Yayasan Life After Mine Kirim Bantuan untuk Korban Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Lebak Banten

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Mei 2022 - 09:56 WIB

Yayasan Life After Mine Kirim Bantuan untuk Korban Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Lebak Banten
Yayasan Life After Mine Kirim Bantuan untuk Korban Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Lebak Banten

INDUSTRY.co.id - Banten - Yayasan Life After Mine (YLAM) menyalurkan bantuan kepada korban terdampak bencana banjir dan longsor berupa mobil operasional logistik guna mendukung percepatan pemulihan dan penanggulangan lokasi terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Lebak, Banten.

Yayasan Life After Mine merupakan yayasan binaan MMS Group Indonesia yang memiliki fokus pada isu-isu sosial, kesehatan, dan lingkungan pada masyarakat umumnya serta wilayah pascatambang khususnya.

YLAM merupakan salah satu badan yang berperan cukup signifikan pada penanggulangan pandemi Covid-19, khususnya di wilayah Kalimantan Timur sepanjang 2020-2021.

Bantuan mobil operasional dengan tipe double cabin 4x4 untuk mendukung distribusi logistik pada medan yang sulit ini diserahkan langsung oleh Perwakilan YLAM kepada koordinator bantuan di wilayah Lebak Banten pada awal Mei 2022.

Kabupaten Lebak merupakan salah satu daerah rawan bencana banjir dan longsor. Adanya cuaca ekstrim khususnya di musim penghujan dengan curah hujan tinggi (100 mm per detik) menyebabkan meluapnya hulu sungai Cibeurang di wilayah Kabupaten Bogor yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebak merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya banjir tahunan di wilayah ini. Berukurangnya resapan air akibat penebangan pohon di daerah aliran sungai (DAS) memperburuk kondisi sungai di waktu banjir.

Kondisi banjir rutin di sepanjang sungai Cibeurang ini berdampak langsung pada setidaknya 4 kecamatan yang berada pada sekitar sungai, diantaranya Cibeber, Bojongmanik, Cirinten, dan Leuwidamar.

“Daerah terdampak banjir dan tanah longsor seperti Kabupaten Lebak ini perlu disiapkan fasilitas pendukung, terutama terkait aspek logistik pada saat proses penanggulangan”, ujar Andrew Hidayat, pembina YLAM.

Andrew berharap dengan tersedianya mobil operasional ini dapat membantu masyarakat dalam proses distribusi kebutuhan pokok serta barang lainnya saat proses pemulihan bencana.

Yayasan Life After Mine akan terus bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam mendukung pemulihan daerah terdampak bencana di Kabupaten Lebak, Banten.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…