Keliling Garut, Menko Airlangga Sambangi Industri Kulit Widodo Makmur dan Agro Investama

Oleh : Candra Mata | Jumat, 22 April 2022 - 00:05 WIB

Menko Airlangga Kunjungi Pabrik Widodo Makmur Perkasa Garut
Menko Airlangga Kunjungi Pabrik Widodo Makmur Perkasa Garut

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membagikan momen kunjungan kerja ke Pabrik PT Widodo Makmur Perkasa yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Melanjutkan kunjungan kerja di Garut, siang tadi saya mengunjungi Pabrik PT. Widodo Makmur Perkasa untuk melihat ekosistem industri kulit dan UMKM berbasis kulit di Garut," ujar Menko Airlangga melalui akun Instagramnya yang dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis malam (21/4/2022).

Dijelaskan Airlangga, PT Widodo Makmur Perkasa adalah perusahaan skala nasional yang menjalankan lima lini usaha mulai dari peternakan sapi dan ayam terintegrasi, pengolahan makanan berbasis daging, komoditas pertanian, sampai konstruksi dan energi terbarukan.

Saat ini Widodo Makmur Perkasa sendiri telah turut memenuhi berbagai kebutuhan di bidang pertanian dan peternakan serta ikut memberdayakan para pelaku UMKM yang berada di Garut.

"Seperti yang kita ketahui, pemerintah memberikan prioritas yang tinggi kepada UMKM. Berbagai program dalam Pemulihan Ekonomi Nasional juga ditujukan untuk memperkuat UMKM. Di Garut perkembangan UMKM dan program KUR berjalan dengan sangat baik. Saya menerima laporan dari Bupati Garut, Bapak Rudi Gunawan, bahwa saat ini perekonomian di daerahnya sudah kembali tumbuh seperti masa sebelum pandemi," jelas Airlangga. 

Sebagai informasi, dalam lawatannya ke Garut, sebelumnya, Airlangga juga menyempatkan diri meninjau peternakan domba yang berada di daerah Malangbong, Garut.

"Peternakan domba ini dikelola oleh PT. Agro Investama. Ini merupakan lokasi terakhir yang saya kunjungi sebelum kembali ke Jakarta, hari ini, Kamis, 21 April.

Menurut Airlangga, selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, pengembangan peternakan kambing dan domba memberikan nilai manfaat yang sangat baik dalam menggerakkan ekonomi pedesaan, unit usaha dan koperasi peternakan rakyat, serta membangun peternakan berbasis budaya serta komunitas.

"Saya sangat setuju bahwa pengembangan peternakan domba harus kita dukung mengingat efek bergandanya (multiplier effect) sangat besar dalam menggerakkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

"Pada kesempatan tersebut, kami juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat budidaya domba senilai Rp 500 juta kepada salah satu peternak mitra program korporasi peternakan domba PT Agro Investama," pungkas Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Techno9 Indonesia

Selasa, 06 Desember 2022 - 08:14 WIB

PT techno9 Indonesia Tbk Segera Listing di Bursa

Minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal saat ini semakin tinggi terutama di sektor teknologi. Sehingga setiap penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) saham…

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (ketiga dari kiri), Wakil Ketua Umum Agung Sudjatmiko (paling kiri), Plt Sekjen Dekopin Moh. Sukri (kedua dari kiri) mendampingi Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi (keempat dari kiri) dan Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian RI Rudy Salahuddin (kedua dari kanan) saat membuka secara resmi Rapimnas Dekopin tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen PIP Dekopin. 

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:51 WIB

Kementerian Koperasi Minta Nurdin Halid Kawal Agenda-Agenda Strategis Gerakan Koperasi

Jakarta – Pemerintah meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid untuk mengawal agenda-agenda strategis Gerakan Koperasi Indonesia, khususnya RUU Perkoperasian dan RUU Pengembangan…

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:20 WIB

Ketua PWI Pusat Hadiri Rapat Jelang HPN di Medan

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023. Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:02 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengungkapkan rasa bangganya saat memberikan pengarahan usai meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon…

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…