Ketua MPR RI Dorong Investor Korsel Tingkatkan Investasi di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Mei 2022 - 06:30 WIB

Ketua MPR RI Dorong Investor Korsel Tingkatkan Investasi di Indonesia
Ketua MPR RI Dorong Investor Korsel Tingkatkan Investasi di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Seoul - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertemu dengan para pengusaha nasional Korea Selatan (Korsel), antara lain CEO Pax Global Group Michael Souceo, CEO Daewoo Oil and Gas Daegon Kim, dan Ketua Daewoo Global Management Institute Byung-Ju Chang. Makan malam dilakukan di Samcheonggak, sebuah rumah makan tradisional Korea terkenal yang berlokasi di Seongbuk-dong, Seoul, Korsel.

Meski kedatangan Bamsoet di negeri Gingseng  bukan kunjungan resmi, namun langkah ini merupakan bagian dari diplomasi kuliner, menghormati sajian khas tradisional negara yang dikunjungi. Sambil membicarakan berbagai prospek hubungan kerjasama ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya yang bisa dibangun oleh Indonesia dan Korsel.

"Ada beberapa hal yang kita bahas. Antara lain, investasi di pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, eksplorasi minyak dan gas di berbagai wilayah Indonesia, hingga kerjasama biomedis yang kini sedang menjadi tren investasi menjanjikan dunia," ujar Bamsoet usai makan malam dengan berbagai tokoh ekonomi Korea di dampingi Wakil Duta Besar RI untuk Korsel Zelda Wulan, di Seoul, Sabtu malam (7/5/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selain meningkatkan investasi, berbagai pertemuan dengan tokoh ekonomi Korsel juga bagian dari upaya memperbaiki neraca perdagangan Indonesia dengan Korsel agar tidak terus menerus mengalami defisit. Pada tahun 2021, misalnya, total nilai perdagangan Indonesia dengan Korsel tercatat sebesar USD 18,47 miliar, ekspor Indonesia ke Korsel sebesar USD 8,98 miliar. Sementara nilai impor Indonesia dari Korsel USD 9,42 miliar, sehingga defisit pada Indonesia mencapai USD 446,7 juta.

"Sedangkan pada tahun 2020, neraca perdagangan Indonesia - Korsel defisit sebesar USD 341,8 juta, serta tahun 2019 defisit mencapai USD 1,18 miliar," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, sebelumnya pada Jumat (6/5/22), dirinya juga telah bertemu pimpinan (Administrator) National Agency for Administrative City Construction (NAACC)/Kepala Otorita Nasional Pembangunan Kota Sejong Mr Park Mooik untuk meninjau perkembangan pembangunan Kota Sejong, Ibu Kota Administratif Korsel yang dibangun untuk menggantikan Kota Seoul. Serta bertemu dua anggota parlemen Korea Mr Hong Seong-guk dan dan Mr Kang Joon-hyun, untuk memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Presiden Korsel yang baru, Mr. Yoon Suk-yeol, yang akan dilantik pada 10 Mei 2022.

"Kita harapkan dibawah kepemimpinan presiden yang baru dan dengan dukungan parlemen, Korsel bisa tetap menjadi mitra strategis bagi Indonesia. Baik dalam hal peningkatan kerjasama ekonomi, sosial, budaya, teknologi, hingga pertahanan dan keamanan negara," ujar Bamsoet.

Dalam kunjungan tidak resmi tersebut, Bamsoet juga diagendakan akan mengunjungi Hyundai Motor Company untuk melihat langsung mobil listrik Hyundai Genesis G80 Electrified special edition yang akan digunakan untuk para kepala negara G20 selama acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Denpasar Bali pada bulan Oktober 2022 mendatang dan akan mengunjungi terowongan penetrasi atau perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara sebelum kembali ke Jakarta.(*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.