No Coding-Coding, Ini Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT

Oleh : Herry Barus | Minggu, 08 Mei 2022 - 07:00 WIB

Ini Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT
Ini Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT

INDUSTRY.co.id - Jakarta-- Dengan pertumbuhan perusahaan startup yang semakin meningkat, peluang kerja di bidang IT (Information Technology) pun menjadi semakin banyak. Pekerjaan di dunia IT kini memang populer dan memiliki banyak peminat, kamu salah satunya? Saat ini meski tanpa skill coding, kamu bisa tetap mendapatkan pekerjaan di dunia IT, lho!

Zaman sekarang, kerja di bidang IT mulai dilirik banyak orang, hal ini tentu tidak terlepas dari gaji yang didapatkan. Apalagi seiring dengan majunya teknologi, berbagai perusahaan mulai mencari karyawan yang punya skill pemrograman alias coding. Gaji yang ditawarkanpun cukup tinggi, apalagi saat ini masih cukup jarang orang yang menguasai skill coding.

Penasaran apa saja? Yuk, simak rangkuman  Pekerjaan IT Tanpa Perlu Skill Coding:

1. Product manager

Bagi kamu yang minat dengan pekerjaan pertama di dunia IT tanpa memerlukan skill coding, posisi product manager sangat cocok buat kamu. Seorang product manager, tidak harus paham coding untuk menjalankan tugasnya. Pasalnya, mereka memiliki tanggung jawab untuk membuat produk yang sesuai dengan keinginan user. Forbes menjelaskan bahwa, product manager memiliki tugas untuk mengawasi seluruh proses pengembangan produk yang dibuat perusahaan. Posisi product manager berada di tengah-tengah antara IT, design, dan user experience. Jadi, ia hanya perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai ketiga hal tersebut saja.

Skill paling penting dari seorang product manager ialah komunikasi, analytical thinking, strategic thinking, hingga negotiation.

2. Business analyst

Profesi sebagai business analyst, kini juga sering diperbincangkan. Pasti kamu juga sudah tidak asing dengan pekerjaan yang satu ini kan? Business analyst juga termasuk pekerjaan di dalam dunia IT yang bisa kamu coba meski tanpa skill coding.

Seseorang yang menekuni profesi ini, harus mampu membuat analisis bisnis, sebelum meluncurkan sebuah produk baru sehingga akan tahu dampaknya seperti apa untuk perusahaan.

3. UI/UX designer

Menjabat sebagai profesi UI/UX designer, tentu memiliki peranan yang sangat penting di sebuah perusahaan IT. Meskipun sama-sama bertugas menjadi seorang desainer, namun tanggung jawab dari UI dan UX designer sangatlah berbeda.

 

UI designer memiliki tanggung jawab untuk membuat tampilan website atau aplikasi yang menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga lebih eye catching. Sementara itu, UX designer harus mampu menciptakan tampilan website atau aplikasi yang mudah digunakan oleh pelanggan.

Jadi, fokus utamanya supaya user mendapatkan pengalaman yang terbaik saat menggunakan produknya.

4. SEO specialist

Saat ini setiap perusahaan, terutama yang bergerak di bidang teknologi tentunya sangat mengandalkan internet untuk pemasaran. Disini, peran SEO specialist sangat dibutuhkan karena mereka bertugas untuk mengoptimalkan konten di website, agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian google.

Seperti yang dijelaskan oleh Skillcrush, seorang SEO specialist, harus selalu up to date dengan perubahan algoritma Google atau mesin pencarian lainnya. Hal itu, bertujuan agar website bisa mendapatkan traffic yang tinggi dan mendapatkan ranking yang baik di mesin pencarian.

5. Technical writer

Pekerjaan di industri IT selanjutnya yang tanpa memerlukan skill coding adalah technical writer. Pekerjaan yang satu ini, berbeda dengan profesi menulis lainnya. Pasalnya, technical writer harus mampu mengubah bahan tulisan yang sangat teknis menjadi tulisan yang lebih mudah dipahami oleh pengguna.

Umumnya, technical writer akan menulis tentang panduan penggunaan produk, instruksi penggunaan, atau bahkan FAQ (Frequently Asked Question). Selain harus memiliki kemampuan menulis yang baik, seorang technical writer juga dituntut untuk memiliki orientasi pada detail hingga berpikir secara kritis.

Jika kamu suka menulis dan mampu memahami hal yang teknis, kemudian dapat menuliskannya menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami, maka bisa mencoba mendalami profesi yang satu ini.

6. Desain grafis

Untuk profesi selanjutnya yang merupakan pekerjaan tanpa coding adalah menjadi seorang Desain Grafis. Profesi ini banyak dibutuhkan hampir di background bisnis apapun. Dari model bisnis konveksi, kuliner, percetakan, dan masih banyak lagi. Karena tugas utama dari seorang desain grafis adalah membuat desain atau ilustrasi dari sebuah ide.

Contohnya seperti mendesain poster, mengedit foto, bahkan juga membuat konten promosi. Dengan banyaknya jobdesk yang harus diakomodir dari seorang desain grafis ini, tentunya diperlukan kemampuan yang mumpuni. Kemampuan dalam menggunakan tools seperti Photoshop, Coreldraw, Canva, dll.

Untuk gaji seorang desain grafis sangat beragam, terutama di Indonesia. Untuk seorang desain grafis profesional rata-rata kisaran 3jt – 8jt. Tetapi pada kenyataannya, ada desain grafis yang dibayar dengan 2M (Makasih Mas).

7. Quality assurance

Pekerjaan tanpa coding selanjutnya adalah menjadi seorang Quality Assurance (QA). Profesi ini terhitung baru di Indonesia. Tugas utama dari seorang QA adalah memastikan sistem yang telah dibuat oleh programmer, berjalan sesuai rancangan dan memenuhi standar yang telah ditentukan.Tak hanya melakukan testing, seorang QA juga memiliki kewajiban untuk mendokumentasikan apa yang mereka kerjakan.

Jadi tak hanya mengoreksi dan berkomentar.

Walaupun terlihat simple cara kerjanya, menjadi seorang QA diperlukan ketelitian dan kejelian dalam menjalankan tugasnya. Karena produk atau aplikasi yang telah launching sudah menjadi tanggung jawab QA jikalau nanti ketika produk di tangan user mendapati sebuah bug.

8. Digital marketing

Pekerjaan tanpa coding yang lainnya adalah Digital Marketing atau biasa juga disebut dengan Digital Marketer. Bicara tentang Digital Marketing, sebenarnya memiliki lingkup yang sangat luas. Di dalam Digital Marketing, terdapat beberapa bagian seperti Affiliate Marketing, Content Marketing, Social Media Marketing dan SEO (Search Engine Optimization). Dari semua bagian tersebut, pada intinya bagian dari digital marketing tersebut memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan product agar menjangkau market yang lebih luas.

Tadi itu, beberapa ulasan  pekerjaan tanpa coding yang bisa jadi opsi buat kamu yang tidak suka ngoding tapi pengen tetep kerja di bidang IT.

Bagi kalian yang tertarik dengan kerjaan di bidang IT, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Fakultas Teknik & Informatika menyediakan beberapa jurusan yang berhubungan dengan dunia IT. Berikut ini beberapa jurusan yang ada di Universitas BSI yang dapat menjadi rekomendasi buat kamu yang  berhubungan dengan IT. Pertama ada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (S1), lalu ada jurusan Ilmu Komputer (S1), jurusan Teknologi Informasi (S1), jurusan Sistem Informasi (S1), lalu jurusan Rekayasa Industri (S1), Sistem Informasi Akutansi (D3), Sistem Informasi (D3 & S2), serta jurusan Teknologi Komputer (S1)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sika Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:34 WIB

Sika Indonesia Hadirkan Loyalty Program dengan Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah

Selama pandemi Covid-19, kinerja penjualan perusahaan bahan kimia untuk konstruksi dan industri asal Swiss, Sika Indonesia tetap stabil bahkan meningkat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan bisnis…

Peresmian kerja sama Jet Commerce Indonesia dengan UPFOS (Foto:Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:30 WIB

Dongkrak Bisnis E-commerce di Indonesia, Jet Commerce Jalin Kerja Sama dengan UPFOS

Perusahaan e-commerce enabler, Jet Commerce Indonesia secara resmi mengumumkan kerja sama dengan perusahaan layanan e-commerce, UPFOS.

Event Sport Tourism (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:30 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Wisata, Sandiaga Uno Dorong Kepala Daerah Hadirkan Event

Sebagai upaya membangkitakan ekonomi dan membuka lapangan kerja di daerah masing-masing melalui sektor pariwisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kepala…

Aplikasi Mekari

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:23 WIB

Kenapa Software SAP Terlengkap Itu Penting? Berikut Ulasannya

Di zaman yang modern ini, hampir semua perusahaan berskala besar ataupun kecil (UMKM) sudah menggunakan software SAP terlengkap. Karena sistem ini mampu mengintegrasikan dengan mengelola sebuah…

PT Quty Karunia sebagai salah satu pabrik tekstil untuk produk soft toys IKEA menggunakan PLTS Atap dalam kegiatan operasionalnya sebagai bentuk implementasi energi baru terbarukan

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:08 WIB

Keren! Salah Satu Pabrik Tekstil yang Memproduksi Produk IKEA Beralih Menggunakan Energi Terbarukan

Jakarta - Sebagai salah satu pabrik tekstil yang memproduksi soft toys untuk perusahaan ritel home furnishing IKEA Indonesia, PT Quty Karunia (Quty) telah memasang PLTS Atap di pabriknya yang…