Singgung Peran Perempuan! Wamen Cantik Angela Tanoesoedibjo Ungkap Peningkatan 21 Juta Konsumen Digital Baru

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 23 April 2022 - 16:58 WIB

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo antusias ikut Gerakan Masker Kain
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo antusias ikut Gerakan Masker Kain

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menekankan peranan perempuan yang ditunjang dengan digitalisasi merupakan faktor penting dalam pembangunan bangsa.

Hal ini disampaikan Angela dalam Webinar Nasional dengan tema “Perempuan Menginspirasi dan Berdaya di Era Digital”, Kamis (21/4/2022) yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sumatra Selatan.

Angela menjelaskan, sepanjang tahun 2021, ekonomi digital Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Laporan ekonomi Southeast Asia 2021 menyebutkan sepanjang tahun 2020 dan paruh pertama 2021 terdapat peningkatan sebanyak 21 Juta konsumen digital baru.

Selain itu, Kementerian Perdagangan telah memprediksi ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi Rp 4.531 triliun di tahun 2030 dengan sektor e-commerce sebagai pendorong utama. Melihat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan potensi ke depannya, perempuan Indonesia perlu turut aktif berperan dalam meningkatkan literasi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Teknologi akan terus berkembang. Hari ini kita sudah melihat, permodalan jenis baru seperti Fintek, ada pula Hyper Targeting Marketing, atau promosi yang lebih customized, atau analisa big data yang bisa memberikan insight dan prediksi market yang lebih produktif lebih efisien bagi usaha kita. Lalu ada pula penggunaan AoT untuk mengumpulkan data, cloud, lockchain technology, NFT, serta Metaverse dan lain sebagainya," kata Angela.

Melihat perkembangan teknologi tersebut, Angela mengatakan, Kemenparekraf lewat program-programnya berkomitmen untuk meningkatkan literasi masyarakat, khususnya perempuan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Mengingat 64,5 persen UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan.

"Kemenparekraf terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan SDM dengan program upskilling, reskilling, dan entrepreneurship di sektor parekraf. Selain itu program onboarding dan pendampingan usaha ke platform digital juga kami lakukan agar membantu para pelaku usaha beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi dan menjadi siap berkompetisi di era digital," kata Angela.

Selain itu, Kemenparekraf juga mendukung para pelaku usaha dalam pelatihan manajemen bisnis khususnya dalam manajemen finansial, fasilitasi akses permodalan serta fasilitasi perlindungan HKI (hak kekayaan intelektual) sebagai kendala utama bagi pelaku usaha ekonomi kreatif.

Angela mengingatkan, teknologi akan terus berkembang sehingga literasi digital bagi perempuan ini menjadi sangat krusial. Bukan hanya di kota besar, tapi sampai ke pelosok negeri agar pemerataan ekonomi bisa terjadi.

"Saya yakin, dengan meningkatkan literasi digital bagi perempuan, keluarga Indonesia akan semakin sejahtera," ujar Angela.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.