KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tamu Istimewa di Tahun Dies Natalis ke 41 Unitomo

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 Mei 2022 - 06:00 WIB

KASAD Jend TNi Dudung Abdurachman
KASAD Jend TNi Dudung Abdurachman

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Rektor Universitas Dr. Suetomo (Unitomo) Dr. Siti Marwiyah, S.H., M.H., mengungkapkan kehadiran Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menjadi tamu istimewa di tahun Dies Natalis ke 41 universitas yang dipimpinnya tersebut.

“Hari ini kita punya tamu yang sangat istimewa, Bapak Jenderal Dudung Abdurachman. Tentu kita berbangga, di Tahun Dies Natalis ke 41 Unitomo, beliau berkenan hadir di Unitomo,” kata Rektor Unitomo saat memberikan sambutan pengantar pada Kuliah Umum oleh Kasad kepada 250 mahasiswa Unitomo. Sabtu, (21/5/2022).

Lebih lanjut disampaikannya, kebanggaan atas kehadiran Kasad ini bertambah karena dalam kesempatan itu juga Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan membuka secara resmi KKN Tematik tentang Kebencanaan, dimana mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tersebut juga hadir mengikuti kuliah umum yang diberikan oleh Kasad. Demikian informasi dari dispen TNI  dan Dispenad.

Dalam kuliah umum itu, Kasad mengajak mahasiswa Unitomo yang juga sebagai generasi milineal untuk membangun kebersamaan dalam keberagaman di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagai upaya menangkal dampak negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi yang menjadikan dunia tanpa batas.

Dikatakan Kasad, saat ini informasi dari sumber yang terbuka mudah didapatkan dengan memanfaatkan jaringan internet. Kemudahan mendapatkan informasi itu, juga diiringi perkembangan berita-berita bohong yang dilakukan terus menerus dengan menggunakan berbagai platform media maupun secara langsung, yang akan menyebabkan mudahnya terjadi konflik SARA.

“Kita terbangun dengan keberagaman, kita terbangun dari suku, agama maupun golongan yang sangat rentan, sehingga perlu literasi yang baik dan kepedulian kita semua untuk mencegah terjadinya konflik tersebut,” kata Kasad.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan, pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menghadapi ancaman-ancaman eksternal yang dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, para Founding Father Indonesia seperti Ir. Soekarno, Bung Tomo (Sutomo), Jenderal Besar Soedirman dan lain-lain telah memberikan contoh betapa kuatnya semangat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi ancaman dalam perjuangannya.

 “Kita telah memiliki nilai-nilai pemersatu yaitu Pancasila, sehingga nilai-nilai ini harus betul-betul kita jaga dan lestarikan. Begitu juga, semangat Bhinekka Tunggal Ika yang harus kita kokohkan menjadi kekuatan, sehingga perbedaan justru menjadi pemersatu,” ucapnya.

 

Untuk itu, Kasad berharap mahasiswa dapat mengambil peran untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, karena mahasiswa dengan kemampuan intelektualnya merupakan agen-agen perubahan, garda terdepan, penerus bangsa dan kontrol sosial dalam menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Mari kita bersama-sama membela bangsa ini, jangan terlalu banyak berpikir untuk bangsa tetapi lakukan yang terbaik untuk bangsa ini,” ajak dan pungkas Kasad.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Aster Kasad, Asrena Kasad, Aslog Kasad, Kasdam V/Brawijaya, Staf Khusus Menkopolhukam, para Wakil Rektor dan Dekan Unitomo ini, dilakukan pertukaran pelakat, penyerahan hibah 10 buah laptop, dan penandatanganan prasasti launching KKN Tematik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.