Peduli kepada Artis yang Sakit, DPP PARFI Adakan Pemeran Lukisan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 April 2022 - 12:20 WIB

DPP PARFI Adakan Pemeran Lukisan
DPP PARFI Adakan Pemeran Lukisan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Film Indonesia (DPP PARFI) menggelar ‘Pameran Lukisan Peduli Kasih Sesama.’ Acara tersebut berlangsung di Lobby Gedung Film Sapta Pesona, di Jl. MT. Haryono Kavling 47-48, Jakarta Selatan, 22 – 28 April 2022.

Pameran dibuka Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Ahmad Riza Patria, MBA, ditandai dengan acara buka puasa bersama, Jum’at 22 April 2022.

“Semua hasil penjualan karya lukisan akan disumbangkan kepada aktor dan aktris yang kini sedang sakit,” terang aktor senior Soultan Saladin, saat dijumpai di Sanggar Humaniora, Jatisampurna, Kota Bekasi, Kamis (21/04/2022).

Paska pandemic Covid-19  seperti saat ini, kata Saladin, banyak pekerja film yang terpuruk. “Jangankan yang sakit, yang sehat pun keadaanya serba minim karena lapangan pekerjaan buat mereka terbatas,” paparnya.

Pandemic Covid-19 mengganggu pertumbuhan produksi film serta satuan mata acara TV. Hal ini berimbas pada kinerja, produktifitas, dan penghasilan para sineas. Banyak pekerja film ‘collapse’ dan menjadi ‘orang miskin’ baru, atau setidaknya kurang mampu.

Namun harus diakui, kata Saladin lagi, walau para aktor, aktris, dan penggiat film kehidupannya serba minim, mereka tetap survival dan tak ingin merepotkan orang lain.

“Jadi justru kita yang harus membangun solidaritas. Dengan cara seperti ini kita menolong yang sakit. Walau mereka tak pernah teriak-teriak minta tolong,” tambahnya.

Beberapa aktor dan aktris masuk daftar penerima santunan dari hasil ‘Pameran Lukisan Peduli Kasih Sesama’ ini antara lain, Otig Pakis, Yani Timur, Gatot Subagya, Nani Tanjung, dan Sam Abede Pareno.

“Mereka adalah aktor dan aktris dedikatif yang selama ini telah menunjukkan dedikasinya,” kata aktor yang pernah memerankan tokoh Soekarno di film Gie (2005) ini.

Saladin berharap melalui DPP PARFI para anggota dapat terus membangun solidaritas dan kesetiakawanan sosial.

Pandemi, kata dia, merefleksikan banyak hal, degradasi mental, keterpurukan ekonomi, kerusakan ekologi, moralitas, dinamika politik, konspirasi kapitalis, dan lain-lain.

“Semua bentuk refleksi itu bermuara pada satu pertanyaan, solidaritas seperti apa yang perlu dibangun bersama pascapandemi. Saya kira DPP PARFI wajib ambil peran,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…