Tips: Simak, Begini Cara Merawat Mobil Xenia yang Tepat!

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 April 2022 - 15:05 WIB

Ilustrasi mobil Xenia
Ilustrasi mobil Xenia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mobil Xenia merupakan salah satu tipe mobil yang sangat umum dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakat terutama bagi pengguna aplikasi bengkel mobil. Selain tampilannya yang elegan, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya diminati oleh kebanyakan orang mulai dari kalangan menengah hingga kalangan atas.

Sekilas, bentuk mobil Xenia sangat mirip dengan Avanza. Dan, cara merawat mobil Xenia sebenarnya juga tidak begitu sulit. Bagi pengguna mobil Xenia tentu harus memahami cara merawat mobil Xenia dengan tepat agar mobil tetap nyaman digunakan hingga jangka waktu yang lama.

Bagaimana langkah perawatan mobil Xenia yang tepat? Tim dilapangan berhasil mewawancari Helda sihombing selaku content manager dari perusahaan otoklix. Otoklix adalah perusahaan startup yang memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna otomotif, secara khusus mobil.

“Mobil Xenia adalah mobil sejuta umat. Disatu sisi akan memberikan dampak yang baik karena kemudahan dalam merawat. Namun jika salah langkah, tentnunya akan memberikan efek yang tidak baik.” kata Helda Sihombing yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (25/4/2022).

Seperti Ini Cara Merawat Mobil Xenia yang Tepat Agar Mesin Tetap Awet

1. Kenali dan Periksa Bagian Laher Roda, Ball Joint, dan Tie Root Pada Mobil Xenia
Cara merawat mobil Xenia ketika kamu mendengar adanya bunyi yang tidak normal yang berasal dari bagian bawah mobil, adalah memeriksa ketiga komponen mobil, yaitu kondisi laher roda, ball joint, serta bagian tie root.

Jika terjadi kerusakan pada salah satu dari ketiga komponen mobil Xenia tersebut, maka akan ditandai dengan timbulnya bunyi yang asing dan cenderung mengganggu dari arah bawah mobil. Dengan memeriksa ketiga bagian itu, kamu dapat segera mengganti part yang rusak agar tidak mengganggu komponen lainnya dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

2. Mengganti Oli Gardan dan Perseneling dengan Tepat Waktu
Sama seperti mobil lainnya, mengganti oli gardan dan juga persneling merupakan cara merawat mobil Xenia yang wajib dilakukan dengan tepat waktu. Idealnya, rutinitas penting ini sebaiknya dilakukan setiap kali mobil sudah menempuh perjalanan hingga 40.000 kilometer.

Atau, bila mobil jarang digunakan, maka pergantian oli gardan bisa dilakukan dengan maksimal jangka waktu 2 tahun. Namun, apabila penggunaan mobil kamu terbilang cukup berat dan intensitasnya sangat tinggi, maka kamu sebaiknya menggantinya dalam batas jarak tempuh 20.000 kilometer saja, terutama pada perseneling.

3. Merawat Bagian Interior Mobil dengan Maksimal
Cara merawat mobil Xenia tentu tidak terlepas dari tampilan bagian interior mobil tersebut. Bagian interior mobil yang dirawat dengan baik dan maksimal menambah kenyamanan saat mengendarainya dan meskipun mungkin mobil tersebut sudah lama dibeli namun akan terkesan seperti selalu baru.

Salah satu cara merawat interior mobil Xenia adalah dengan memilih bahan dan warna jok yang tepat dan nyaman. Ini berarti kamu harus pintar memilih jenis bahan jok yang tidak mudah kotor sekaligus mudah pula dibersihkan. Juga, ketepatan dalam memilih warna jok mobil akan menambah tampilan elegan terhadap bagian interior mobil sehingga nyaman untuk dipandang. Dan, yang tidak kalah penting yaitu mengutamakan kebersihan dan gunakan pengharum mobil yang tepat.

4. Memeriksa Kondisi Radiator Mobil Secara Rutin
Nah, cara merawat mobil Xenia kamu supaya mesin tidak mudah panas atau mengalami overheat adalah dengan memeriksa bagian radiator mobil secara berkala sesuai kebutuhan.

Radiator pada mobil Xenia bertugas menjaga kestabilan temperatur suhu mesin mobil agar tetap dingin. Ketika mesin mobil kamu gampang sekali panas, maka dapat dipastikan terjadi kerusakan atau masalah pada bagian radiator. Misalnya, bisa jadi terdapat kebocoran pada tangki ataupun selang, air radiator yang sudah kotor, atau mungkin terdapat komponen yang sudah berkarat dan wajib diganti.

5. Melakukan Service Mobil Xenia dengan Tepat Waktu
Tips terakhir ini merupakan cara merawat mobil Xenia yang paling wajib dilakukan jika kamu ingin mesin mobilmu tetap awet dan nyaman digunakan. Sesuai anjuran yang disarankan, perawatan mobil Xenia ini perlu dilakukan setiap jarak tempuh kendaraan tersebut mencapai 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan sekali.

Mobil Xenia yang jarang diservis, bahkan bisa jadi tidak dibawa service untuk jangka waktu yang lama, sangat rentan mengalami kerusakan. Pada awalnya mungkin ditandai dengan suara mesin yang terdengar kasar, timbul getaran yang tidak biasa hingga mesin mobil sulit dinyalakan.

Untuk memilih bengkel yang tepat dalam melakukan perawatan service berkala terhadap mobil Xenia kesayanganmu, kamu bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi bengkel mobil, Otoklix. Seluruh mekanik di bengkel mobil terpercaya tersebut sudah terjamin berpengalaman dan sangat memahami bagaimana cara merawat mobil Xenia supaya tetap nyaman dan aman dikendarai.

Tidak hanya service mobil saja, layanan perawatan mobil Xenia lainnya juga bisa kamu temukan di Otoklix dengan biaya yang terbilang jauh lebih hemat dibandingkan dengan bengkel resmi pada umumnya. Misalnya, ganti ban mobil, cuci mobil, detailing, hingga perbaikan mesin ringan maupun berat bisa dengan mudah kamu jadwalkan melalui booking online dan bisa bayar langsung di bengkel.

Demi memberikan layanan yang lebih baik serta memberikan customer journey dan experience yang lebih baik kepada konsumen maupun mitra bengkel, Otoklix resmi meluncurkan website versi terbaru. Pembaruan website Otoklix ini dilakukan di semua sisi baik User Interface (UI), User Experience (UX), System, dan juga Content.

Untuk merayakan hadirnya website baru Otoklix ini, perusahaan mengadakan promo PAKOTO, yaitu Pakai Aplikasi Otoklix. Semua pengguna aplikasi Otoklix bisa mendapatkan diskon voucher sebesar Rp150 ribu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…

Bank DKI Raih Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:24 WIB

Bank DKI Raih Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jakarta-Bank DKI berhasil mendapatkan apresiasi yang membanggakan dengan menempatkan diri sebagai Bank Pembangunan Daerah yang berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah.