Pertamina Lubricants Raih Penghargaan ICSB Presidential Award 2022

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 Mei 2022 - 09:05 WIB

Penghargaan ICSB Presidential Award 2022
Penghargaan ICSB Presidential Award 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam upayanya untuk terus mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, PT Pertamina Lubricants (PTPL) meraih penghargaan ICSB Presidential Award 2022 dari Indonesia Council for Small Business (ICSB) sebagai apresiasi terhadap kontribusi PTPL terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. 

PTPL dinilai sebagai perusahaan yang menunjukkan kontribusi signifikan dan relevan dalam membantu pengembangan kapabilitas UMKM di Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh President ICSB Jacky Mussry dan diterima oleh Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan di sela-sela kegiatan Jakarta Marketing Week 2022 pada hari Jumat (25/5) di Jakarta.

Dikatakan Catur, sebagai anak usaha BUMN, PT Pertamina Lubricants memiliki program-program yang fokus pada pemberdayaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dan kemudian akan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

"Kami mendukung kemajuan UMKM di berbagai sektor seperti makanan dan minuman dan satu bidang yang dekat dengan bisnis kami yakni usaha perbengkelan roda dua," tutur Catur.

PTPL melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UMKM dalam hal peningkatan kompetensi, meningkatkan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan dengan program terarah untuk menghasilkan UMKM naik kelas.

Catur melanjutkan bahwa upaya PTPL untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dilakukan melalui berbagai program CSV (Creating Share Value) dan pemberdayaan masyarakat kampung wisata di wilayah Sales Region dan Pabrik Pelumas. Program ini dilakukan dengan menyalurkan modal, pelatihan, pendampingan bisnis, serta pembinaan usaha.

Salah satu program, Enduro Student Program (ESP), merupakan program dengan menggunakan pendekatan CSV yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru di bidang perbengkelan. 

ESP mencangkup pendidikan dan pelatihan teknis dan non teknis serta kewirausahaan, permodalan dan pendampingan bisnis di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan serta SMA sederajat.

Kini melalui program ini telah berhasil menciptakan 62 wirausaha bengkel roda dua dan telah mampu menghasilkan omset per tahunnya sebesar 3 milyar rupiah serta menciptakan 113 orang secara langsung sebagai mekanik dan sekaligus sebagai pemilik bengkel. 

Selain itu, PTPL terus aktif membina usaha-usaha bengkel lainnya yang dikelola oleh Komunitas difabel di Jawa Tengah dan komunitas pemuda desa di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Production Unit Gresik juga turut berkontribusi terhadap perkembangan UMKM di sekitar operasi pabrik dengan dukungan sarana dan prasarana seperti bantuan peralatan masak, paket peralatan pembuatan kue dan minuman, paket peralatan mencukur rambut, dan paket peralatan pertanian serta memberikan pendampingan untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk UMKM seperti Kampung Markisa, Kopi Sampah, dan Kampung Kreasi.

Production Unit Jakarta juga melakukan pembinaan dan pemberian bantuan modal kerja berupa alat masak, stiker, plastik/botol kemasan produk, timbangan dll serta pendampingan pengembangan bisnis dengan pengurusan perijinan bisnis dan pemasaran untuk program Kampung Sirih Sehati di Jakarta Utara. 

Kampung Sirih Sehati merupakan program pemberdayaan perempuan melalui kegiatan penghijauan wilayah (budidaya tanaman sirih) dan pengembangan bisnis olahan sirih di wilayah Kelurahan Tugu Selatan Jakarta Utara dengan 4 produk unggulan olahan sirih, diantaranya Bir Plesir (Bir Pletok Sirih), Jamu Sirih, Keripik Bawasir (Bawang Sirih), dan Peyek Sirih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…