Agar Mudik Aman, Menparekraf Imbau Masyarakat Gunakan Moda Transportasi Berizin Resmi

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 29 April 2022 - 13:30 WIB

Ilustrasi Mudik Naik Mobil Bersama Keluarga (Shutterstock)
Ilustrasi Mudik Naik Mobil Bersama Keluarga (Shutterstock)

INDUSTRY.co.id - Libur lebaran dan mudik 2022 menjadi momentum yang kuat dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi. Untuk itu perlu moda transportasi atau kendaraan yang digunakan juga harus aman mengantar pemudik sampai ketempat tujuan.

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat yang hendak pulang kampung atau mudik dapat menggunakan moda transportasi yang berizin resmi, agar libur lebaran dan mudik 2022 tetap aman dan sehat.

"Jika ada sesuatu hal yang negatif terkait pariwisata pasti kebanyakan mengenai bus pariwisata yang mengalami kecelakaan. Itu menjadi tanggung jawab moril kami. Karena 70 persen bus-bus pariwisata tersebut menggunakan logo ‘Wonderful Indonesia’. Untuk itu, kami akan menyosialisasikan SPIONAM ini lebih masif dan kami mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi," jelas Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan portal  SPIONAM (Sistem Sistem Informasi Perizinan Portal Angkutan dan Multimoda) yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. 

SPIONAM tersebut untuk mencegah maraknya angkutan ilegal (tidak berizin) yang beroperasi di jalanan. Sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memilah angkutan pariwisata yang aman dan nyaman karena sudah memiliki izin resmi.

"Momentum mudik lebaran 2022 dipilih sebagai waktu yang tepat untuk mengenalkan  SPIONAM kepada masyarakat dan juga pelaku industri khususnya di bidang angkutan transportasi wisata," ujar dia.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, perlu kerja sama yang baik dengan seluruh sektor agar momentum mudik Lebaran 2022 ini dapat dimanfaatkan dengan baik, namun tetap dalam kerangka "Mudik Aman dan Sehat" mengingat situasi pandemi yang belum usai.

"Kami juga berkolaborasi dengan mitra seperti Traveloka, Xplorin, dan Enesis dalam menyiapkan 15 titik posko mudik #diIndonesiaAja mulai dari Lampung hingga Jawa Timur, yang diharapkan dapat menjadi tempat relax corner atau tempat peristirahatan para pemudik sebelum melanjutkan perjalanannya," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…