DBS Indonesia Raih Peringkat Kedua Bank Terbaik Dunia Tahun 2022

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 April 2022 - 18:53 WIB

Bank DBS Indonesia (Photo by DBS Bank)
Bank DBS Indonesia (Photo by DBS Bank)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bank DBS Indonesia kembali memasuki jajaran Bank Terbaik Dunia versi Forbes pada tahun 2022 dan menduduki posisi kedua untuk kategori bank di Indonesia. Ini menjadi kali ketiga Bank DBS Indonesia mendapatkan penghargaan yang sama setelah sebelumnya dinobatkan sebagai Bank Terbaik Dunia tahun 2020 di peringkat kedua, dan Bank Terbaik Dunia 2021 di peringkat pertama. 

Riset ini merupakan hasil kerja sama antara Forbes dengan firma riset pasar Statista melalui survei terhadap lebih dari 45.000 nasabah dari 27 negara dalam 14 bahasa. Penilaian ini didasarkan pada kepuasan umum sebagai metrik utama serta meneliti pendapat dan hubungan nasabah dengan perbankan. Selain itu, biaya, layanan digital, kepercayaan, serta saran keuangan turut menjadi tolok ukur. 

“Sebuah kehormatan bagi kami untuk menduduki peringkat kedua predikat Bank Terbaik Dunia atas seluruh upaya kami dalam memberikan pengalaman perbankan yang menyenangkan bagi nasabah, sekaligus menciptakan dampak positif bagi masyarakat luas melalui ragam program keberlanjutan kami. Pencapaian ini menjadi pendorong bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas serta jangkauan dampak untuk turut andil dalam menciptakan dunia yang lebih baik lagi.” kata Presiden Direktur, PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (26/4/2022).

Memiliki prinsip “Live More, Bank Less”, seluruh keberhasilan Bank DBS Indonesia akan senantiasa menjadi motivasi dalam meningkatkan pelayanannya serta mendukung transformasi digital yang diusung, termasuk aplikasi digibank by DBS, DBS Treasures, digiCC (kartu kredit digiCC), serta layanan lainnya.

Kontribusi terhadap transformasi digital di Indonesia ini telah dilakukan Bank DBS Indonesia sejak 2017 yang terangkum dalam kampanye This is DBS digibanking (TIDD) sebagai solusi perbankan digital untuk mempermudah nasabah dalam mengakses tabungan, pembuatan kartu kredit, pinjaman, hingga investasi baik untuk nasabah perorangan, korporasi, maupun UMKM. 

Sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan positif (purpose-driven bank), Bank DBS Indonesia memiliki kepedulian akan isu-isu sosial serta keberlanjutan (sustainability) yang terbagi menjadi tiga pilar, yaitu: Responsible Banking, Responsible Business Practice, dan Creating Social Impact.

Tidak hanya mengedepankan layanan yang dimiliki, Bank DBS Indonesia juga turut mengambil bagian dalam menciptakan dampak positif secara sosial dan lingkungan. Berbagai prakarsa Bank DBS Indonesia di antaranya menghadirkan produk investasi berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG), menjalankan bisnis yang lebih bersifat berkelanjutan, serta secara aktif mendukung tumbuh kembang wirausaha sosial di Indonesia melalui tiga pendekatan Championing Social Enterprise yakni, advocate, nurture, dan integrate.

Pada 2022, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk semakin mengembangkan layanan-layanan yang sudah ada sekaligus menggali peluang inovasi baru seiring dengan terbukanya ruang bagi bank digital dan meningkatnya pengetahuan masyarakat akan digital banking.

“Dengan proses digitalisasi, perbankan akan terus menerus berevolusi guna mengantisipasi kebutuhan nasabah dan pasar. Menyadari hal tersebut, kami berkomitmen untuk membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak dan mengedukasi nasabah guna meningkatkan kepercayaan dan rasa aman terhadap bank digital. Selain itu, kami akan berupaya memberikan layanan perbankan yang semakin mudah atau semakin “invisible” sehingga adopsi perbankan digital masyarakat Indonesia semakin meningkat,” jelas Paulus.

Hal ini diwujudkan melalui beberapa program seperti kampanye Wealth Democratization yang memungkinkan nasabah untuk mulai berinvestasi reksa dana hanya dengan Rp100.000, serta deposito dan obligasi mulai dari Rp1.000.000.

Selain itu, terdapat program kerelawanan People of Purpose yang memberikan edukasi keuangan bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan literasi keuangan, terutama bagi kaum milenial. Diharapkan melalui program-program ini, Bank DBS Indonesia dapat senantiasa menjadi bank yang inovatif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.