Bangkitkan Sport Tourism Indonesia Menparekraf Rancang Festival Olahraga Nasional dan Internasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 18 Mei 2022 - 09:30 WIB

Ajang Sport Tourism MesaStila 100 di di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)
Ajang Sport Tourism MesaStila 100 di di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sesuai arahan Wakil Presiden H Maaruf Amin dalam rapat terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wapres Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendapat tugas untuk membuat festival olahraga berskala nasional hingga internasional untuk membangkitkan sport tourism Indonesia.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan bahwa festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan.

"Kami tidak ingin festival hanya untuk masyarakat sekitar tapi juga untuk wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Nanti ini akan dirancang festivalnya juga untuk menggerakkan ekonomi nasional, jadi mereka tidak hanya lari dan sepedaan tapi juga beli produk kreatif lokal. Misal, baju yang saya kenakan ini Batik Sukowati dari Sragen dan Sarung Goyor," ujar Menparekraf melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Selasa (17/5/2022).

Menparekraf akan mendorong masyarakat Indonesia agar "demam" berolahraga. Sehingga dapat turut serta dalam mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi. 

"Olahraga rekreasi ini kita harapkan akan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional," ujarnya.

Kemenparekraf pun telah mendukung berbagai penyelenggaraan event olahraga yang dibalut dengan pariwisata (sport tourism). Setidaknya ada 4 event sport tourism yang bakal digelar, mulai dari Borobudur Marathon 2022; Audax (lomba sepeda jarak jauh 200-600 km) yang digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung.

Lalu, ada Ocean Man 2022, yakni sebuah ajang kompetisi berenang di perairan Pantai Muaya di Bali, yang akan dilaksanakan pada Juli 2022. Ada juga, Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022; Belitung Triathlon; serta yang akan berlangsung dalam skala besar yaitu FIBA Asia Cup atau Kejuaraan Konfederasi Basket Asia (12-24 Juli 2022) dan juga World Superbike (11-23 November 20w2). 

"Samosir Lake Toba Ultra ini merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia. Dan belum lama ini, saya juga baru saja mengikuti Bali Trail Run, yang dimana pelari lari dengan jalur lava hitam yang eksotis dengan latar belakang Gunung Batur. Ini menjadi pemandangan tersendiri bagi para pelari trail running,” kata Menparekraf. 

Dalam waktu dekat, Menparekraf juga akan mengikuti event sport tourism di Sragen, Jawa Tengah, yakni bersepeda 100 kilometer ke Bukit Kemukus, dan lari 25 kilometer dari alun-alun Sragen ke Desa Wisata Saringan.

"Saya diberikan tugas oleh Bu Bupati, untuk mengikuti dua event olahraga di Sragen, Jawa Tengah," tukas Menparekraf. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…