Hadir di 8 Kota, PHRI Bike Tour 2022 Siap digelar

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 Mei 2022 - 19:00 WIB

Ilustrasi Event Balap Sepeda (Ist)
Ilustrasi Event Balap Sepeda (Ist)

INDUSTRY.co.id - Berdasarkan hasil riset Technavio, pertumbuhan sport tourism pada periode 2020 hingga 2024 mencapai USD1,381 miliar. Grafik positif pertumbuhan itu juga terjadi di Indonesia. Diperkirakan pertumbuhannya mencapai Rp18 triliun pada 2024. 

Pertumbuhan sport tourism itu dipengaruhi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap aktivitas luar ruang yang menyehatkan. 

Terkait dengan itu, Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) dan Inspiro berkolaborasi menggelar kegiatan sport tourism bertajuk 'PHRI Bike Tour 2022' yang berlangsung di delapan kota,  yaitu Padang, Bali, Palembang, Bogor, Yogyakarta, Mandalika, Makassar, dan Jakarta.   

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menstimulan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pergerakan turis, meningkatkan keterisian hunian kamar, dan recovery pariwisata nasional pasca pandemi. 

“Kegiatan ini merupakan realisasi dari hasil Rakernas PHRI yang berlangsung pada Februari lalu di Padang,” kata Hariyadi melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Digelar perdana di Kota Padang pada 3-5 Juni 2022, event ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan penyelenggara dengan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, dan kunjungan panitia penyelenggara ke Padang beberapa waktu lalu. Acara ini diharapkan mampu meningkatkan imunitas sektor pariwisata ini diikuti sekitar 500 peserta dari beberapa kota.

Sementara, Rina Pangeran, Ketua PHRI Sumatera Barat berharap event ini mampu membantu menaikan tingkat hunian kamar di Sumater Barat. 

“Kegiatan MICE dan event seperti ini efektif untuk meningkatkan okupansi hotel. Event ini sejalan dengan program pemerintah provinsi yang akan menggelar tahun kunjungan wisata ‘Visit Beautiful West Sumatera 2023’,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon positif dari Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kota Padang. 

“Terjadi kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan sektor swasta,” kata Rina. 

PHRI Bike Tour dikemas dengan program menarik oleh Inspiro, perusahaan organizer yang berpengalaman menggelar sport tourism, salah satunya ialah Jakarta Marathon. 

Rute sepanjang kurang lebih 40 kilometer yang dilalui oleh peserta akan melintasi beberapa spot wisata menarik. Selain itu, pada masing-masing spot itu akan ada aktivitas berbasis kearifanlokal yang dilakukan para peserta. 

“Para peserta nanti akan diajak untuk membuat Teh Talua, minuman khas Sumbar. Atau menyusun dan menumpuk piring-piring ala Minang,” kata Ndang Mawardi, CEO Inspiro.

Ndang mengatakan, setiap peserta juga akan diajak membuat video yang menceritakan pengalamannya selama mengikuti kegiatan. 

Nantinya, tiga video terbaik peserta di setiap kota akan mendapatkan total hadiah Rp9 juta dan voucher hotel. Para pemenang akan diumumkan satu minggu setelah acara berlangsung di masing-masing kota.

“Jadi kita mendapatkan viral dari para peserta di sosmed. Ini akan menjadi promosi yang bagus untuk destinasi wisata yang menjadi tuan rumah PHRI Bike Tour,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Menperin Agus Sodorkan Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…