Dijamin Untung, Ini Tips Aman Tukar Tambah Ponsel

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 Mei 2022 - 13:06 WIB

Smartphone Samsung Galaxy S22 Series 5G yang terdiri dari Samsung Galaxy S22 5G berwarna hitam, Samsung Galaxy S22+ 5G berwarna putih, dan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G berwarna burgundy. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)
Smartphone Samsung Galaxy S22 Series 5G yang terdiri dari Samsung Galaxy S22 5G berwarna hitam, Samsung Galaxy S22+ 5G berwarna putih, dan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G berwarna burgundy. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ada banyak alasan untuk mengganti ponsel yang Anda pakai, salah satunya adalah karena bosan atau sudah tidak sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk membeli ponsel yang baru rasanya juga berat diongkos atau terlalu mahal. Maka dari itu, kini alternatif tukar tambah Samsung jadi solusi yang pas bagi Anda yang ingin tukar ponsel tanpa mengeluarkan banyak ongkos.

Namun, memang tukar tambah ponsel kadang tidak menyenangkan saat harganya tidak sesuai dengan bayangan, malah terkadang harus membayar banyak untuk ponsel yang baru.
Maka dari itu, simaklah tips dari tukar tambah ponsel di bawah ini agar Anda mendapatkan harga yang pas dan tetap puas setelah menjual ponsel.
1. Mengumpulkan Kelengkapan Ponsel
Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kalau ponsel yang ditukar untuk ditambah masih lengkap. Kelengkapan ini termasuk charger, box, dan aksesoris lainnya yang dapat ditukar saat membeli ponsel baru. Pastikan juga ponsel masih utuh dan memiliki kelengkapan fisik yang lengkap. Ini tentunya berpengaruh pada harga ponsel tersebut. Maka sangat penting untuk menyimpan kelengkapan ponsel dengan baik.
Bahkan jika memungkinkan, Anda harus menyimpan box dan manual book dengan rapi. Jika semua perlengkapan lengkap maka nilai ponsel yang akan Anda jual akan tinggi. Sangat berbeda jika ponsel tidak lengkap, tentunya harga ponselnya akan lebih rendah.
2. Ponsel Masih Berfungsi
Langkah selanjutnya, pastikan ponsel yang akan ditukar masih bisa berfungsi dengan baik. Harga ponsel tentunya akan lebih tinggi jika performa ponsel Anda masih bagus. Berbeda dengan ponsel yang tidak berfungsi dengan baik, orang akan membelinya dengan harga yang lebih rendah.
Sebelum melakukan tukar tambah, cek lebih dulu seperti apa performanya. Jika ada kendala yang dialami, maka cobalah untuk mencari solusinya lebih dahulu. Pastikan ponsel sudah dalam kondisi terbaik saat akan ditukar. Sehingga saat dicoba atau digunakan oleh orang lain ponsel bisa beroperasi dengan baik.
3. Bersihkan Ponsel
Bersihkan ponsel saat akan dimasukkan ke dalam program tukar tambah Samsung di Blibli. Selain harus memerhatikan performa dan kelengkapan ponsel, Anda juga harus membersihkannya agar memengaruhi nilai belinya. Pastikan ponsel yang Anda miliki juga dalam kondisi yang baik, kalau bisa juga buatlah ponsel seperti perangkat baru.
Menjaga kebersihan ponsel juga sangat penting jika Anda memang merencanakan untuk melakukan tukar tambah sejak awal. Gunakanlah pelindung ponsel seperti casing dan pelindung layar agar bentuk fisik ponsel terjaga dengan baik. Sehingga ketika melakukan tukar tambah Anda hanya tinggal membersihkan ponsel dengan pembersih khusus.
4. Pilih Ponsel Baru yang Sesuai
Sebelum mencari bagaimana caranya tukar tambah dan tips lain yang harus dilakukan, Anda harus memiliki ponsel pilihan yang sesuai dengan ponsel yang akan ditukar tambah. Sesuaikan ponsel baru dengan spesifikasi atau kualitas ponsel lama Anda.
Jangan terlalu berekspektasi tinggi agar Anda tidak kecewa jika ponsel Anda dihargai dengan harga yang murah atau malah harus menambah uang yang cukup banyak. Misalnya, Anda memiliki ponsel Samsung keluaran lama yang tidak terlalu tinggi harganya karena memang tipenya yang sudah lama dan tidak ada di pasaran lagi. Maka Anda bisa memilih ponsel dengan harga yang masih terjangkau agar tidak mengeluarkan uang tunai yang lebih banyak. Namun, memang tidak ada salahnya untuk memilih ponsel dengan spesifikasi yang tinggi jika Anda tidak keberatan untuk menambah uang yang lebih banyak.
5. Bandingkan Harganya
Lakukanlah riset atau pencarian harga untuk mendapatkan harga tertinggi dari sebuah ponsel. Saat akan melakukan tukar tambah, tujuan Anda adalah menemukan tempat yang memberi penawaran harga tinggi.
Maka sebaiknya coba cari tahu lebih dulu lokasi yang memiliki program tukar tambah ini dan lakukan perbandingan harga supaya Anda menemukan tempat yang pas untuk membeli ponsel baru dari ponsel lama Anda.
6. Pilih Metode yang Pas
Di tengah berkembangnya teknologi, tukar tambah ponsel tak hanya ada di offline saja tapi juga di online. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan program tukar tambah seperti Blibli. Namun, sebelum melakukan tukar tambah, pastikan untuk mengetahui metode yang diinginkan dan dibutuhkan. Jika memang butuh ponsel dalam jangka waktu cepat, maka Anda bisa melakukannya secara offline. Namun, jika tidak terburu-buru maka Anda bisa melakukannya secara online. Ini karena pembelian secara online membutuhkan waktu pengiriman yang lama.
7. Logout Semua Akun
Setelah mengecek kondisi dan kelengkapan ponsel, Anda harus keluar atau logout dari semua akun yang ada di ponsel Anda. Tentunya ini dilakukan supaya tidak ada kebocoran data dan penggunaan pribadi Anda untuk hal yang tidak diinginkan. Pastikan semua akun sudah Anda keluarkan agar data Anda lebih aman saat dijual oleh pihak pembeli.
Jadi, tidak sembarangan untuk melakukan tukar tambah ponsel. Anda harus memerhatikan banyak hal untuk mendapatkan harga tinggi dalam penjualan ponsel Anda. Langsung saja terapkan beberapa tips di atas agar tidak rugi saat menukar ponsel lama dengan yang baru. Selama trik yang dilakukan benar dan pilihan tempat tukar tambah ponsel tepat, maka Anda akan tetap mendapatkan keuntungan. Jangan lupa untuk pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…