Demi Tingkatkan Ekonomi Lokal, Sandiaga Uno Berharap Pemudik Belanja Produk Kreatif

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 22 April 2022 - 11:45 WIB

Produk Ekonomi Kreatif Kepulauan Bangka Belitung di Rumah Kreatif Melati, Pangkalpinang (Foto: Kemenparekraf)
Produk Ekonomi Kreatif Kepulauan Bangka Belitung di Rumah Kreatif Melati, Pangkalpinang (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya mempercepat kebangkitan ekonomi lokal yang diprediksi mencapai Rp72 triliun secara nasional, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat yang melakukan mudik di musim libur lebaran tahun 2022 agar berbelanja produk kreatif lokal. 

Menparekraf Sandiaga Uno usai berbincang dengan pelaku ekonomi kreatif Kepulauan Bangka Belitung di Rumah Kreatif Melati, Pangkalpinang, mengatakan, pemerintah tahun ini memperbolehkan masyarakat untuk mudik setelah 2 tahun tidak terlaksana seiring tertanganinya dengan baik pandemi Covid-19. 

"Mudik kali ini setelah dua tahun tidak terlaksana akibat pandemi, tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik dengan beberapa persyaratan. Dan kami sudah menghitung (mudik) akan berdampak antara 20 sampai 25 persen terhadap ekonomi lokal," kata Menparekraf Sandiaga Uno.  

Untuk itu ia mendorong para pemudik, khususnya mereka yang akan pulang ke Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat berbelanja produk kreatif lokal. Di sisi lain para pelaku kreatif juga harus dapat mempersiapkan diri dengan menyiapkan produk-produk yang berkualitas dan berkelanjutan. 

"Jangan hanya mudik dan 'rohali' atau rombongan hanya lihat-lihat, tapi harus jadi 'rojali' rombongan yang jadi beli," kata Sandiaga. 

Pemerintah sendiri memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang. 
 
"Sehingga dampak Rp72 triliun terhadap ekonomi daerah ini bisa kita realisasikan, (produk ekonomi kreatif) ini menggerakkan ekonomi jika dibeli oleh para pemudik. Jadi yang mudik ke Bangka, balik ke sini, beli produk lokal baik kuliner kriya, fesyen, dan juga produk unggulan ekonomi kreatif Bangka Belitung lainnya," kata Sandiaga. 

Di sisi lain ia mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif tidak memanfaatkan momen libur lebaran 2022 secara berlebihan dengan menaikkan harga jual produk. 

"Menaikkan harga itu pantas, tapi harus yang wajar. Karena kalau 'getok harga' orang akan kapok. Belajar dari pengalaman para usahawan yang sukses, mereka lebih baik untungnya lebih sedikit tapi memanjang. Kalau untungnya besar tapi hanya di satu kali lebaran, mereka akan dirugikan. Itu pesan saya kepada pelaku usaha dan UMKM di daerah," kata Sandiaga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…