Tanda WhatsApp Diretas dan Cara Mengatasinya

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 30 April 2022 - 18:51 WIB

Whatsapp (Ist)
Whatsapp (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan paling populer saat ini. Dari segi keamanan, pengembang WhatsApp terus meningkatkan aspek tersebut demi kenyamanan pengguna.

WhatsApp memiliki sistem verifikasi dua langkah untuk mengamankan akun pengguna dari peretasan.  Namun, apakah WhatsApp tetap bisa disadap?

Faktanya, ada orang yang sengaja melakukan aksi penyadapan akun WhatsApp. Modus kejahatan terbaru di WhatsApp yang kerap terjadi adalah penyadapan akun lewat dengan cara social engineering.

“Caranya, peretas akan login WhatsApp menggunakan nomor pengguna, kemudian akan mengelabui pengguna lewat pesan agar mau mengirimkan kode OTP. Apabila pengguna mengirimkan kode tersebut, maka akun WhatsApp miliknya akan diambil alih oleh peretas,” demikian ulasan pada laman careercenter.id.

Kode OTP itu terdiri dari enam digit angka dan huruf yang dikirimkan ke nomor pengguna lewat SMS. Fungsinya agar dapat melakukan verifikasi akun saat login ke aplikasi WhatsApp.

Dengan mengirimkan kode OTP itu ke peretas, akun pengguna secara otomatis akan log out dari perangkatnya. Kemudian, peretas bisa melakukan login pada perangkat mereka. Lalu, akun yang diambil alih itu pun bisa disalahgunakan oleh peretas.

Maka, saat akun WhatsApp diambil alih peretas atau disadap, penting bagi Anda untuk segera mengetahuinya. Berikut cara mengetahui WhatsApp disadap dengan mengamati ciri-ciri sebagai berikut:

- Akun WhatsApp terlihat aktif di perangkat asing. Saat terhubung ke WhatsApp versi web, Anda bisa memeriksa perangkat mana saja yang tertaut dengan akun tersebut pada opsi “Perangkat Tertaut” di aplikasi WhatsApp ponsel.

- Terdapat pesan terkirim di WhatsApp yang bukan dibuat oleh Anda

- Pesan di WhatsApp tiba-tiba terbaca tapi bukan Anda yang melakukannya

- Terdapat SMS masuk berisi kode OTP yang digunakan untuk login WhatsApp, padahal akun WhatsApp Anda telah aktif

- Profil akun WhatsApp berubah sendiri, berbeda dengan pengaturan Anda. Perubahan ini bisa diperiksa lewat menu “Pengaturan” Whatsapp dan klik ikon profil. Apabila nama akun berubah padahal Anda tidak menggantinya, bisa jadi WhatsApp Anda telah disadap dan diganti profilnya.

- Akun WhatsApp tiba-tiba logout dengan sendirinya, padahal Anda sedang tidak melakukan pengaturan untuk mengeluarkan akun tersebut.

Itulah tanda-tanda akun WhatsApp Anda disadap. Jika Anda menjumpai ciri-ciri tersebut, maka dapat dipastikan bahwa akun WhatsApp Anda telah diretas oleh orang asing yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengatasi WhatsApp Diretas
Ada dua cara yang bisa Anda lakukan bila menjumpai akun WhatsApp Anda telah diretas oleh seseorang. Berikut penjelasannya :

Menginstal Ulang WhatsApp
Saat akun WhatsApp Anda tiba-tiba logout dari perangkat, yang bisa Anda lakukan adalah untuk menginstal ulang aplikasi. Caranya hapus aplikasi WhatsApp, lalu unduh dan instal kembali.

Saat membuka WhatsApp, login dengan nomor WhatsApp yang sudah diretas tadi. Anda akan diminta verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor tersebut.

Apabila kode OTP itu telah digunakan oleh peretas untuk login ke akun WhatsApp Anda, maka kemungkinan Anda harus menunggu dulu hingga 12 jam agar mendapat kode OTP baru.

Setelah memasukkan kode OTP dan login, maka akun dianggap telah pulih. Tapi, apabila gagal, Anda masih bisa melaporkan kejadian akun WhatsApp disadap ke alamat email dukungan WhatsApp.

Laporkan ke email Dukungan WhatsApp
Anda bisa melaporkan peretasan pada akun WhatsApp Anda tersebut melalui email ke [email protected]. Anda harus menyampaikan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana akun diretas.

Selanjutnya, tim WhatsApp akan melakukan investigasi laporan Anda untuk mengidentifikasi pola peretasan. Semakin cepat Anda melapor maka proses pemulihan akun WhatsApp juga bakal berjalan dengan cepat.

Untuk menghindari masalah tersebut, jangan lupa mengaktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah. Fitur tersebut akan memberikan pengamanan ekstra saat ada orang yang berniat masuk menggunakan akun Anda, dengan memasukkan pin tambahan berisi enam digit angka.

Fitur ini dapat Anda aktifkan di dalam opsi "Akun" pada menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, Anda bakal diminta untuk memasukkan pin pengaman tambahan selain kode OTP, saat hendak login akun di WhatsApp.

Demikian cara mengatasi WhatsApp yang diretas, semoga bermanfaat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…