Pantai di Hong Kong Buka Kembali, Beijing Longgarkan Aturan Karantina

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 09 Mei 2022 - 10:00 WIB

Hong Kong (Ist)
Hong Kong (Ist)

INDUSTRY.co.id - Hong Kong pada Kamis (5/5/2022) membuka kembali pantai dan kolam renang dalam pelonggaran pembatasan Covid-19. Sementara ibu kota China Beijing mulai melonggarkan aturan karantina untuk menyambut kedatangan dari luar negeri.

Melansir dari laman Indianexpress, sebelumnya Hong Kong telah menutup tempat-tempat olahraga air di tengah wabah varian omicron yang sangat menular, tetapi telah mengikuti pembatasan karena jumlah kasus baru turun. Kematian akibat Covid-19 telah turun dari tertinggi hampir 300 per hari pada bulan Maret menjadi nol dalam beberapa hari terakhir.

Kini, restoran juga diizinkan untuk menampung hingga delapan pelanggan di meja, dari empat sebelumnya dan masker tidak akan lagi diperlukan selama latihan di luar ruangan. Ini merupakan sebuah perubahan yang penting terutama bagi penyelenggara acara olahraga.

Putaran pelonggaran lebih lanjut dijadwalkan akan dimulai 19 Mei, ketika bar dan klub akan diizinkan untuk dibuka kembali dan restoran di kota China selatan akan diizinkan untuk melayani pelanggan hingga tengah malam.

China telah mempertahankan pendekatan "nol-COVID". Namun telah memberlakukan pembatasan yang tidak terlalu memberatkan di ibu kota daripada di kota-kota lain seperti Shanghai, di mana jutaan orang ditempatkan di bawah penguncian yang ketat.

Sementara, Beijing akan mengharuskan kedatangan dari luar negeri untuk dikarantina di sebuah hotel selama 10 hari, diikuti dengan isolasi rumah selama sepekan. Aturan sebelumnya mengharuskan 21 hari isolasi, setidaknya 14 hari di hotel, diikuti tujuh hari pelaporan kesehatan reguler.

Dengan hanya segelintir penerbangan internasional harian ke Beijing, perubahan aturan diharapkan memiliki sedikit efek praktis. Secara simbolis, bagaimanapun, tampaknya menunjukkan kesediaan untuk berkompromi dengan tuntutan untuk kebijakan yang kurang mengganggu dan merusak secara ekonomi.

Restoran dan bar dibatasi untuk dibawa pulang, gym ditutup dan kelas ditangguhkan setidaknya selama seminggu lagi. Lokasi wisata utama di kota itu, termasuk Kota Terlarang dan Kebun Binatang Beijing, telah menutup ruang pameran dalam ruangan mereka dan beroperasi hanya dengan kapasitas parsial.

Distrik telah disortir sesuai dengan tingkat risiko Covid-19 yang dirasakan di masing-masing distrik, dan orang-orang yang tinggal di distrik dalam kategori tertinggi dilarang meninggalkan kota. Beberapa komunitas di mana kasus ditemukan telah diisolasi.

Semua penduduk diharuskan menjalani tiga tes virus sepanjang minggu karena pihak berwenang berusaha mendeteksi dan mengisolasi kasus tanpa memberlakukan semacam penguncian besar-besaran yang terlihat di Shanghai dan di tempat lain. Hasil tes negatif yang diperoleh dalam 48 jam sebelumnya diperlukan untuk memasuki sebagian besar ruang publik.

Beijing pada hari Kamis melaporkan hanya 50 kasus baru, delapan di antaranya tanpa gejala.

Shanghai juga mengalami penurunan menjadi 4.651 kasus baru, semuanya kecuali 261 tanpa gejala, dengan tambahan 13 kematian. Kota terbesar di China itu mencatat puncak harian 27.605 kasus baru pada 13 April.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…

Meriahkan HUT Jakarta ke 495, Jakkon Gelar Acara Bertajuk Merawat Budaya Lokal

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:38 WIB

Meriahkan HUT Jakarta ke 495, Jakkon Gelar Acara Bertajuk Merawat Budaya Lokal

Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495, PT. Jakarta Konsultindo menggelar berbagai acara antara lain dengan cara syukuran, doa Bersama, tumpeng mini dan nasi kucing,…