Peduli kepada Artis yang Sakit, DPP PARFI Adakan Pemeran Lukisan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 April 2022 - 12:20 WIB

DPP PARFI Adakan Pemeran Lukisan
DPP PARFI Adakan Pemeran Lukisan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Film Indonesia (DPP PARFI) menggelar ‘Pameran Lukisan Peduli Kasih Sesama.’ Acara tersebut berlangsung di Lobby Gedung Film Sapta Pesona, di Jl. MT. Haryono Kavling 47-48, Jakarta Selatan, 22 – 28 April 2022.

Pameran dibuka Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Ahmad Riza Patria, MBA, ditandai dengan acara buka puasa bersama, Jum’at 22 April 2022.

“Semua hasil penjualan karya lukisan akan disumbangkan kepada aktor dan aktris yang kini sedang sakit,” terang aktor senior Soultan Saladin, saat dijumpai di Sanggar Humaniora, Jatisampurna, Kota Bekasi, Kamis (21/04/2022).

Paska pandemic Covid-19  seperti saat ini, kata Saladin, banyak pekerja film yang terpuruk. “Jangankan yang sakit, yang sehat pun keadaanya serba minim karena lapangan pekerjaan buat mereka terbatas,” paparnya.

Pandemic Covid-19 mengganggu pertumbuhan produksi film serta satuan mata acara TV. Hal ini berimbas pada kinerja, produktifitas, dan penghasilan para sineas. Banyak pekerja film ‘collapse’ dan menjadi ‘orang miskin’ baru, atau setidaknya kurang mampu.

Namun harus diakui, kata Saladin lagi, walau para aktor, aktris, dan penggiat film kehidupannya serba minim, mereka tetap survival dan tak ingin merepotkan orang lain.

“Jadi justru kita yang harus membangun solidaritas. Dengan cara seperti ini kita menolong yang sakit. Walau mereka tak pernah teriak-teriak minta tolong,” tambahnya.

Beberapa aktor dan aktris masuk daftar penerima santunan dari hasil ‘Pameran Lukisan Peduli Kasih Sesama’ ini antara lain, Otig Pakis, Yani Timur, Gatot Subagya, Nani Tanjung, dan Sam Abede Pareno.

“Mereka adalah aktor dan aktris dedikatif yang selama ini telah menunjukkan dedikasinya,” kata aktor yang pernah memerankan tokoh Soekarno di film Gie (2005) ini.

Saladin berharap melalui DPP PARFI para anggota dapat terus membangun solidaritas dan kesetiakawanan sosial.

Pandemi, kata dia, merefleksikan banyak hal, degradasi mental, keterpurukan ekonomi, kerusakan ekologi, moralitas, dinamika politik, konspirasi kapitalis, dan lain-lain.

“Semua bentuk refleksi itu bermuara pada satu pertanyaan, solidaritas seperti apa yang perlu dibangun bersama pascapandemi. Saya kira DPP PARFI wajib ambil peran,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…