Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama
Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali kehidupan beragama.

Hal tersebut ditegaskan Menkominfo usai penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU),di sela-sela Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta, Jumat (20/5/2022) malam.

"Nahdlatul Ulama bisa memanfaatkan teknogi digital untuk syiar nilai-nilai agama," kata Menteri Johnny.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Menkominfo, Johnny G. Plate, dan Ketua PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, ini, terkait kerja sama percepatan transformasi digital.

Pemerintah, kata Johnny, tidak bisa bekerja sendiri dalam mengakselerasi transformasi digital. Untuk itu harus bekerja sama dengan sejumlah elemen bangsa, yang salah satunya dalam hal ini dengan NU.

"Nota kesepahaman ini merupakan tonggak sinergi untuk  bersama mendorong ekosistem digital yang lebih produktif, bermanfaat, dan bertanggung jawab," kata Menkominfo.

Percepatan transformasi digital, Menkominfo menambahkan, tentu akan menjadikan pesantren-pesantren NU terkoneksi dengan jaringan internet. Kondisi itu akan membuat para santri dan guru-guru pesantren bisa memanfaatkan berbagai program Kemkominfo, seperti Gerakan Nasional Literasi Digital dan Digitak Talent Scholarship.

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo juga mengatakan bahwa percepatan transformasi digital akan berpihak pada usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM0) melalui program UMKM Go Digital dan program adopsi teknologi digital 4.0 bagi UMKM.

"Sebanyak 10 ribu UMKM yang dibangun NU seperti dikatakan Ketua PBNU tadi, bisa memanfaatkan teknoligi digital," kata Johnny.

Sementara saat yang sama, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, menyambut baik dan menyampaikan terima kasihnya atas penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak, PBNU dan Kemkominfo.

"PBNU memang banyak bekerja sama dengan pemerintah. Dan kali ini dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Menkominfo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Kota Negara (IKN) Baru dirancang untuk pemerataan dan kemajuan bangsa di masa depan.

Rabu, 06 Juli 2022 - 08:19 WIB

Presiden RI Minta Polri Kawal Perpindahan IKN Agar Lancar dan Tepat Waktu

Semarang-Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kepolisian untuk mengawal pembangunan ibu kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:57 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos di Nias

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Gunungsitoli. Pesawat ATR-Pelita Air yang membawa Presiden dan rombongan…

Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:44 WIB

Pengamat: Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di Pilpres 2024

Pengamat Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto - Jawa Tengah Indaru Setyo Nurprojo mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat…

Presiden Jokowi dan Presiden Putin

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:12 WIB

Ukraina Ingatkan RI Jangan Percaya Janji Putin ke Jokowi: Itu Sogokan

Jakarta. Ukraina melalui duta besarnya di Jakarta, Vasyl Hamianin, buka suara soal pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis(30/6).

Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:00 WIB

Peroleh HKI Terbanyak di Bidang Stem Cell, Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga DR.dr. Purwati, Sp.PD, K-PTI, FINASIM dianugerahi Rekor MURI sebagai penerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak di bidang stem cell atau disebut…