Kunjungi Pantai Watu Bale Pacitan, Syarief Hasan: Berpotensi Besar Jadi Destinasi Utama Wisman dan Domestik

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 Mei 2022 - 11:00 WIB

Pantai Watu Bale Pacitan (Ist)
Pantai Watu Bale Pacitan (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pacitan - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Pacitan, Jawa Timur, Rabu (18/5/2022), Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA (Syarief Hasan) didampingi Istri Ibu Inggrid Kansil berkesempatan mengunjungi objek wisata kebanggaan masyarakat Pacitan, yakni pantai Watu Bale di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

Syarief Hasan kemudian berjalan berkeliling area wisata pantai yang dikelola pemerintah desa setempat mulai tahun 2017 lalu itu, seraya melepaskan pandangan ke laut.

"Objek wisata ini sangat bagus dan menarik. Akses masuk pun sudah tertata dengan rapi sehingga memudahkan pengunjung.  Laut, batu karang serta deburan ombak yang besar sangat memanjakan mata.  Saya rasa dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki, pantai Watu Bale bisa mendunia dan banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Pantai Watu Bale ini memang sangat indah dan memiliki keunikan tersendiri. Antara lain, pantai ini tidak berpasir tetapi merupakan tebing cukup tinggi, yang berbatasan langsung dengan laut selatan, atau dikenal dengan istilah tanjung berbukit.

Lalu, keberadaan batu karang raksasa yang mirip 'bale'.  Bale berasal dari bahasa Jawa yang artinya balai atau tempat untuk istirahat.  Karena menjadi ikon dan ciri khas, destinasi wisata ini dinamakan pantai Watu Bale.  

"Untuk menuju batu karang tersebut, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang dibawahnya tak henti-hentinya datang deburan ombak besar seperti ingin memecah karang.  Saya pikir,  pasti penyuka adrenalin tinggi tentu sangat menikmati tantangan ini, " ujar Syarief Hasan.

Selama penelusurannya di area pantai, Syarief Hasan meninjau lapak-lapak dagangan UMKM masyarakat sekitar yang sangat beragam, mulai dari bermacam kuliner, kerajinan batik dan bermacam suvenir.  Dengan dibantu istri, mantan Menteri Negara Koperasi dan UMKM RI di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, memilih dan membeli beberapa carik kain batik.

Melihat potensi besar yang dimiliki pantai Watu Bale Pacitan menjadi salah satu tujuan utama liburan para wisatawan domestik dan mancanegara, Syarief Hasan meminta agar rakyat dan pemerintah daerah Pacitan menjaga serta mengelolanya dengan baik.

"Jika ini terjaga dan diurus dengan profesional maka dampaknya akan sangat baik yakni meningkatnya pendapatan daerah dan taraf hidup rakyat akan semakin naik," pungkasnya. (*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat penyerahan hewan kurban di lingkungan Kemenperin

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:15 WIB

Serahkan 25 Ekor Sapi & Dua Kambing, Kemenperin Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK

Seluruh jajaran pejabat dan staf di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjadikan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk meneladani apa yang telah dicontohkan para nabi tentang…

Anita buchari Direktur sponsor dan marketing Gudhype dan Glenn Parengkuan Head of promotion Gudhype dalam Press Conference GUDHYPE PRESENT CHOTHAFEST 2022

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:00 WIB

Digelar di Jakarta Pentagon hingga BTOB Siap Ramaikan Chothafest 2022, Catat Tanggalnya!

Dengan semangat baru, GudHype akan menyapa para penggemar konser di tanah air. Dengan mengusung nama dan visi baru sebelumnya, Gudlive berganti nama menjadi GudHype akan kembali menyapa penggemar…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:41 WIB

Dahsyat! Menjadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Kelima Dunia, ASEAN Eratkan Kerja Sama Strategis dengan Italia

Jakarta-Pemerintah optimis terhadap kondisi dan outlook perekonomian di kawasan ASEAN. Hal tersebut berdasar pada PDB dari 10 negara ASEAN di tahun 2021 yang mencapai USD 3,36 triliun dan menjadikan…

Jelang ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta Kementerian PUPR Benahi Delapan Venue

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:32 WIB

Jelang ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta Kementerian PUPR Benahi Delapan Venue

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Presiden Jokowi

Kamis, 07 Juli 2022 - 14:53 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Adat Batak Toba

Presiden Joko Widodo melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, dengan mengunjungi Lapangan Merdeka, dalam rangka menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga…