Kenapa Software SAP Terlengkap Itu Penting? Berikut Ulasannya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Mei 2022 - 16:23 WIB

Aplikasi Mekari
Aplikasi Mekari

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di zaman yang modern ini, hampir semua perusahaan berskala besar ataupun kecil (UMKM) sudah menggunakan software SAP terlengkap. Karena sistem ini mampu mengintegrasikan dengan mengelola sebuah perusahaan dengan cukup efisien dan efektif.

Sistem Aplikasi Proses Bisnis (SAP) adalah serangkaian perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan sumber daya dari sebuah perusahaan.
Dengan demikian, SAP lebih menekankan pada perencanaan dan analisis atas sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sumber daya yang dimaksud cakupannya sangat luas, bisa SDM (Sumber Daya Manusia), aset, finansial, akuntansi, dan sumber daya lainnya.
Pengertian Sistem Aplikasi Proses Bisnis (SAP)
Sistem Aplikasi Proses Bisnis (SAP) adalah sistem yang terintegrasi antara satu komponen dan komponen yang lain. Tujuannya untuk merangkum proses bisnis, sehingga akan menjadi sebuah kolaborasi yang sangat efektif dan efisien. 
Sistem ini dibuat dengan teknologi yang bisa menghasilkan informasi supaya perusahaan menjadi lebih kompetitif dalam transaksi operasional.
Software SAP terlengkap tidak bisa berjalan semestinya jika tidak didukung dengan seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik hardware maupun software. Pengolahan data dan informasi yang dibuat dengan sistem akan lebih mudah dan terintegrasi.
Konsep yang paling penting dari sistem SAP adalah perencanaan yang terintegrasi pada suatu perusahaan. Tujuannya tidak lain yaitu untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Kemudian bisa merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif dan efisien.
Jika Anda masih bingung dengan pengertian SAP, Anda bisa mengenali karakteristiknya. Berikut karakteristik yang dimiliki oleh software SAP terlengkap:
SAP adalah seperangkat perangkat lunak yang didesain untuk lingkungan client-server.
SAP bisa memproses semua transaksi sebuah perusahaan.
Pengguna bisa mengakses data secara real-time.
Untuk menyimpan data, database yang digunakan berskala enterprise.
Proses bisnis dari perusahaan akan terintegrasi.
Industri yang Menggunakan Software SAP terlengkap
Awalnya software SAP terlengkap hanya dirancang hanya untuk industri manufaktur saja. Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem ini telah merambah ke sektor lainnya. 
Sekarang software SAP terlengkap sudah bisa digunakan di sektor makanan dan minuman, grosir, industri dan ritel, Pendidikan, jasa, real estate, kesehatan, bahkan kesehatan.
Software SAP terlengkap bisa masuk ke berbagai sektor perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan semua fungsi dasar dari sebuah perusahaan. 
Karena setiap perusahaan pasti ada banyak aktivitas yang dilakukan seperti transaksi jual beli barang, mendistribusikan barang, mengelola karyawan, dan mencatat keuangan.
Kenapa Software SAP Terlengkap Itu Penting?
Karena alasan itulah kenapa software SAP terlengkap sangat penting untuk berbagai industri. Salah satunya Industri Manufaktur di Indonesia yang begitu penting khususnya dalam laporan yang harus disampaikan berbagai stakeholder.
Untuk itu, EOS Teknologi hadir sebagai solusi software SAP terlengkap Indonesia untuk memenuhi kebutuhan kawasan berikat di Indonesia. Dan tentunya sistem yang di kembangkan bisa Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.
Modul-Modul Umum yang Ada dalam Software SAP
Anda telah memahami apa itu SAP beserta jenis pengembangan dan kegunaannya. Kini, Anda perlu mengetahui modul-modul apa saja yang biasanya ada dalam SAP secara umum.
1. Accounting (Akuntansi)
Sistem Akuntansi yang terotomatisasi berfungsi mengelola arus kas yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. 
Modul juga membantu perusahaan menangani berbagai transaksi akuntansi seperti pengeluaran, neraca, buku besar, rekonsiliasi bank, penganggaran, manajemen pajak, dan lain-lain. Anda bisa membuat laporan keuangan perusahaan hanya dengan beberapa klik di modul ini.
2. CRM
Modul CRM (Customer Relationship Management) membantu meningkatkan kinerja penjualan melalui layanan pelanggan yang lebih baik dan membangun hubungan yang sehat dengan pelanggan. 
Modul ini juga membantu perusahaan mengelola dan melacak informasi prospek dan pelanggan seperti riwayat komunikasi, panggilan, pertemuan, data transaksi yang mereka lakukan, durasi kontrak, dan lain-lain.
3. HRM
Modul HRM (Human Resource Management) membantu meningkatkan efisiensi departemen SDM atau HR dalam perusahaan. 
Modul ini membantu mengelola informasi karyawan seperti penilaian kinerja, deskripsi pekerjaan, keterampilan, kehadiran, cuti, dan lain-lain. 
Manajemen Penggajian merupakan salah satu sub modul penting dalam Sistem HRM yang berfungsi untuk mengelola gaji, biaya perjalanan, dan pengembalian biaya.
4. Sales (Penjualan)
Modul ini berfungsi menangani alur kerja penjualan seperti laporan penjualan, proposal penawaran (RFP & RFQ), sales order, dan faktur. 
Jika sistem penjualan diintegrasikan dengan sistem CRM, akuntansi & Inventaris maka dapat dipastikan bahwa Anda bisa mendorong lebih banyak penjualan dengan data yang akurat dari perkiraan penjualan di masa depan.
Perkiraan penjualan sangatlah penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan atau retail. Anda tidak mungkin bisa memprediksi berapa banyak jumlah permintaan setiap hari, maka perlu sekali memperkirakan kemungkinan permintaan yang berubah-ubah.
Tentunya dengan Sistem Penjualan yang mumpuni, akan membantu Anda mempersiapkan kemungkinan jumlah stok SKU yang wajib tersedia pada setiap permintaan musiman (seasonal demand). 
5. Inventory (Inventaris)
Modul inventaris berguna untuk melacak dan mengelola stok barang di perusahaan termasuk memantau tingkat persediaan, menjadwalkan pengisian ulang, melakukan forecasting dan membuat laporan inventaris.
Software SAP yang bagus memungkinkan integrasi modul Inventaris dengan barcode atau SKU scanner. Modul inventaris akan lebih efektif jika diintegrasikan dengan modul pembelian.
6. Purchasing (Pembelian)
Modul ini mengelola proses yang terlibat dalam pengadaan barang. Ini termasuk: daftar supplier, permintaan dan analisis penawaran, purchase order, goods receipt notes, dan pembaharuan stok. 
Modul ini dapat diintegrasikan dengan modul inventaris untuk manajemen pengadaan stok yang lebih optimal.
Aplikasi purchasing tentunya juga dapat meningkatkan manajemen pembelian perusahaan Anda dengan melakukan pengadaan barang terlebih dahulu tanpa menunggu stok habis. 
Selain itu, pemesanan akan dilakukan secara otomatis saat stok mencapai ambang batas minimum. kehadiran dari aplikasi ini juga dapat menghindari kerugian pemesanan barang yang tidak sesuai dengan rincian karena dilengkapi dengan dokumen penting saat melakukan transaksi.
7. Manufacturing (Manufaktur)
Modul ini berfungsi meningkatkan efisiensi dalam proses manufaktur dalam suatu bisnis, seperti; perencanaan produk, material routing, pemantauan produksi harian, dan pembuatan Bill of Materials.
Software SAP terlengkap yang baik memungkinkan modul manufaktur untuk diintegrasikan dengan barcode atau RFID scanner.
Kelebihan lain dari Sistem Manufaktur yang fleksibel adalah produsen dapat menyesuaikan fitur-fitur yang ada atau bahkah menambahkan berbagai modul yang mereka butuhkan. 
Misalnya seperti modul pembelian, akuntansi, human resource management, supply chain management, dan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah dalam mengukur efektivitas keseluruhan peralatan setiap waktu melalui alat pelaporan secara real-time.
Pertimbangkan Faktor-Faktor Ini Saat Memilih Software SAP Terlengkap
Anda telah mengetahui apa itu SAP dan kegunaan software ini untuk bisnis Anda. Sekarang Anda harus mengetahui faktor apa saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda menggunakan SAP. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Kebutuhan Bisnis Anda
Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan Anda bisa jadi berbeda dari perusahaan lain. Software SAP terlengkap yang baik dapat di sesuaikan dengan kebutuhan unik setiap bisnis.
Pastikan Anda paham apa saja tantangan bisnis Anda dan solusi apa yang Anda harapkan dari software SAP terlengkap pilihan Anda. 
Jelaskan seluruh kebutuhan Anda secara detail kepada vendor Anda, supaya mendapatkan software SAP terlengkap dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Pengalaman Vendor
Cari tahu informasi detail mengenai vendor SAP Anda, termasuk pengalaman mereka dalam menyediakan solusi SAP untuk berbagai bisnis. Siapa saja klien mereka? Apa saja industri mereka? Berapa lama vendor telah beroperasi?
Minta testimonial dari setiap klien mereka. Kalau perlu tanyakan langsung kepada klien mereka mengenai manfaat yang mereka dapatkan semenjak menggunakan software SAP terlengkap (termasuk hubungan mereka dengan vendor dan layanan yang mereka dapatkan dari vendor).
3. Dukungan dari Vendor
Ketika Anda berbicara dengan vendor atau perusahaan SAP, Anda tidak boleh lupa menanyakan tentang dukungan apa saja yang mereka berikan. 
Dukungan merupakan elemen yang sangat penting dalam setiap tahap proyek, yang terdiri dari: analisis kebutuhan, perencanaan proyek, implementasi, konfigurasi, pelatihan dan pendampingan, hingga pasca implementasi.
Pastikan bahwa Anda bisa menghubungi vendor Anda dengan mudah ketika software SAP terlengkap Anda sedang mengalami masalah atau ketika Anda memiliki pertanyaan mengenai cara kerja sistem.
4. Kemudahan Integrasi dan Kustomisasi
SAP software yang baik memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengintegrasi dan menyesuaikannya. Anda mungkin belum membutuhkan banyak integrasi atau penyesuaian saat ini, tetapi kebutuhan bisnis Anda dapat berubah sewaktu-waktu.
Anda bisa saja ingin menambahkan modul atau justru menguranginya di masa depan. Ketika bisnis Anda semakin besar, maka kebutuhannya menjadi semakin kompleks. 
Jadi, pastikan bahwa software SAP terlengkap pilihan Anda dapat dengan mudah menyesuaikan skala bisnis Anda.
5. Proses Implementasi
Salah satu faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi SAP adalah durasi implementasinya. Jumlah kustomisasi sistem biasanya mempengaruhi lama waktu implementasi software SAP.
Semakin banyak penyesuaiannya, maka semakin lama proses implementasinya. Implementasi SAP berbasis cloud cenderung lebih cepat dan sederhana dibandingkan dengan implementasi SAP konvensional. 
Jadi pikirkan dengan baik jenis deployment SAP mana yang lebih bermanfaat bagi perusahaan Anda.
6. Perhitungan Anggaran Sesuai dengan Kebutuhan
Software SAP terlengkap yang menawarkan biaya lebih murah mungkin dapat meminimalkan biaya pengeluaran perusahaan Anda. 
Namun di sisi lain, perangkat lunak yang harganya relatif murah mungkin membutuhkan proses implementasi yang lebih lama dan hasilnya bisa jadi kurang efektif. 
Apabila kebutuhan manajemen perusahaan Anda cukup banyak, maka perusahaan Anda juga membutuhkan SAP software yang tentunya mumpuni.
Maka dari itu, perhitungan anggaran dan kebutuhan yang cermat merupakan salah satu kunci sukses dalam memilih SAP terbaik. Penting untuk Anda memilih SAP software dengan harga yang sebanding juga dengan kualitas yang ditawarkan. 
Jadi, jangan terlalu terburu-buru dalam memilih SAP dan evaluasi performanya dengan saksama yang juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sebaiknya Anda mencari informasi mengenai skema perhitungan harga software SAP.
Kesimpulan
Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat seperti sekarang, Anda harus dapat mengikuti berbagai tren teknologi yang cepat berubah. 
Menjalankan bisnis Anda dengan metode lama atau manual hanya akan membuat bisnis Anda tertinggal dari yang lain. Jika pemilik bisnis lain sudah mengotomatiskan proses bisnis mereka, mengapa Anda belum?
SAP dapat menyederhanakan berbagai aktivitas operasional bisnis yang kompleks sehingga meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, dan mengoptimalkan produktivitas bisnis Anda. Berbagai skala bisnis bisa menggunakan perangkat lunak ini, baik skala kecil, menengah, maupun besar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Kota Negara (IKN) Baru dirancang untuk pemerataan dan kemajuan bangsa di masa depan.

Rabu, 06 Juli 2022 - 08:19 WIB

Presiden RI Minta Polri Kawal Perpindahan IKN Agar Lancar dan Tepat Waktu

Semarang-Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kepolisian untuk mengawal pembangunan ibu kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:57 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos di Nias

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Gunungsitoli. Pesawat ATR-Pelita Air yang membawa Presiden dan rombongan…

Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:44 WIB

Pengamat: Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di Pilpres 2024

Pengamat Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto - Jawa Tengah Indaru Setyo Nurprojo mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat…

Presiden Jokowi dan Presiden Putin

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:12 WIB

Ukraina Ingatkan RI Jangan Percaya Janji Putin ke Jokowi: Itu Sogokan

Jakarta. Ukraina melalui duta besarnya di Jakarta, Vasyl Hamianin, buka suara soal pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis(30/6).

Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:00 WIB

Peroleh HKI Terbanyak di Bidang Stem Cell, Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga DR.dr. Purwati, Sp.PD, K-PTI, FINASIM dianugerahi Rekor MURI sebagai penerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak di bidang stem cell atau disebut…