Hilir Mudik Semakin Ramai, Dompet Dhuafa dan PT Reska Bagikan Paket Berbuka untuk Para Porter Stasiun

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 April 2022 - 14:11 WIB

Dompet Dhuafa dan PT Reska Bagikan Paket Berbuka untuk Para Porter Stasiun
Dompet Dhuafa dan PT Reska Bagikan Paket Berbuka untuk Para Porter Stasiun

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Hilir mudik masyaralat Indonesia pada Ramadan 1443 ini sudah kembali ramai usai 2 (dua) tahun pelarangan mudik sebab tingginya kasus pandemi. Ramadan kini, baik pagi, siang maupun malam, suasana stasiun kereta selalu saja ramai. Ramadan pun sudah kembali menjadi ladang menyemai kebaikan. 

Maka itu, Dompet Dhuafa bersama dengan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia, PT Reska Multi Usaha, tak kalah menggelar aksi kebaikan berbagi paket makanan berbuka untuk para porter di stasiun-stasiun KAI. Paket makanan ini terdiri dari menu makanan yang biasa disediakan oleh PT Reska di gerbong restorasi kereta.  

Pada Jumat (22/4/2022), tim Dompet Dhuafa dan PT Reska membagikan 110 paket makanan kepada para porter yang berada di Stasiun Gambir. Hari esoknya, Sabtu (23/4/2022), 90 paket makanan dibagikan di Stasiun Pasar Senen. Kemudian pada Senin kemarin (25/4/2022), bagi-bagi makanan kepada porter berlanjut di Stasiun Tugu Yogyakarta sebanyak 100 paket. 

Eva Junia Kartika, Vice President Sales on Train PT Reska Multi Usaha (KAI Services) menyampaikan, keberadaan porter sudah tidak asing pagi para pemudik yang menggunakan moda kereta di setiap stasiun. Keberadaan porter ini untuk membantu para penumpang mengangkut barang. Namun selama 2 (dua) tahun belakangan harapan mereka dalam mencari nafkah terpasung pandemi hingga ada yang sampai berhenti sementara karena sepinya penumpang yang bepergian.

"Kami ingin mendekatkan para petugas KAI, para porter dan para pelanggan. Kami sudah lama memiliki hubungan baik dengan Dompet Dhuafa sebagai mitra kebaikan. Maka melalui Dompet Dhuafa, kami ajak para pelanggan untuk ikut peduli terhadap ssalah satu profesi yang mungkin banyak yang mengesampingkan, yaitu porter stasiun. Mereka ini bukan lah karyawan yang memiliki gaji, melainkan digaji atas upah dari para penumpang yang memakai jasa mereka. Dengan kegiatan ini, kami berharap banyak masyarakat yang memiliki perhatian kepada para porter stasiun," jelas Eva, Jumat (22/4/2022) jelang mendistribusikan paket makanan makanan kepada para porter di stasiun Gambir, Jakarta.

Dian Sukma Riany selaku Corporate Partnership Dompet Dhuafa mengatakan, Dompet Dhuafa sangat senang sekali dapat kembali berkolaborasi dengan KAI pada Ramadan kali ini. Menurutnya, pada setiap Bulan Ramadan, Dompet Dhuafa memang selalu aktif memberikan kepedulian kepada para porter di stasiun. Jasa mereka untuk membantu kelancaran para pemudik sesungguhnya begitu besar dibanding dengan upahnya yang tak seberapa. Bagi-bagi paket makanan ini juga sebagai bentuk apresiasi Dompet Dhuafa dan KAI atas dedikasi mereka.

Dengan adanya aksi berbagi makanan ini, para porter pun mengaku sangat senang. Dengan antusias, saat pembagian makanan, mereka dengan kompak dan sangat rapi bergegas mengampiri tim Dompet Dhuafa dan PT Reska untuk berbuka bersama. Raut muka tersenyum mereka pun tak bisa tertutupi meski memakai masker.

Salah satu porter di stasiun Gambir dengan nomor 102, Usup H mengucapkan terima kasih mewakili rekan-rekannya. Menurutnya, hal semacam ini jarang adanya apalagi selama 2 tahun terakhir ini saat pandemi.  

“Terima kasih Dompet Dhuafa dan PT Reska yang telah berbagi bersama kami. Mudah-mudahan menjadi berkah untuk semua yang terlibat,” ucapnya.

Selain Dompet Dhuafa dan PT Reska, beberapa komunitas lain pun turut mengambil peran. Di antaranya adalah kawan-kawan dari Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Jabodetabek dan Komunitas Railfans, perkumpulan para pecinta kereta api. Mereka turut andil dalam kepedulian ini dengan membagikan secara teratur paket makanan kepada para porter. 

“Ini adalah aksi yang sangat bagus, karena porter ini adalah para tenaga tanpa upah. Saya yakin paket makanan ini sangat membantu mereka, setidaknya mengurangi biaya mereka untuk makan,” terang Romulus, Koordinator Railfans Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.