Bos KADIN : WFH Harus Disesuaikan dengan Peraturan Perusahaan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Mei 2022 - 15:45 WIB

Ketum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid
Ketum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Arsjad Rasjid mengatakn bahwa penerapan Work from Home (WFH) harus disesuaikan dengan peraturan masing-masing perusahaan.

“Karena tidak semua sektor usaha dapat disamakan,” kata Arsjad dalam keterangan tertulis pada Rabu (11/5/2022).

Pasalnya, terdapat beberapa perusahaan yang harus melakukan kegiatan operasional secara langsung di tempat kerja. Misalnya perusahaan manufaktur, produksi, dan barang konsumsi.

“Maka dari itu, jenis perusahaan tersebut tidak dapat diberlakukan WFH. Tetapi untuk jenis perusahaan seperti jasa, atau jenis pekerjaan tertentu seperti scientist, manajemen, back office dan semacamnya, dapat dilakukan WFH,” jelas Arsjad.

Meski ia tetap mendukung program pemerintah dalam mengurangi kepadatan lalu lintas arus balik melalui imbauan penerapan Work from Home (WFH) bagi pekerja. “WFH tentunya sudah tidak asing bagi para pekerja di sektor swasta semenjak pandemi Covid-19,” katanya.

Ia mengakui, penerapan WFH cukup efektif sebagai upaya menghindari kenaikan arus balik selama pekerjaan dapat diselesaikan dari rumah. Pasalnya, WFH bisa mengurangi aktivitas masyarakat di jalan, sehingga mengurangi debit kendaraan dan meminimalisir kemacetan.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Ketenagakerjaan, Adi Mahfudz Wuhadji juga mengatakan hal senada. Menurutnya, WFH harus disesuaikan dengan sektor usaha masing-masing, tidak bisa disamaratakan.

“Bagi swasta, dalam hal ini harus dilihat terlebih dahulu, apakah perusahaan tersebut berorientasi pada sektor barang atau jasa. Ini yang wajib dilihat terlebih dahulu potretnya dalam bentuk WFH yang dimaksudkan,” ucap Adi.

Ia menegaskan, setiap perusahaan terdapat terdapat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) berdasarkan peraturan menteri yang harus ditaati bersama. Jika hanya sebatas imbauan untuk mengurangi kemacetan, tidak masalah selama semua itu dikomunikasikan antara pekerja dengan pengusaha agar tidak terjadi miss-communication.

“Pada dasarnya, KADIN maupun asosiasi lain juga tidak masalah sejauh hal tersebut tidak menganggu efisiensi dan produktivitas pekerjaan itu sendiri,” tutupnya.

Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk, 1,7 juta kendaraan keluar Jabodetabek sejak H-10 sampai H-1 Hari Raya Idulfitri 1443 H. Jumlah ini merupakan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik. Jumlah kendaraan naik 9,5% dibanding saat masa mudik sebelum pandemi tahun 2019 lalu.

Jasa Marga juga mencatat volume lalu lintas arus balik ke Jabodetabek dari arah timur Jawa menembus rekor mencapai 170.078 kendaraan pada H+4 Lebaran 2022. Jumlah ini melonjak 159% dari situasi normal pada 2021. Bahkan, mengalahkan rekor tertinggi sebelum pandemi yang hanya 166.444 kendaraan pada Lebaran 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Quty Karunia sebagai salah satu pabrik tekstil untuk produk soft toys IKEA menggunakan PLTS Atap dalam kegiatan operasionalnya sebagai bentuk implementasi energi baru terbarukan

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:08 WIB

Keren! Salah Satu Pabrik Tekstil yang Memproduksi Produk IKEA Beralih Menggunakan Energi Terbarukan

Jakarta - Sebagai salah satu pabrik tekstil yang memproduksi soft toys untuk perusahaan ritel home furnishing IKEA Indonesia, PT Quty Karunia (Quty) telah memasang PLTS Atap di pabriknya yang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:07 WIB

Di Ajang WEF 2022, Menperin Agus Beberkan Peluang Investasi Baru di Indonesia

Pertemuan tahunan World Economic Forum dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan diskusi dengan para perwakilan ekonomi dunia dan investor-investor potensial.

Ilustrasi Payroll

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:03 WIB

Apa Saja Kriteria Payroll System Indonesia yang Bagus dan Efektif? Berikut Ulasannya

Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya.…

Ilustrasi Pajak

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:42 WIB

8 Pajak Penghasilan yang Wajib Dibayar dan Dilaporkan Secara Online

Di negara manapun, termasuk Indonesia, pajak dapat memberikan kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan pajak, masyarakat bisa menikmati infrastruktur mulai dari jalan, terminal, stasiun,…

Direktur Utama Yoshihiro Kobi mengatakan sepanjang kuartal I-2022, perseroan telah berhasil mencapai 41%

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:41 WIB

Ekonomi Mulai Pulih! Bekasi Fajar Optimistis Akan Penjualan Lahan Industri

Jakarta - PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) pada tahun ini menargetkan marketing sales lahan industri seluas 20 hektar dengan harga rata-rata penjualan Rp2,7 juta-3,5 juta/m2.