BMKG dan Len Industri Jalin Kerja Sama Industrialisasi 9 Peralatan Operasional Utama

Oleh : Hariyanto | Minggu, 24 April 2022 - 18:18 WIB

BMKG dan Len Industri Jalin Kerja Sama Industrialisasi 9 Peralatan Operasional Utama
BMKG dan Len Industri Jalin Kerja Sama Industrialisasi 9 Peralatan Operasional Utama

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan PT Len Industri (Persero) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang proses industrialisasi produk pengembangan BMKG di Kantor BMKG, Jakarta, Jum’at (22/04/2022) kemarin.

Penandatanganan dilakukan oleh Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa & Jaringan Komunikasi BMKG, Muhamad Sadly dengan Direktur Bisnis & Kerja Sama Len, Wahyu Sofiadi dan disaksikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

"BMKG mendukung penuh instruksi Presiden Jokowi untuk merdeka sepenuhnya dari produk/barang impor. Penandatangan PKS ini tidak lain sebagai wujud upaya utk menegakkan kedaulatan bangsa kita, kedaulatan teknologi kita," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam keteranganya yangdikutipINDUSTRY.co.id, Minggu (24/4/2022).

Sementara itu, Direktur Bisnis & Kerja Sama Len, Wahyu Sofiadi  dalam sambutannya menyampaikan, PT Len Industri telah konsisten dan berkomitmen untuk mendukung BMKG dalam pembangunan layanan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi yang cepat dan akurat.

"Len juga berpengalaman sebagai mitra pemeliharan aloptama (alat operasional utama) BMKG selama bertahun-tahun.” lanjut Wahyu.

Terkait rencana kerjasama produksi dan komersialisasi sembilan (9) produk aloptama, PT Len Industri berkomitmen untuk ikut mensukseskan program ini bersama-sama dengan BMKG.

Sembilan produk strategis hasil penelitian dan pengembangan (Litbang) BMKG yang akan diproduksi dan dikomersialisasi bersama Len adalah, Alat Pengukur Intensitas Getaran Gempa Bumi/Intensity Meter; Sistem Pengamatan Cuaca Otomatis Bandara/Automatic Weather Observation System (AWOS); Sirine Peringatan Dini Tsunami Terintegrasi/Integrated Tsunami Sirene System (ITSS); dan Sistem Pengukur Tinggi Muka Air Laut Otomatis/Automatic Water Level (AWL).

Selanjutnya, Sistem Pemantau Cuaca Maritim Otomatis/Automatic Weather Station (AWS) Maritim; Peralatan Pengambilan Sampel Debu Rekayasa/High Volume Air Sampler (HVAS); Sistem Pengambil Sampel Air Hujan Otomatis Rekayasa/Automatic Rain Water Sampler (ARWS); Sistem Penakar Hujan Otomatis IoT/Automatic Rain Gauge (ARG); dan Instrumen PM2.5 dan PM10 REKAYASA/Particulate Matter (PM) 2.5 dan Particulate Matter (PM)10.

“Komitmen ini diperkuat dengan pengalaman PT Len Industri yang pernah bekerjasama dengan BPPT sebagai mitra fabrikasi ventilator hingga produk tersebut bisa dijual di e-katalog LKPP,” imbuh Wahyu.

Selama ini, Len dipercaya BMKG terlibat dalam pemeliharaan Sistem INATEWS, Sistem Monitoring Gempa Bumi dan Radar Cuaca milik BMKG sejak tahun 2006-an.

Dwikorita berharap, kerjasama dengan PT Len Industri ini dapat menjadikan produk teknologi karya anak bangsa semakin berkibar di level internasional dan melepaskan ketergantungan Indonesia akan produk impor.

"Saya yakin kerjasama ini akan semakin meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Khususnya dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika," pungkasnya.

Menurut Wahyu, pihaknya sangat mendukung rencana kerjasama produksi dan komersialisasi sembilan produk aloptama, sehingga dapat menjadi pelopor untuk 9 produk aloptama yang memiliki nilai TKDN.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut SVP Technology & Research Development Center Len Vicky Gita Siswaya, SVP Marketing & Sales Commercial Sector Len Asep Ukun Mulyana, Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno, Deputi Bidang Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi, serta Deputi Bidang Klimatologi BMG Urip Haryoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…