Berkat Penerapan Strategi yang Akurat, Laba Bersih ROTI Berhasil Tumbuh 55,7%YoY

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 April 2022 - 11:01 WIB

Sari Roti
Sari Roti

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. (ROTI) mencatatkan kinerja cemerlang 1Q/2022 dengan perolehan Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada Pemilik entitas induk sebesar Rp88,3 miliar setara dengan pertumbuhan 55,7% dibandingkan periode sama tahun 2021.

Capaian ini memungkinkan karena terapan strategi penambahan kapasitas produksi serta perluasan sebaran distribusi yang terbukti akurat untuk Perseroan memecahkan rekor penjualan bahkan di tengah pandemi Covid-19.

Penjualan 1Q/2022 tercatat sebesar Rp908,9 miliar atau meningkat 15,5% YoY sekaligus menjadi prestasi tertinggi sejak Perseroan berdiri 27 tahun lalu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, emiten produsen roti dengan merek “Sari Roti” ini dalam 5 (lima) tahun terakhir telah membangun 4 (empat) pabrik baru yang berlokasi di Batam, Gresik, Balikpapan dan Banjarmasin sehingga total kapasitas produksi naik jadi 5,1 juta potong roti per hari serta memperkuat jaring distribusi ke seluruh Indonesia.

“Hasilnya langsung dirasakan dengan pertumbuhan signifikan Penjualan dari Wilayah Barat dan Timur masing-masing 20,7% dan 19,1%. Sedangkan Wilayah Tengah, sebagai kontributor Penjualan terbesar, pada 1Q/2022 tetap mampu membukukan peningkatan sebesar 12,4%,” kata Arlina Sofia, Direktur Perseroan yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (27/4/2022).

Kinerja cemerlang 1Q/2022 juga didukung oleh peningkatan efisiensi produksi yang tercermin pada Marjin Laba Kotor yang mampu dipertahankan pada kisaran 52,1% ditengah lonjakan harga-harga bahan baku.

Perseroan juga senantiasa meningkatan produktifitas operasional hingga mampu meraih Marjin Bersih 1Q/2022 sebesar 9,7% atau melonjak dari hanya 7,2% pada periode yang sama tahun lalu.

Kemudian untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan (sustainable growth), Perseroan menargetkan pembangunan pabrik ke-15 di Pekanbaru dapat selesai pada penghujung tahun 2022.

Sebagaimana tercatat dalam Laporan Keuangan 1Q/2022 Perseroan telah merealisasikan Belanja Modal sebesar Rp44,4 miliar, atau penyerapan 29,6% dari total Rp150 miliar yang dianggarkan tahun ini.

“Industri roti segmen mass-produced masih sangat prospektif dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi produk serta menerapkan strategi bisnis yang tepat, agar senantiasa dapat melayani lebih banyak lagi konsumen setia Sari Roti, menghadirkan produk-produk unggulan kami untuk keluarga Indonesia.” tutup Arlina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…