Finku Startup Fintech Asal Indonesia Kantongi Dana Segar USD 2,8 Juta Dipimpin oleh B Capital

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:38 WIB

Finku Startup Fintech
Finku Startup Fintech

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Finku, aplikasi manajemen keuangan asal Indonesia yang membantu pengguna untuk melacak pengeluaran dan menyusun anggaran keuangan pribadi, berhasil meraih USD 2,8 juta dalam putaran pendanaan awal yang dipimpin oleh perusahaan investasi global B Capital Group serta melibatkan Global Founders Capital dan Trihill Capital sebagai co-lead investor. Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh banyak investor lain, seperti Golden Gate Ventures, Goodwater Capital, Alto Partners, serta pendiri startup BukuWarung dan Xendit.

Keberhasilan dalam memperoleh pendanaan tentu menjadi angin segar bagi startup yang bergerak di bidang financial technology ini untuk bisa mengembangkan berbagai fitur terbarunya dalam waktu dekat. Salah satu layanan yang akan diluncurkan oleh Finku kepada para penggunanya adalah layanan kredit konsumer. Finku akan menggabungkan sejumlah keunggulan kredit yang meliputi suku bunga rendah, transparansi biaya, dengan seperangkat fitur keuangan pribadi yang dapat membantu mereka mengakses kredit secara bertanggung jawab dan membantu pengguna mengelola keuangan mereka. Seiring meningkatnya jumlah pengguna  dan jumlah e-wallet untuk layanan pembayaran digital  di Indonesia, Finku akan memanfaatkan peluang pasar ini untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi pengguna melalui aplikasinya. Aplikasi ini juga berusaha menjembatani kesenjangan dalam akses keuangan melalui jangkauan digital, sekaligus dapat meningkatkan literasi digital  di dalam negeri.

Untuk membangun masyarakat yang lebih tangguh secara finansial dan inklusif, masyarakat harus memiliki akses, kemampuan, dan kemandirian untuk mengelola keuangan mereka terlepas dari latar belakang pendapatan. Dengan pendanaan yang diperoleh saat ini, Finku akan memperkuat layanan di Indonesia dengan meningkatkan penawaran dan memperluas tim untuk memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia.

Didirikan tahun 2021 oleh beberapa co-founders Reinaldo Tendean, Shyam Kalairajah, and Shylla Estee, Finku menawarkan akses keuangan dan keahlian manajemen keuangan yang lebih besar kepada pengguna, melalui aplikasi yang mengotomatiskan pelacakan pengeluaran dan perancangan anggaran pribadi serta penyediaan saran keuangan yang dipersonalisasi sesuai kebiasaan belanja mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melacak transaksi yang mereka lakukan melalui bank, e-wallet, dan akun investasi secara lebih mudah, karena Finku telah merampingkan proses manajemen keuangan harian milik mereka. Aplikasi ini juga secara otomatis dapat mengumpulkan dan menghitung berbagai data keuangan untuk menghasilkan gambaran secara real-time.

"Misi kami adalah untuk mendukung para pemimpin teknologi paling transformatif di dunia. Finku telah menghasilkan produk berkualitas tinggi yang secara digital mengubah ruang keuangan pribadi dengan aplikasi seluler yang berpusat pada pengguna, sangat intuitif, dan mudah digunakan untuk masyarakat umum. Kemampuan Finku untuk menjangkau ratusan dan ribuan pengguna dalam beberapa bulan setelah peluncurannya adalah bukti adanya potensi pasar yang luas serta semangat, komitmen, dan ketekunan tim untuk mencapai visi perusahaan. Kami sangat antusias untuk mendukung usaha ini dan tidak sabar untuk melihat mereka mencapai lebih banyak tonggak sejarah di masa depan," ujar Ayu Tanoesoedibjo, Principal B Capital Group.

Untuk memperluas strategi yang berfokus pada pengguna, Finku akan memperkenalkan produk layanan kredit konsumer yang memungkinkan pengguna mengakses fasilitas kredit untuk kebutuhan sehari-hari. Akses kredit ini berfungsi untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan keuangan pengguna dalam kehidupan sehari-hari dalam batas tertentu yang tidak akan menimbulkan permasalahan pada keuangan mereka.

"Kemampuan Finku untuk beradaptasi dengan pergeseran teknologi di Indonesia serta memprioritaskan kebutuhan nyata masyarakat dalam pengembangan produk mereka telah berperan penting bagi pertumbuhan perusahaan yang impresif. Kami yakin bahwa Finku, didukung tim ahli yang lengkap, akan terus berkembang. Kami berharap dapat terus mendukung mereka dalam menggapai masa depan," kata Melvin Hade, Partner Global Founders Capital.

"Kini, Finku telah memantapkan diri sebagai pemain yang memastikan inklusi keuangan melalui digitalisasi dan siap untuk ekspansi produk. Dengan menawarkan skema produk kredit yang terjangkau di platformnya, kami yakin Finku akan semakin memperkuat dirinya sebagai juara inklusi keuangan di Indonesia, suatu aspirasi yang sepenuhnya kami investasikan untuk mendukung mereka," kata Alwyn Rusli, Investor Trihill Capital.

Saat ini Finku telah memiliki lebih dari 350.000 pengguna aplikasi. Startup ini juga dinobatkan sebagai salah satu “Early-Stage Fintech Startups from Indonesia to Follow in 2022” , dikarenakan pertumbuhan eksponensialnya yang berada di peringkat ke-7 aplikasi keuangan yang diunduh teratas dalam kategori keuangan di Apple Store Indonesia pada tahun 2021. Finku juga merupakan bagian dari 15 startup yang terpilih untuk berpartisipasi dalam program akselerator Startup Studio Indonesia , serta didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.(*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.