Urai Kemacetan Arus Balik, Pemerintah Tengah Godok Perpanjangan Libur Sekolah

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Mei 2022 - 09:35 WIB

Ilustrasi anak sekolah
Ilustrasi anak sekolah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah saat ini tengah menyiapkan strategi dalam menghadapi arus balik mudik Lebaran 2022. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksikan bahwa puncak arus balik mudik terjadi pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5) mendatang.

Sementara itu, libur sekolah di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar) diketahui diperpanjang selama tiga hari. 

Atas hal ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan bahwa perpanjangan masa libur sekolah itu diberikan demi membantu mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.

"Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)," tutur Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristanto dalam keterangannya di Jakarta (5/5).

Lebih lanjut, Anang mengatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Pemprov DKI, Jabar, dan Banten untuk memundurkan jadwal masuk sekolah. Sehingga diputuskan bahwa siswa di ketiga provinsi tersebut baru akan kembali masuk sekolah pada 12 Mei, yang sedianya pada 9 Mei 2022.

Anang menambahkan bahwa selanjutnya Pemprov akan berkoordinasi dengan pemerintah di kabupaten/kota masing-masing. Ia menyebut bahwa keputusan tersebut masih akan terus disosialisasikan.

"Lebih lanjut, pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing," jelas Anang. 

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten telah memundurkan jadwal masuk sekolah tingkat SMA-SMK yang sedianya 9 Mei menjadi 12 Mei 2022. Hal ini dilakukan berdasarkan dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran.

"Ini kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI, Banten, Jateng, enggak tahu yang lain ya," beber Kepala Dindikbud Banten, Tabrani kepada detikcom, Rabu (4/5). 

"Pak Dirjen mengarahkan agar masuknya diundur menjadi tanggal 12 Mei, ini dimaksudkan untuk mengantisipasi padatnya arus balik," terangnya.

Tabrani pun berharap dengan begitu, akan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Selain tingkat SMA-SMK, kebijakan tersebut juga berlaku untuk siswa SD dan SMP. 

Menurutnya, ia sudah menyampaikan informasi perpanjangan libur tersebut kepada dinas terkait karena arahan dari kementerian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Payroll

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:03 WIB

Apa Saja Kriteria Payroll System Indonesia yang Bagus dan Efektif? Berikut Ulasannya

Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya.…

Ilustrasi Pajak

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:42 WIB

8 Pajak Penghasilan yang Wajib Dibayar dan Dilaporkan Secara Online

Di negara manapun, termasuk Indonesia, pajak dapat memberikan kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan pajak, masyarakat bisa menikmati infrastruktur mulai dari jalan, terminal, stasiun,…

Direktur Utama Yoshihiro Kobi mengatakan sepanjang kuartal I-2022, perseroan telah berhasil mencapai 41%

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:41 WIB

Ekonomi Mulai Pulih! Bekasi Fajar Optimistis Akan Penjualan Lahan Industri

Jakarta - PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) pada tahun ini menargetkan marketing sales lahan industri seluas 20 hektar dengan harga rata-rata penjualan Rp2,7 juta-3,5 juta/m2.

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:03 WIB

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi…

Penari Bali (Dok. Kemenparekraf)

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:30 WIB

5 Negara dengan Wisman yang Paling Banyak Mengunjungi Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan terdapat lima negara yang banyak menyumbang kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris,…