Coklat Rasa Jamu, Kudapan Unik di Sidang Kedua DEWG G20 2022

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 17 Mei 2022 - 17:01 WIB

Jl.Malioboro di Yogyakarta (jokoleo/Getty Images)
Jl.Malioboro di Yogyakarta (jokoleo/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta–  Para delegasi yang mengikuti sidang sidang kedua Digital Economy Working Group (DEWG) disuguhi makanan atau kudapan unik khas dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di antaranya yangko, bakpia, geplak, dan coklat yang diinovasikan dengan ramuan jamu tradisional.

"Makanan itu, hanya ada di Yogyakarta," kata Public Relations Manager Hotel Tentrem DIY, Adventa Pramushanti, kepada InfoPublik, Selasa (17/5/2022).

Makanan tersebut juga dihidangkan secara menarik, khususnya paduan warna, sehingga mengundang perhatian para delegasi yang menyantapnya.

Dari sisi cita rasa, makanan khas Yogyakarta tersebut dihidangkan dengan olahan yang inovatif. Seperti coklat paralin, yang ditambahkan rasa khas bumbu kunyit asam dan beras kencur.

"Hidangan yang ada dihotel kami, bentuk coklatnya adalah gamelan. Dipadu dengan makanan khas asli Yogyakarta," tutur Adventa.

Menurut Adventa, upaya yang dilakukannya tersebut, sebagai wujud dari promosi makanan khas Yogyakarta ke kancah internasional. Sehingga, masyarakat dari luar negeri mengetahui kekayaan rasa kuliner khas Yogyakarta melalui ajang DEWG.

"Tujuan kami adalah memperkenalkan kudapan Yogyakarta ke dunia internasional," tuturnya.

Harapannya, delegasi pertemuan kedua DEWG, dapat memberikan respon positif terhadap kekayaan kuliner hingga budaya khas Indonesia di kancah dunia. "Respon saat ini, masih diterima oleh tamu-tamu delegasi yang datang," katanya.

Sidang kedua DEWG berlangsung secara hibrida dari tanggal 17 s.d. 19 Mei 2022 di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Sebanyak 15 delegasi negara G20 hadir secara langsung di Yogyakarta. Selain Indonesia, selaku tuan rumah, pertemuan ini antara lain dihadiri delegasi Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Prancis, Jerman, Inggris, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa. Adapun delegasi lima negara hadir secara daring antara lain Kanada, China, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia.

Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia mengangkat tema Achieving Resilient Recovery: Working Together for a More Inclusive, Empowering, and Sustainable Digital Transformation.

Forum itu dihadiri oleh 16 negara anggota G20, 2 negara undangan yaitu Singapura dan Kamboja, serta perwakilan International Telecommunications Union (ITU) dan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

Sidang kemudian dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba, selaku Chair DEWG dan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan SDM, Dedy Permadi, sebagai Alternate Chair DEWG.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…