Mulai 1 Agustus, Pulau Paskah di Chili dibuka Kembali untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 23 Mei 2022 - 14:30 WIB

Pulau Paskah, di Chili (Ist)
Pulau Paskah, di Chili (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pulau Paskah, salah satu tempat wisata terbesar di Chili akan dibuka kembali untuk pengunjung mulai 1 Agustus setelah akses kunjungannya dibatasi pada awal pandemi Covid-19, kata pemerintah Chili pada Jumat (20/5/2022).

Pulau Paskah, terletak lebih dari 2.000 mil (3.219 km) dari pantai Chili, memiliki lebih dari seribu patung batu, kepala raksasa yang diukir berabad-abad yang lalu oleh penduduk pulau itu, yang telah membawanya ketenaran dan status Situs Warisan Dunia UNESCO.

"Mulai 1 Agustus, peningkatan penerbangan (dua atau tiga penerbangan mingguan, sesuai dengan situasi epidemiologis) dan pembukaan pariwisata, dalam kondisi yang akan dikomunikasikan tepat waktu, akan diizinkan," kata kementerian ekonomi dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari laman Reuters.

Pemerintah mengatakan akan meningkatkan infrastruktur kesehatan untuk menangani kasus virus Corona di pulau terpencil di tengah Samudra Pasifik yang dikenal dengan patung-patung Batu Moai-nya itu. Pemerintah juga merencanakan subsidi untuk membantu usaha kecil yang terkena dampak pandemi.

Penduduk pulau itu memprotes kehadiran wisatawan ketika pandemi dimulai pada Maret 2020, bahkan mengambil alih bandara untuk menghentikan penerbangan.

Untuk membuka kembali pulau itu, pemerintah telah memulai dialog resmi untuk menemukan solusi atas konflik teritorial yang telah ada selama lebih dari 50 tahun antara masyarakat setempat dan negara bagian, katanya dalam pernyataan itu.

Untuk memulai dialog, pemerintah setuju untuk menerapkan langkah-langkah reparasi dan pengakuan historis sementara warga setuju untuk berhenti menduduki bandara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…