Konsumsi Konten Platform Layar Kunci Glance di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat dalam Satu Tahun; Users Sharing Meningkat 70%

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Mei 2022 - 08:40 WIB

Platform Layar Kunci Glance
Platform Layar Kunci Glance

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Platform konten layar kunci yang berkantor pusat di Singapura, Glance, merilis ‘Lock Screen Trends Report, 2022’, laporan komprehensif mengenai tren konsumsi konten dan perilaku pengguna pada layar kunci telepon selular. Berdasarkan pola engagement (interaksi) oleh lebih dari 200 juta pengguna Glance, laporan tersebut menyoroti perkembangan tren dan kebiasaan konsumsi media di Indonesia dan India.

 Mengacu pada laporan tersebut, Glance mencatat sejumlah tonggak sejak baru dalam setahun terakhir, mencapai 200 juta pengguna aktif secara global. Pada Februari 2022, Glance meraih pendanaan senilai $200 juta dari raksasa telekomunikasi Jio Platform untuk mendorong ekspansi internasional. Glance juga meluncurkan Glance LIVE, layanan live streaming dan konten interaktif pada layar kunci di India. Hal yang sama juga sedang diuji di Indonesia.

  Di Indonesia, Glance melihat lonjakan tinggi pada konsumsi konten layar kunci antara periode Desember 2020 – Desember 2021, di mana terdapat kenaikan sebesar 97%. Masyarakat Indonesia juga menyukai konten Glance, membuka layar kunci di telepon selular mereka sebanyak 60 kali sehari untuk mengkonsumsi konten layar kunci.  Berbagi konten layar kunci meningkat 70%. Kategori-kategori yang menjadi favorit pengguna di Indonesia adalah new, entertainment, nature & wildlife, technology, dan health & fitness. Konsumsi layar kunci mencapai puncaknya setelah jam makan malam, yaitu sekitar pukul 8 malam. 

Bikash Chowdhury, Chief Marketing Officer Glance mengatakan, “Glance telah mentransformasi konten layar kunci dari ruang yang statis dan membosankan menjadi permukaan yang dinamis dan interaktif untuk konsumsi konten LIVE di semua genre konten. Baik itu, hiburan, berita terbaru, games maupun olahraga, konsumen ini dapat menikmati konten yang mereka sukai 24/7, tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun. Sebuah tampilan sekilas memberikan ketenaran cepat bagi para kreator seiring mereka terkoneksi dengan jutaan pengguna layar kunci. Brand marketers, pengembang dan produsen telepon selular juga memiliki medium baru dan kuat untuk terlibat dengan audiensnya.”

  Laporan ini juga mengungkapkan bahwa pengguna di India menonton lebih banyak konten live dan interaktif di layar kunci. Mereka juga berpartisipasi aktif dalam live stream melalui polling interaktif, AMA, pertanyaan, komentar dan gifting. Gaming adalah kategori live yang paling populer, sementara hiburan dan commerce menarik pengguna.  Lebih dari 12,5 juta pengguna menonton live game streaming di layar kunci mereka antara Desember 2021 – Februari 2022. Pengguna di India juga menyukai live stream dari para influencer, termasuk masterclass berbayar, serta siaran langsung konser musik, dan fashion show bertiket yang ada di Glance. Glance memperkirakan akan melihat pertumbuhan tren yang serupa di Indonesia.

  “Glance memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang ‘Selalu Happening’, terbaik dan paling trending untuk topik-topik yang mereka sukai, di berbagai kategori di layar kunci smartphone mereka. Untuk menambahkan konten internet terbaik bagi pengguna dengan cara yang unik, Glance juga memungkinkan brand dan publishers untuk terhubung dengan jutaan pengguna di permukaan yang paling banyak digunakan di telepon selular, yaitu layar kunci,” ujar Dalip Shahri, Director, Glance Market Development, Indonesia.  

Glance berencana mengembangkan bisnisnya di Indonesia secara signifikan. Tim Glance di Indonesia telah berkembang tiga kali lipat selama tahun 2021, dan berencana untuk menggandakan jumlah karyawan di Indonesia setahun ke depan.   (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Multi Bintang Indonesia

Minggu, 28 Mei 2023 - 16:32 WIB

Laporan Keberlanjutan 2022 Multi Bintang Indonesia: Selangkah Lebih Dekat Mencapai 100% Energi Terbarukan

PT Multi Bintang Indonesia Tbk, bagian dari the HEINEKEN Company, produsen merek bir premium internasional Heineken® dan BINTANG, merek bir favorit Indonesia sejak tahun 1952, telah meluncurkan…

SHEBA® Hope Advocate Program

Minggu, 28 Mei 2023 - 14:18 WIB

Yuk Gabung dengan Proyek Restorasi Terumbu Karang Terbesar di Dunia melalui SHEBA® Hope Advocate Program

SHEBA®, merek makanan hewan peliharaan bagian dari Mars, Incorporated mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam merestorasi terumbu karang melalui SHEBA® Hope Advocate Program. Program ini…

ALVA CERVO Ramaikan Industri Motor Listrik Nasional

Minggu, 28 Mei 2023 - 14:08 WIB

ALVA CERVO Ramaikan Industri Motor Listrik Nasional

ALVA menghadirkan ALVA CERVO sebagai kendaraan motor listrik terbaru yang lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan iklim Indonesia, memberikan pengalaman unik untuk melengkapi gaya…

Ketua Umum IMI Apresiasi Keberhasilan Indonesian Drift Series 2023 Seri Pertama

Minggu, 28 Mei 2023 - 12:46 WIB

Ketua Umum IMI Apresiasi Keberhasilan Indonesian Drift Series 2023 Seri Pertama

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Indonesian Drift Series 2023 seri pertama. Indonesian Drift Series menggelar…

Layar Kampus 2023 Sukses Menggelar Diskusi Film Murah Bukan Murahan

Minggu, 28 Mei 2023 - 12:31 WIB

Layar Kampus 2023 Sukses Menggelar Diskusi Film Murah Bukan Murahan

Layar Kampus sebuah kegiatan mahasiswa Ini Universitas Indonesia yang sudah berlangsung sejak tahun 2011. Kegiatan Layar Kampus berupa pemutaran film baik karya mahasiswa UI maupun rumah produksi…