Kian Kokoh di Lantai Bursa! Pendapatan Pelita Samudera Shipping Tumbuh 31%

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 12 Mei 2022 - 16:28 WIB

apat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (12/05/2022)
apat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (12/05/2022)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) mengawali tahun 2022 dengan raihan pendapatan usaha US$26,8 juta, untuk periode tiga bulan yang berakhir 31 Maret 2022 (Berdasar Laporan Keuangan Perseroan tidak Diaudit).  Jumlah tersebut naik 31% (yoy), disebabkan meningkatnya pendapatan dari Sewa Berjangka segmen Kapal Tunda dan Tongkang dan Kapal Curah Besar.

Imbas lonjakan harga komoditas internasional di Kuartal 1 2022 turut berkontribusi pada melambungnya pendapatan usaha, diantaranya karena adanya permintaan layanan angkutan komoditas yang tinggi.

Pada kuartal 1-2022, Perseroan mendapat tambahan keuntungan US$3,4 juta hasil divestasi empat unit aset, yakni 1-unit kapal curah besar, 2-unit tongkang, dan 1-unit kapal tunda. Perseroan  membukukan Laba kotor US$9,6 juta dengan marjin laba kotor 36%.

Sementara EBITDA Perseroan tercatat US$11,9 juta, meningkat 78% (yoy), yang mewakili peningkatan marjin EBITDA sebesar 44% dari 33% tahun lalu.

Direktur Utama PSSI, Iriawan Ibarat, dalan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (12/05/2022),  mengatakan, meski adanya Peraturan Pemerintah Indonesia untuk melarang ekspor batubara pada Januari 2022 yang berimbas pada menurunnya volumenya pengangkutan secara drastis, Perseroan berhasil menghasilkan pendapatan usaha dan pemasukan lain.

 “Pertumbuhan Laba dan Marjin Laba Kotor meningkat sebagian besar karena kinerja yang baik pada semua aset dengan biaya yang dapat dikelola. Kontribusi signifikan juga berasal dari pendapatan sewa berjangka, sekitar 64% ke pendapatan,” jelanya.

Laba Bersih Perseroan hingga akhir kuartal 1-2022, US$9,9 juta, naik signifikan 289% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meningkatnya Laba Bersih sekaligus menaikan Laba per saham  menjadi Rp28. Rasio Keuangan Perseroan sejauh ini berada pada kondisi terbaik, dengan kas dan setara kas sebesar US$29 juta. Rasio Kewajiban terhadap Ekuitas sebesar 12%, lebih rendah dari tahun sebelumnya, yaitu 33%, berkat pelunasan pinjaman bank sebesar US$10 juta pada Januari 2022. PSSI sangat sehat secara keuangan dan bisa fokus untuk pengembangan usaha yang berkelanjutan.

PT Pelita Samudera Shipping Tbk adalah Perusahaan jasa angkutan laut yang bergerak dalam pengangkutan dan pemindahmuatan batubara dan mineral terintegrasi yang menyediakan fasilitas Kapal Tunda dan Tongkang (Tugs & Barges), Fasilitas Muatan Apung (Floating Loading Facility), Fasilitas Bongkar Muat Apung (Floating Crane) dan Kapal Curah Besar (Bulk Carrier Motor Vessel) Supramax dan Handysize yang memberikan nilai tambah kepada penambang mineral, pembangkit listrik, pabrik peleburan terkemuka di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:03 WIB

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi…

Penari Bali (Dok. Kemenparekraf)

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:30 WIB

5 Negara dengan Wisman yang Paling Banyak Mengunjungi Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan terdapat lima negara yang banyak menyumbang kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris,…

Logo Starbucks Coffee

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:15 WIB

Tutup 130 Gerai, Starbucks Resmi Keluar dari Rusia

Setelah hampir 15 tahun, Starbucks Corp mengatakan pada Senin (23/5/2022) akan keluar dari pasar Rusia. Hal ini dikarenakan jaringan kopi bergabung dengan McDonald's Corp dalam menandai berakhirnya…

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI: 50 Motor Besar Siap Ikuti Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat Joel D. Mastana dan jajaran Anpreso International mematangkan…

Peternakan sapi perah (Doc: Kementan)

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:50 WIB

Singgung Impor Vaksin! DPR Ini Ingatkan Pemerintah Perhitungkan Rencana Vaksinasi PMK

Jakarta-Anggota Komisi IV DPR RI Haerudin menekankan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk benar-benar memperhitungkan persiapan pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia…