Vakum 2 Tahun Akibat Pandemi, Festival Idul Fitri di London Kembali digelar

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 11 Mei 2022 - 11:00 WIB

Festival Idul Fitri di London, Inggris (Foto: ArabNews)
Festival Idul Fitri di London, Inggris (Foto: ArabNews)

INDUSTRY.co.id - Perayaan tahunan hari raya Idul Fitri kembali ke ibu kota Inggris, London pada akhir pekan setelah vakum dua tahun karena pembatasan Covid-19.

Eid in the Square, yang diselenggarakan oleh Walikota London, diadakan setiap tahun di Trafalgar Square untuk menandai akhir bulan suci Ramadan dan menarik ribuan peserta, Muslim dan non-Muslim. Acara tahun ini adalah yang ke-17.

"Banyak orang salah mengartikan agama Islam dan banyak Muslim sering dijelek-jelekkan," kata Walikota London Sadiq Khan seperti dilansir dari laman Arabnews.

"Hal yang hebat tentang bulan Ramadan adalah umat Islam, seperti saya, menunjukkan kepada non-Muslim tentang apa agama kita, amal, kasih sayang, kesopanan  dan Idul Fitri adalah tentang menyatukan orang-orang dan merayakan festival penting ini," jelasnya.

Ketika pandemi mereda, Khan mengatakan bahwa pihak berwenang di London ingin melihat lebih banyak perayaan yang mencerminkan semua agama. Perayaan Paskah dan Vaisakhi telah berlangsung di alun-alun tahun ini, dan akan menjadi tuan rumah acara Diwali dan Hanukkah di bulan-bulan mendatang.

"Sangat penting bagi kami untuk menyadari di sini di London, bagi saya, keragaman bukanlah kelemahan tetapi kekuatan. Tetapi juga bahwa kami tidak hanya mentolerir Muslim, kami menghormati mereka, kami merangkul mereka, kami merayakannya," katanya.

"Saya sangat percaya pada integrasi, tetapi juga memahami dan menghormati latar belakang agama orang yang berbeda, dan saya pikir itu mungkin untuk menjadi orang Inggris yang bangga, orang London yang bangga, seseorang yang bangga menjadi keturunan Pakistan atau asal Asia, dan seorang Muslim," tambahnya.

Hari pertama Idul Fitri jatuh pada hari Senin, 2 Mei tahun ini tetapi Idul Fitri di Alun-alun diadakan pada hari Sabtu, 7 Mei sehingga lebih banyak keluarga dan pengunjung lainnya dapat hadir. Acara ini termasuk musik live yang terinspirasi Islami, komedi, seni, puisi dan pertunjukan budaya lainnya, di samping pesta warung makan yang menampilkan masakan dari seluruh dunia.

Banyak orang mengenakan kostum karnaval Idul Fitri dan hiburan lainnya termasuk kegiatan ramah keluarga seperti kaligrafi, mendongeng, mehndi (seni tubuh henna), lukisan wajah, lokakarya sains dan drama, dan berbagai kegiatan olahraga.

Ayham Jaaron, seorang dosen universitas berusia 42 tahun dari Palestina, merayakan Idul Fitri di Inggris untuk pertama kalinya dan melakukan perjalanan ke London untuk acara dari Loughborough di Leicestershire bersama istri dan dua anaknya. 
Dia mengatakan dia bangga menjadi bagian dari komunitas Muslim di Inggris, sebuah masyarakat yang mempromosikan nilai-nilai, toleransi dan kesetaraan.

"Saya pikir ini adalah kesempatan besar bagi komunitas Muslim untuk berkumpul dan merayakan dengan orang lain dan juga untuk menikmati suasana keluarga," ujarnya.

Menjelang perayaan, dan dalam kemitraan dengan Idul Fitri di Alun-alun, untuk pertama kalinya roda observasi London Eye di tepi Sungai Thames diterangi dengan tampilan cahaya bulan sabit untuk merayakan liburan Idul Fitri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:03 WIB

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi…

Logo Starbucks Coffee

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:15 WIB

Tutup 130 Gerai, Starbucks Resmi Keluar dari Rusia

Setelah hampir 15 tahun, Starbucks Corp mengatakan pada Senin (23/5/2022) akan keluar dari pasar Rusia. Hal ini dikarenakan jaringan kopi bergabung dengan McDonald's Corp dalam menandai berakhirnya…

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI: 50 Motor Besar Siap Ikuti Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat Joel D. Mastana dan jajaran Anpreso International mematangkan…

Peternakan sapi perah (Doc: Kementan)

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:50 WIB

Singgung Impor Vaksin! DPR Ini Ingatkan Pemerintah Perhitungkan Rencana Vaksinasi PMK

Jakarta-Anggota Komisi IV DPR RI Haerudin menekankan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk benar-benar memperhitungkan persiapan pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia…

Peresmian Paviliun Indonesia di Davos

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:48 WIB

Sejumlah Menteri Jokowi Secara Resmi Buka Paviliun Indonesia di Davos

Paviliun Indonesia yang diselenggarakan bersamaan dengan rangkaian kegiatan World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss secara resmi dibuka.