahwa focal length 24-70 mm sangat populer, sangat penting bagi kami untuk terus melakukan peningkatan guna menghadirkan teknologi tercanggih kami pada lensa yang penting untuk penggunaan pelanggan kami. Hari ini, senang sekali kami dapat memperkenalkan lensa zoom standar F2.8 terkecil dan teringan di dunia," imbuhnya.

FE 24-70mm F2.8 GM II sangat ringkas namun serbaguna dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan pengambilan gambar yang sangat tajam dan detail untuk foto dan video. Lensa terbaru ini memiliki resolusi tinggi di seluruh area gambar bahkan dengan bukaan terbesarnya.

Lensa FE 24-70mm F2.8 GM II

Susunan optik pada lensa ini juga telah didesain ulang sepenuhnya, menggunakan lima elemen aspherical, termasuk dua elemen XA (extreme aspherical) berpresisi tinggi. FE 24-70mm F2.8 GM II juga memiliki dua ED (extra-low dispersion) dan dua elemen kaca Super ED.

Dikombinasikan dengan mekanisme floating focus terbaru, lensa ini dapat secara efektif mengontrol aberasi kromatik, astigmatisme, distorsi, dan koma sehingga resolusi luar biasa dapat dicapai di seluruh area gambar pada semua rentang zoom dan bukaan.

FE 24-70mm F2.8 GM II mempunyai kejernihan luar biasa dengan meredam flare dan ghosting secara efektif, bahkan saat pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan yang menantang.

Hal ini memungkinkan berkat Nano AR Coating II asli Sony yang menghasilkan lapisan anti-pantulan secara menyeluruh pada permukaan lensa. FE 24-70mm F2.8 GM II menghasilkan bokeh menakjubkan di seluruh rentang zoom dengan bokeh melingkar yang indah, berkat desain optik canggihnya dan bukaan 11-blade terbaru.

Dalam desain 24-70 mm baru ini, lensa ini memberikan performa close-up yang luar biasa dengan jarak fokus minimum 8,25 inci (0,21 meter) pada 24 mm dan 12 inci (0,30 meter) pada 70 mm, dan dengan perbesaran maksimum 0,32x.

FE 24-70mm F2.8 GM II mencapai fokus yang andal menggunakan empat Motor Linear XD (extreme dynamic) asli Sony, mekanisme floating focus dan kontrol lensa canggih, bahkan saat pengambilan gambar dengan subjek yang bergerak cepat. Selain itu, lensa ini mendukung pengambilan gambar secara kontinu hingga 30 fps  untuk foto dan perekaman video 4K 120p dengan autofokus.

FE 24-70mm F2.8 GM II memungkinkan performa pelacakan AF terus-menerus, bahkan pada saat pengambilan foto dengan bukaan kecil sehingga memungkinkan penggunaan depth of field yang lebih dalam untuk memastikan subjek yang bergerak tetap dalam fokus tajam saat pengambilan gambar secara kontinu . Saat melakukan zoom, performa pelacakan AF lensa ini sekitar dua kali lebih baik dari model sebelumnya .

FE 24-70mm F2.8 GM II dirancang untuk semua jenis aplikasi video dengan bukaan maksimum F2.8 yang konstan, performa AF menakjubkan, kontrol serbaguna, dan keandalan terbaik. Lensa FE 24-70mm F2.8 GM II menawarkan pengoperasian AF yang sangat senyap berkat Motor Linear XD dan sistem bukaan lensa yang baru dikembangkan.

Menggunakan teknologi lensa terbaru,  FE 24-70mm F2.8 GM II mengurangi focus breathing, focus shift dan axial shift saat melakukan zoom untuk rekaman video yang halus. Lensa ini juga mendukung fungsi breathing compensation , yang tersedia pada kamera seri Alpha yang kompatibel.

Sebagai manfaat tambahan untuk pembuatan video tingkat lanjut, lensa terbaru ini juga dilengkapi dengan Linear Response MF (manual focus) yang memastikan akurasi tinggi saat pemfokusan secara manual, karena ring fokus merespons secara langsung dan kontinu untuk kontrol yang lembut.

Lensa ini juga memiliki aperture ring yang membuat kontrol bukaan/iris manual menjadi cepat, langsung dan mudah. Ring iris khusus ini memungkinkan kontrol secara click-less untuk mendapatkan transisi depth of field yang halus.

Didesain untuk dipasangkan secara sempurna dengan kamera E-mount sistem Alpha™ Sony yang ringkas, FE 24-70mm F2.8 GM II merupakan zoom 24-70 mm F2.8 terkecil dan teringan di duniai pada kelasnya, serta menawarkan fleksibilitas dan kebebasan pengambilan gambar yang belum pernah ada sebelumnya untuk pemakaian di berbagai situasi.

FE 24-70mm F2.8 GM II memiliki berat hanya 695 gram, sekitar 20% lebih ringan dibandingkan dengan 24-70 mm F2.8 G Master terdahulu. Panjang lensa juga telah berkurang 16 mm dan volume keseluruhan telah berkurang sekitar 18%.

Lensa FE 24-70mm F2.8 GM II baru ini dikembangkan berdasarkan keinginan dari para profesional untuk menawarkan kontrol dan kegunaan yang lebih baik dari model sebelumnya.

Model ini meliputi Tombol kehalusan zoom untuk menyesuaikan torsi ring zoom baik Kencang atau Halus; Ring bukaan yang baru ditambahkan dengan tombol klik ON/OFF serta tombol iris lock; Dua tombol focus hold yang dapat disesuaikan oleh pengguna; Ring fokus yang merespons secara langsung dan linier terhadap kontrol yang lembut saat pemfokusan manual; Desain tudung lensa baru dengan jendela untuk mengontrol filter circular polarizing (dia. 82mm); dan Pusat gravitasi yang lebih seimbang untuk penanganan dan pengoperasian yang lebih baik.

Desain tahan debu dan kelembapan yang telah diperbarui  memberikan keandalan ekstra untuk penggunaan di luar ruangan dan kondisi yang menantang. Tombol-tombol dilengkapi dengan gasket karet dan ring karet yang menutup mounting lensa. Elemen lensa depan dilengkapi dengan lapisan fluorine yang mampu menolak air, minyak dan kontaminan lainnya, sekaligus memudahkan untuk membersihkan kontaminan atau sidik jari yang menempel pada permukaan lensa.

Pre Order Lensa terbaru FE 24-70mm F2.8 GM II akan dimulai pada hari ini, 25 Mei 2022 hingga 19 Juni 2022 dengan harga Rp31.999.000, dapatkan Exclusive Sony Uniqlo Jacket untuk pembelian selama masa Pre Order. Lensa ini akan tersedia di Indonesia pada bulan Juni dan tersedia di seluruh Sony Authorized Dealer di Indonesia.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…