Tahun Ini Tren Industri Periklanan Media Online Meningkat Pesat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Juni 2017 - 10:52 WIB

Pengguna Smartphone (ist)
Pengguna Smartphone (ist)

INDUSTRY.co.id , Surabaya - Pergeseran budaya masyarakat akibat perkembangan teknologi informasi (TI) harus direspon cepat oleh pelaku industri, tidak terkecuali industri periklanan. Walaupun saat ini kontribusi iklan online masih kecil dibanding iklan media lainnya, tren kenaikannya cukup besar.

Untuk itu, Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jatim mulai melakukan sosialisasi periklanan melalui digital. Setidaknya, proses akan dilakukan tahun depan, untuk merangkul media online resmi dan berbadan hukum dalam pemasangan iklan.

"Itu lebih menguntungkan yang berbadan hukum. Artinya, ada tanggung jawab moral masing-masing. Kita sendiri tidak mau repot itu. Yang sudah jelas keberadaan dan kita mau yang resmi-resmi saja," kata Ketua Umum P3I Jatim, Haries Purwoko melalui keterangan tertulis, Jumat (16/6/2017).

Menurutnya, pihaknya akan memberikan pemahaman kepada anggotanya agar ketika memasang iklan sebaiknya kepada media yang berbadan hukum atau sudah terdaftar di PWI maupun di dewan pers.

"Kita akan menugasi ke anggota-anggota saya jangan pasang (iklan di media tidak terdaftar atau tidak berbadan hukum, red) di sini. Meski begitu, karena belum ada acuannya, saya harus melihat mana yang betul-betul bisa kita ajak bekerja sama," ujar Haries.

Sementara itu, Sekretaris Umum P3I Jatim, Agus Winoto mengatakan, keberadaan media yang berkembang pesat ini keberadaan dinilai menguntungkan. "P3I berkepentingan dengan media-media, semakin banyak lebih bagus. Artinya, kita lebih banyak memberi kesempatan untuk yang menyebarkan iklan kemana-mana," ujarnya.

Dan untuk mengetahui media online yang resmi maupun berbadan hukum, kata Agus, akan diserahkan kepada PWI Jatim untuk bekerjasama. Dimana, salah satu pengurus PWI Jatim, menjadi ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), yang baru saja dibentuk pada 17 Maret 2017, lalu.

Terkait belanja iklan tahun ini, Haries memperkirakan akan samakin membaik dan mengalami kenaikan sebesar 11% hingga 13%. Kenaikan tersebut dipicu oleh kian membaiknya perekonomian nasional.

Kinerja industri periklanan akan membaik karena pada kenyataannya belanja iklan tidak pernah mengalami penurunan dan selalu naik dikisaran 13%. Di tahun 2016 misalnya, belanja iklan secara nasional mencapai Rp 154 triliun, naik 14 hingga 17% dibanding tahun sebelumnya.

Sementara di tahun ini diperkirakan akan naim sekitar 10% hingga 11%. "Tidak ada sejarahnya belanja iklan itu turun," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…