Smesco - KemenKopUKM Gelar ‘Telkomsel Pasar Nusa Dua’ Dongkrak Ekspor Komoditi Unggulan

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Mei 2022 - 07:30 WIB

Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata
Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata

INDUSTRY.co.id - Bali – Sebagai pendukung pelaksanaan Presidensi G20 yang siap digelar di Bali, Indonesia, Smesco Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menyelenggarakan aktivasi inisiatif pertama dari Presidensi G20 yaitu event “Telkomsel Pasar Nusa Dua” bertempat di Bali Collection, Kawasan ITDC Nusa Dua Bali. 

Event yang akan berlangsung selama tiga hari di akhir pekan yaitu 6-8 Mei 2022 ini, mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para stakeholders utama yaitu PT Telkomsel (Persero), PT. HM Sampoerna Tbk, dan Bizhare, serta komunitas dan pegiat UKM di Indonesia Wilayah Timur. 

Smesco Indonesia juga menggaet The Brightspot Market, Bali-Based Enterpreneur Network, Bali Initiative Hub, dan BEDO dalam penyelenggaraannya. 

Event Telkomsel Pasar Nusa Dua dihadiri dan mendapatkan apresiasi tinggi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Menteri Koperasi dan UKM. Diharapkan event ini dapat menjadi benchmark kreatif event pemerintah dalam mendukung para UKM.

"Event ini merupakan sebuah gambaran atau mini showcase atas citra positif kebangkitan dan kemajuan dari teknologi, ekonomi, serta budaya Indonesia yang akan ditampilkan pada saat puncak Presidensi G20 nantinya," ucap Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam keterangan resminya (5/5/2022).

Hidupkan geliat Ekonomi Membumi, Telkomsel Pasar Nusa Dua akan menampilkan para UKM lokal yang memiliki narasi usaha ataupun produk yang Sustainable Development Goals (SDGs), dan Environment, Social, and Government (ESG) yang telah melalui proses kurasi dari kategori food village, retail market, music and art, serta sejalan dengan misi Indonesia pada Presidensi G20 yaitu untuk mendorong upaya kolektif dunia dengan mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan. 

Area Event akan terbagi menjadi empat bagian yang terdiri dari Pertama, Pop Up Restaurant Area yang dibangun dengan menggabungkan teknologi 3D printing oleh UKM Indonesia dan bamboo sebagai bahan konstruksinya, akan menyajikan berbagai makanan dengan konsep future food sebagai representasi dari project “Spice Up The World”.

Kedua, Pop Up Bar, menampilkan produk craft beer dan arak unggulan Bali. Ketiga, Exhibition Area, menampilkan berbagai produk representasi dari UKM unggulan dengan konsep future SME dan Ekonomi Membumi yaitu Tani, Saji, dan Seni. Keempat, Stage Area, menampilkan live music performance dari musisi Bal.

Lebih lanjut Direktur Utama SMESCO Indonesia, Leonard Theosabrata menambahkan, event Telkomsel Pasar Nusa Dua yang dilakukan di Bali ini juga merupakan salah satu rangkaian upaya pemerintah dalam mendukung sektor ekonomi melalui ekspor komoditi unggulan di Indonesia wilayah timur.

"Didukung dengan didirikannya Smesco Hub Timur yang juga berada di kawasan ITDC Nusa Dua Bali dan ekosistemnya yang berfungsi sebagai hub percepatan penyerapan komoditas wilayah timur agar go global melalui ekspor," tegasnya.

Kolaborasi apik dan saling mendukung antara Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Private Sector, Asosiasi, Komunitas, dan masyarakat, diyakini menjadi kunci keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…