Dorong Pertumbuhan Bisnis, Agen bjb BiSA! Kini Berkolaborasi dengan Sahabat RPK PERUM BULOG

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 24 Mei 2022 - 18:14 WIB

 Dorong Pertumbuhan Bisnis, Agen bjb BiSA! Kini Berkolaborasi dengan Sahabat RPK PERUM BULOG
Dorong Pertumbuhan Bisnis, Agen bjb BiSA! Kini Berkolaborasi dengan Sahabat RPK PERUM BULOG

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) terus memperkuat sinergi dengan berbagai stakeholder kunci. Kali ini, bank bjb kembali memperluas kerja sama bisnis dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (PERUM BULOG) dalam hal ini Sinergi Bisnis Agen Laku Pandai bjb BiSA! dengan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK).

Kesepakatan perluasan kerja sama kedua belah pihak diresmikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari dan Direktur Bisnis PERUM BULOG Ibu Febby Novita, di Kantor Pusat PERUM BULOG, pada Selasa (24/5).

Dalam sambutannya Nancy menyampaikan, perluasan kerja sama ini menunjukkan, kolaborasi sebelumnya yang sudah dilakukan kedua belah pihak, telah berhasil dan memberikan dampak positif.  

Sinergi bank bjb dan PERUM BULOG juga menjadi bukti, bank bjb senantiasa turut berkontribusi dalam berbagai program dengan fokus utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai catatan, outlet penjualan pangan pokok mitra PERUM BULOG bernama Rumah Pangan Kita (RPK) sudah tersebar di berbagai daerah, termasuk di Jawa Barat. Program RPK diharapkan jadi sarana stabilisasi harga pangan pokok seperti beras, minyak goreng, bawang, dan sebagainya. 

Lebih lanjut Nancy mengatakan, melalui sinergi Agen Laku Pandai bank bjb (bjb BiSA!) dan Sahabat RPK PERUM BULOG, diharapkan akan semakin memperkuat program kemitraan sekaligus juga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk berkontribusi dalam menjaga kestabilan berbagai harga bahan pokok, sehingga ekonomi Indonesia terus tumbuh.

"bank bjb menyambut gembira perluasan kerja sama bisnis dengan PERUM BULOG, untuk bersama-sama meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Nancy.

Menurut Nancy, bank bjb, sebagai salah satu bank nasional yang memiliki kinerja bisnis positif dan memiliki jaringan luas di berbagai provinsi, akan terus mempererat sinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan semangat berkembang bersama. bank bjb juga akan terus memperluas dan memperbanyak Agen bjb BiSA! di berbagai daerah.

Disampaikan Nancy, kerja sama ini juga diharapkan akan meningkatkan potensi penerimaan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan fee based income.

"bank bjb akan mendukung berbagai kegiatan operasional PERUM BULOG melalui berbagai layanan perbankan," ucap Nancy

Nancy menambahkan, dengan menjadi Agen bjb BiSA!, masyarakat dapat memperoleh tambahan pemasukan dari bank bjb sebagai bentuk imbal jasa atas sejumlah jenis pelayanan perbankan yang diberikan kepada masyarakat.

Agen bjb BiSA! dapat dilakukan oleh semua kelompok masyarakat. Seperti pedagang warung, toko kelontong, pedagang keliling, maupun beragam profesi lainnya khususnya yang dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Fasilitas layanan keuangan yang dilakukan pun beragam. Seperti melayani pembukaan rekening, penyetoran dan penarikan tunai, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, transfer dana, pengecekan saldo, dan transaksi terkait layanan atau jasa keuangan lain sesuai ketentuan yang berlaku.

Nah, untuk menjadi agen bjb BiSA! juga tergolong mudah. Terdapat dua jenis keagenan Laku Pandai yang ditawarkan oleh bank bjb, yakni agen perseorangan dan agen berbadan hukum.

Untuk agen perseorangan, persyaratan yang dibutuhkan antara lain usia minimal 21 tahun, memiliki data diri seperti KTP/SIM/Paspor, Kartu Keluarga dan NPWP, memiliki legalitas usaha, bertempat tinggal di lokasi tempat penyelenggaraan Laku Pandai, memiliki penghasilan utama dari usaha tetap lainnya minimal 2 tahun, belum menjadi Agen Laku Pandai di bank lain, dan memiliki handphone.

Bagi agen berbadan hukum, persyaratan yang diperlukan diantaranya memiliki legalitas badan hukum dan legalitas perusahaan, memiliki usaha yang menetap di satu lokasi dan masih berlangsung paling singkat 2 tahun, memiliki perangkat teknologi informasi yang memadai untuk mendukung penyelenggaraan Laku Pandai.

Bagi Anda yang tertarik menjadi agen bjb BiSA!, dapat langsung mendatangi kantor bank bjb terdekat. Prosesnya, setelah mengisi formulir permohonan menjadi agen bjb BiSA!, petugas bank bjb akan mendatangi lokasi usaha calon agen untuk dilakukan pemenuhan dokumen persyaratan dan interview serta uji tuntas. Setelah calon agen menerima izin, akan dilakukan pemanggilan kepada agen untuk pembukaan rekening dan deposit dana, perjanjian kerja sama, serta training dan sertifikasi.

Para agen bjb BiSA! juga akan memperoleh pelatihan dan edukasi dari bank bjb, menerima imbal jasa sesuai dengan yang telah dijanjikan, mendapat pelayanan dan informasi untuk setiap keluhan yang berkaitan dengan produk, serta mendapatkan perlengkapan operasional pendukung bagi agen meliputi Kartu ATM Agen bjb BiSA!, sertifikat, buku petunjuk teknis, mesin transaksi EDC, spanduk, dan brosur.

Terakhir Nancy menyampaikan, bank bjb akan terus memperkuat penetrasi inklusi keuangan perbankan agar dapat menyasar kelompok masyarakat lebih luas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong proses pemulihan ekonomi nasional, dan untuk mendukung daya tahan ekonomi masyarakat dalam dengan pemanfaatan fasilitas keuangan perbankan. Ayo, bergabung menjadi Agen bjb BiSA!.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…