Finku Startup Fintech Asal Indonesia Kantongi Dana Segar USD 2,8 Juta Dipimpin oleh B Capital

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:38 WIB

Finku Startup Fintech
Finku Startup Fintech

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Finku, aplikasi manajemen keuangan asal Indonesia yang membantu pengguna untuk melacak pengeluaran dan menyusun anggaran keuangan pribadi, berhasil meraih USD 2,8 juta dalam putaran pendanaan awal yang dipimpin oleh perusahaan investasi global B Capital Group serta melibatkan Global Founders Capital dan Trihill Capital sebagai co-lead investor. Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh banyak investor lain, seperti Golden Gate Ventures, Goodwater Capital, Alto Partners, serta pendiri startup BukuWarung dan Xendit.

Keberhasilan dalam memperoleh pendanaan tentu menjadi angin segar bagi startup yang bergerak di bidang financial technology ini untuk bisa mengembangkan berbagai fitur terbarunya dalam waktu dekat. Salah satu layanan yang akan diluncurkan oleh Finku kepada para penggunanya adalah layanan kredit konsumer. Finku akan menggabungkan sejumlah keunggulan kredit yang meliputi suku bunga rendah, transparansi biaya, dengan seperangkat fitur keuangan pribadi yang dapat membantu mereka mengakses kredit secara bertanggung jawab dan membantu pengguna mengelola keuangan mereka. Seiring meningkatnya jumlah pengguna  dan jumlah e-wallet untuk layanan pembayaran digital  di Indonesia, Finku akan memanfaatkan peluang pasar ini untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi pengguna melalui aplikasinya. Aplikasi ini juga berusaha menjembatani kesenjangan dalam akses keuangan melalui jangkauan digital, sekaligus dapat meningkatkan literasi digital  di dalam negeri.

Untuk membangun masyarakat yang lebih tangguh secara finansial dan inklusif, masyarakat harus memiliki akses, kemampuan, dan kemandirian untuk mengelola keuangan mereka terlepas dari latar belakang pendapatan. Dengan pendanaan yang diperoleh saat ini, Finku akan memperkuat layanan di Indonesia dengan meningkatkan penawaran dan memperluas tim untuk memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia.

Didirikan tahun 2021 oleh beberapa co-founders Reinaldo Tendean, Shyam Kalairajah, and Shylla Estee, Finku menawarkan akses keuangan dan keahlian manajemen keuangan yang lebih besar kepada pengguna, melalui aplikasi yang mengotomatiskan pelacakan pengeluaran dan perancangan anggaran pribadi serta penyediaan saran keuangan yang dipersonalisasi sesuai kebiasaan belanja mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melacak transaksi yang mereka lakukan melalui bank, e-wallet, dan akun investasi secara lebih mudah, karena Finku telah merampingkan proses manajemen keuangan harian milik mereka. Aplikasi ini juga secara otomatis dapat mengumpulkan dan menghitung berbagai data keuangan untuk menghasilkan gambaran secara real-time.

"Misi kami adalah untuk mendukung para pemimpin teknologi paling transformatif di dunia. Finku telah menghasilkan produk berkualitas tinggi yang secara digital mengubah ruang keuangan pribadi dengan aplikasi seluler yang berpusat pada pengguna, sangat intuitif, dan mudah digunakan untuk masyarakat umum. Kemampuan Finku untuk menjangkau ratusan dan ribuan pengguna dalam beberapa bulan setelah peluncurannya adalah bukti adanya potensi pasar yang luas serta semangat, komitmen, dan ketekunan tim untuk mencapai visi perusahaan. Kami sangat antusias untuk mendukung usaha ini dan tidak sabar untuk melihat mereka mencapai lebih banyak tonggak sejarah di masa depan," ujar Ayu Tanoesoedibjo, Principal B Capital Group.

Untuk memperluas strategi yang berfokus pada pengguna, Finku akan memperkenalkan produk layanan kredit konsumer yang memungkinkan pengguna mengakses fasilitas kredit untuk kebutuhan sehari-hari. Akses kredit ini berfungsi untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan keuangan pengguna dalam kehidupan sehari-hari dalam batas tertentu yang tidak akan menimbulkan permasalahan pada keuangan mereka.

"Kemampuan Finku untuk beradaptasi dengan pergeseran teknologi di Indonesia serta memprioritaskan kebutuhan nyata masyarakat dalam pengembangan produk mereka telah berperan penting bagi pertumbuhan perusahaan yang impresif. Kami yakin bahwa Finku, didukung tim ahli yang lengkap, akan terus berkembang. Kami berharap dapat terus mendukung mereka dalam menggapai masa depan," kata Melvin Hade, Partner Global Founders Capital.

"Kini, Finku telah memantapkan diri sebagai pemain yang memastikan inklusi keuangan melalui digitalisasi dan siap untuk ekspansi produk. Dengan menawarkan skema produk kredit yang terjangkau di platformnya, kami yakin Finku akan semakin memperkuat dirinya sebagai juara inklusi keuangan di Indonesia, suatu aspirasi yang sepenuhnya kami investasikan untuk mendukung mereka," kata Alwyn Rusli, Investor Trihill Capital.

Saat ini Finku telah memiliki lebih dari 350.000 pengguna aplikasi. Startup ini juga dinobatkan sebagai salah satu “Early-Stage Fintech Startups from Indonesia to Follow in 2022” , dikarenakan pertumbuhan eksponensialnya yang berada di peringkat ke-7 aplikasi keuangan yang diunduh teratas dalam kategori keuangan di Apple Store Indonesia pada tahun 2021. Finku juga merupakan bagian dari 15 startup yang terpilih untuk berpartisipasi dalam program akselerator Startup Studio Indonesia , serta didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.(*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…

DOK. Shutterstock Ilustrasi krisis air bersih

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:18 WIB

Masalah Air Kian Gawat! Indonesia Siap Gelar World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta-Pemerintah Indonesia menegaskan World Water Forum ke-10 siap dilaksanakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 di Bali dengan persiapan matang yang melibatkan seluruh stakeholder dalam tata Kelola…