Hingga Maret 2022, PT SMI Torehkan Peningkatan Nilai Pembiayaan dan Investasi Menjadi Rp 134,85 Triliun

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 23 April 2022 - 10:33 WIB

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad
Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) yang merupakan Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan, telah menutup akhir tahun 2021 dengan kinerja yang baik, dimana perusahaan mampu melaksanakan mandat yang diberikan oleh Kementerian Keuangan selaku Pemegang Saham meski dalam situasi yang penuh dengan tantangan dan keterbatasan akibat kondisi pandemi Covid-19.

Hingga Maret 2022, PT SMI telah menorehkan peningkatan pada nilai komitmen pembiayaan & investasi perusahaan menjadi sebesar Rp 134,85 triliun, serta nilai outstanding pembiayaan & investasi yang juga mengalami kenaikan menjadi sebesar Rp 78,96 triliun, atau masing-masing tumbuh sebesar 15,29% dan 11,52% secara YoY dibandingkan Maret 2021.

Sampai dengan Maret 2022, multiplier effect yang dihasilkan sebesar 5,58 kali dari komitmen dan 25,33 kali dari modal disetor. Selain itu, PT SMI juga hadir dalam mendukung pembiayaan kepada Pemerintah Daerah, termasuk penugasan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terhadap Pemerintah Daerah (PEN Pemda).

Lebih lanjut, sampai dengan Maret 2022 total outstanding pembiayaan kepada Pemerintah Daerah mencapai Rp 27,05 triliun dengan total nilai komitmen sebesar Rp 44,74 triliun, atau masing-masing meningkat sebesar 132,2% dan 69,35% secara YoY dari Maret 2021. Informasi ini disampaikan dalam kegiatan PT SMI Media Meet Up Tahun 2022, yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (21/04) oleh PT SMI yang menghadirkan jajaran Direksi perusahaan.

"PT SMI telah menutup tahun 2021 dengan baik sejalan dengan pemulihan ekonomi, dimana komitmen pembiayaan PT SMI mampu mencapai Rp 136 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 16,5%. Sebagai perusahaan pembiayaan pembangunan, PT SMI sampai dengan Maret 2022 telah mencatatkan pembiayaan kepada Pemerintah Daerah dengan nilai outstanding sebesar Rp 27,05 triliun atau pertumbuhannya setara dengan 132,2%. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas pembiayaan kepada Pemerintah Daerah menjadi sumber pertumbuhan di tengah situasi yang masih kurang menentu", ujar Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (23/4/2022).

Menajamkan peran sebagai Development Financial Institution (DFI), PT SMI juga berupaya mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai target Net-Zero Emission. Hal ini diwujudkan salah satunya melalui platform SDG Indonesia One (SIO) dengan terus mendorong sinergi dengan lembaga multilateral maupun filantropi untuk mendukung proyek-proyek pembangunan yang ramah lingkungan.

Salah satu fokus utama PT SMI adalah mendukung sektor energi terbarukan, dimana hingga Maret 2022 PT SMI telah membiayai 45 proyek climate-related dengan komitmen kumulatif senilai Rp 11,8 triliun dan nilai proyek senilai Rp 79,6 triliun.

Salah satu aksi nyata PT SMI pada awal tahun 2022 dalam rangka mendorong penyediaan infrastruktur hijau, yaitu melalui pemberian fasilitas pembiayaan pendukung obligasi/Credit Enhancement Facility (CEF) senilai Rp 750 miliar kepada PT Tamaris Hydro, dalam rangka pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM).

CEF sendiri ditujukan untuk mendukung PT Tamaris Hydro dalam menerbitkan obligasi perusahaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan instrument rating dan meningkatkan kepercayaan investor pada obligasi yang diterbitkan. PT SMI juga berkomitmen dalam mendukung kebijakan transisi energi yang sedang dirancang oleh pemerintah. Hal ini juga masuk di salah satu agenda prioritas pemerintah pada forum Presidensi G20 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17 WIB

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari…

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di sela-sela 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific

Jumat, 03 Mei 2024 - 08:45 WIB

Ini Jurus Wamenparekraf Dorong Peran Perempuan di Sektor Parekraf Dunia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong penguatan peran perempuan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif internasional,…

Mobil Banking Bank DKI

Jumat, 03 Mei 2024 - 07:46 WIB

Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai

Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI  gandeng komunitas Mini 4WD dalam memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile pada penyelenggaraan JakOne Mobile Indonesia Damper…