Tren Sneakers Terus Meningkat, Berikut Enam Tips Aman dan Mudah Merawat Sneakers

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Mei 2022 - 11:00 WIB

Ninja Xpress
Ninja Xpress

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Fashion menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sosial anak muda, salah satunya sneakers. Sneakers bukan sekadar alas pelindung kaki, tapi sudah menjadi tren fesyen yang krusial. Apapun pakaian yang dikenakan, sneakers selalu menjadi pemanis dari keseluruhan penampilan.

“Anak muda zaman sekarang ingin selalu tampil memukau, namun kebanyakan dari menginginkan kualitas baik dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu, disini kami hadir untuk mengisi kehausan mereka dalam bergaya” ucap Peter Kohar selaku Brand Owner Ditoko.com.

Dalam kesempatan ini, Ninja Xpress dan pioneer sepatu kekinian Ditoko.com membagikan 6 tips aman dan mudah merawat sneakers agar lebih awet sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

1.            Kenali Jenis Sneakers

Sebelum memutuskan membeli sebuah sneakers, pastikan kita mengetahui bahan yang digunakan sehingga kita bisa menyesuaikan perawatan yang diperlukan. Tidak semua sneakers memiliki bahan yang sama sehingga diperlukan perawatan yang berbeda juga. Bacalah informasi detail sepatu yang biasanya tersedia di kotak sepatu atau deskripsi produk jika membeli secara online.

2.            Bersihkan Sneakers Dengan Benar

Pastikan untuk membersihkan sepatu secara rutin dan bangun kebiasaan untuk membersihkan sneakers setelah digunakan atau bepergian dengan membersihkan bagian yang kotor saja tanpa perlu direndam air ataupun deterjen.

Agar sneakers awet dan tahan lama, sesuaikan cara membersihkan sneakers dengan materialnya. Misalnya, sneakers yang terbuat dari material canvas dapat dibersihkan dengan sikat gigi yang halus, air hangat yang dicampur soda penngembang atau sabun khusus yang tidak merusak material.

3.            Semprotkan Pelindung Sneakers

Zaman sudah serba modern dan praktis. Saat ini, sudah banyak tersedia pelindung khusus agar sneakers terhindar dari noda yang membuat kotoran menempel. Tips ini dapat menjadi alternatif paling praktis jika kita memiliki mobilitas yang tinggi dan tidak sempat membersihkan sepatu menggunakan air hangat dan sikat gigi. Tenang saja, pelindung sneakers ini tidak akan membuat sepatu rusak, justru cukup efektif membantu melindungi sepatu dari noda atau kotoran di sneakers yang akan merusak sepatu.

4.            Simpan di Tempat yang Benar

Hindari menempatkan sneakers secara sembarangan. Menempatkan sneakers secara sembarangan dapat merusak material sepatu apabila sirkulasi udara tidak memadai. Selain itu, pastikan sneakers aman dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Sinar matahari menjadi pemicu sol sneakers menjadi kuning. Hal ini juga menjadi alasan mengapa sneakers tidak disarankan langsung dikeringkan dibawah sinar matahari apabila telah selesai dicuci. Oleh karena itu, susun sneakers di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara cukup baik serta tambahkan silica gel jika memungkinkan.

5.            Pastikan Kaki Bersih Sebelum Mengenakan Sneakers

Hal ini cukup sepele namun penting. Pastikan kaki dalam kondisi bersih dari debu atau kotoran tertentu sehingga terhindar dari bau tak sedap. Selain itu, dengan memastikan kaki dalam keadaan bersih, bagian dalam sneakers akan terhindar dari kotoran tertentu dan tidak akan sulit jika dibersihkan nantinya.

6.            Jangan Hanya Disimpan, Tapi Dikenakan.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa sepatu akan lebih awet jika disimpan, namun hal ini keliru karena sneakers yang jarang dipakai ternyata berdampak kepada umur pemakaian yang pendek. Sneakers yang cukup sering digunakan justru akan membuat karet sol menjadi lebih lentur sehingga tidak mudah rusak. Jadi, koleksi sneakers kita akan lebih baik jika rutin dikenakan secara berkala sehingga sneakers tetap awet dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Dengan menerapkan semua tips mudah dan aman tersebut, sneakers bisa tetap awet dan memiliki masa pemakaian yang lebih lama. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian kita bersama sebagai pecinta sneakers agar lebih memahami cara mudah merawat semua koleksi sepatu.

Untuk memudahkan para pecinta sneakers menemukan koleksi sneakers kekinian, Ditoko.com. menyediakan beragam sepatu yang membantu kita bergaya lebih keren tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Ninja Xpress juga membantu Ditoko.com mengirimkan paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dan mengantarkan langsung ke pembeli.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…