Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.
Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono  untuk membuat konten youtube ramah anak.

Menurut LS selama ini anak-anak menjadi terbiasa melihat tontonan di medsos, termasuk konten-konten yang tidak sesuai usia mereka. Konten-konten berisi kebencian, intoleransi, pertikaian pendapat dan hal tidak berguna lainnya,  setiap detik ditonton dan bisa disebut meracuni akal sehat dan penalaran anak-anak.

"Perlu dicegah keracunan mental akibat media sosial yang tidak mendidik, seperti sifat materialistis, intoleransi, tidak santun dan lain-lain," tegas mantan Bankir, Pendiri PDIP dan aktivis sosial itu.

LS menambahkan, sosial media memiliki peran penting menggantikan media tradisional (koran, majalah dan TV) dalam menentukan kualitas anak bangsa melalui proses pendidikan. Melalui media sosial kita bisa membangun nasionalisme dan karakter bangsa. Dan itu harus dimulai dari anak anak," papar LS.

LS dan HT lalu sepakat untuk melakukan aksi, antara lain membuat konten klip lagu tentang tanah air, lingkungan hidup, toleransi, kasih sayang, patriotisme dan hal lain yang diperlukan untuk membangun karakter anak Indonesia.

"Pak LS lalu mendorong dan mendukung saya untuk menerjemahkan hal tersebut dalam bentuk konten klip di YouTube dan medsos. Dan saya diberikan  kebebasan kreatif untuk mengarang 100 lagu anak Indonesia, yang bermuatan kearifan lokal dan hal-hal positif lainnya," turut Harry Tjahjono.

Sejak  23 Maret 2022,  Harry mulai menulis lagu, membuat video klip secara sederhana, dan menguaplodnya ke youtube.

Konten tersebut kini telah hadir di kanal youtube Klip Klap Klub, yang berisi video klip sederhana,  lagu-lagu ciptaan Harry Tjahjono.

Penulis lagu "Harta Berharga" kelahiran Madiun, 5 Februari 1954 itu menuturkan, awal Februari 2022, diundang ngobrol di rumahnya, tentang banyak hal. Akhirnya obrolan masuk mengenai pengaruh media sosial terhadap dunia anak-anak Indonesia seperti TikTok, YouTube, Instagram dan game online.

"Saya bersyukur konsep tersebut diterima sebagian besar penonton. Salah satunya, klip Jamu Leluhur , dalam delapan hari sudah dilihat 61.000 viewer.

"Memang diperlukan upaya melalui KlipKlapKlub untuk membangun mental dan karakter bangsa sejak dini. Dengan pendekatan edutainment (edukasi dan entertainment). Memperkenalkan kearifan dan karakter bangsa melalui lagu anak anak dan video klip yang menghibur dan mendidik," kata LS mengomentari tayangan KlipKlapKlub di kanal youtube.

Harry mengaku mengenal Laksamana Sukardi (LS) tahun 2008. "Saya menjadi komunikator budaya ketika LS mendirikan Partai Demokrasi Pembaruan," ungkap lelaki yang pernah menulis skenario Si Doel Anak Sekolahan itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…