Bukan Pameran Wisata Biasa, IITCEF 2022 Hadirkan Beragam Produk Ekonomi Kreatif Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 29 April 2022 - 12:30 WIB

Peluncuran Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Peluncuran Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian serta pariwisata, Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 siap digelar. 

Acara yang diselenggarakan pada 11 hingga 13 Agustus 2022 di The Kasablanka Hall Jakarta, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan ini merupakan serangkaian dari KTT G20 Spirit. Perhelatan ini diprakarsai oleh PATA Indonesia, ASITA, TRANS EVENT, dan GlobalExhibit.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutannya secara daring mengungkapkan acara ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta saya mengapresiasi peluncuruan IITCEF 2022. Saya berharap acara ini dapat terus berkoordinasi dengan pemerintah dan berharap akan membantu kebangkitan ekonomi. 

"Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan nilai tambah pada industri ekonomi kreatif dan mmebantu mensejahterakan masyarakat," ujar Sandiaga, Kamis (28/4/2022).

CEO GlobalExhibit Grace Sabandar mengungkapkan acara berskala internasional mengusung tema Recover Together, Recover Stronger yang merupakan tema besar dari Presidensi G20 Indonesia.

"Kami akan melibatkan tidak saja negara-negara anggota G20, tetapi juga negara lain untuk berpartisipasi baik dalam pameran, forum diskusi, dan lain-lain," jelas Grace dalam pelucnuran Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 di Wayang Bistro, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022)

Lebih lanjut, Rusmiati Ketua Umum DPP ASITA mengatakan IITCEF berbeda dengan travel fair pada umumnya yang menawarkan destinasi. Di IITCEF ini juga menyuguhkan produk ekonomi kreatif lainnya seperti musik, film, serta fesyen. 

"Kami melibatkan tidak saja anggota kami yang berjumlah lebih dari 7 ribu pengusaha tours & travel, tapi kami juga dalam proses untuk bekerja sama dengan berbagai asosiasi lain yang berhubungan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Selain itu, Rusmiati juga menjelaskan pihaknya juga akan mempersiapkan peserta dari 34 provinsi di Indonesia serta melibatkan 33 asosisai di bidang pariwisata.

"Yang utama itu price, satu paket keseluruhan yang terdiri dari pesawat, hotel, restoran, dan souvenir paling tidak diskon 20 hingga 30 persen. Sementara kalau hotel lebih mudah bahkan sampai 50 persen," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Iko Wisprantoko Direktur Utama Trans Event mengatakan acara ini bukan travel fair biasa, karena di dalamnya akan ada berbagai kegiatan menarik, seperti penandatanganan MoU dengan para stakeholders, keterlibatan pelaku ekonomi kreatif seperti fesyen, film, serta kuliner.

"Kita hadir sebagai fasilitator untuk pengguna jasa atau orang-orang yang terpuruk untuk bisa bangkit, serta menghidupkan industri kreatif di Indonesia yang terpuruk selama dua tahun," timpal Iko.

"Kami senang sekali mendapat dukungan Manajemen The Kasablanka dalam penyelenggaraan event kami dari mulai kickoff press conference sampai dengan acara berlangsung di tanggal 11-13 Agustus nanti," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…