Princeton Digital Group dan APJII Jalin Kemitraan Strategis untuk Tingkatkan Konektivitas Internet di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 April 2022 - 14:13 WIB

Kerjasama Princeton Digital Group dan APJII
Kerjasama Princeton Digital Group dan APJII

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Princeton Digital Group, penyedia layanan teknologi pusat data dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan kerja sama dalam rangka mendorong infrastruktur internet Indonesia.

Kemitraan strategis ini akan membantu anggota APJII di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Pekanbaru untuk memiliki akses mudah ke Indonesia Internet Exchange (IIX) dan memperkuat infrastruktur konektivitas internet di Indonesia.

Kolaborasi ini juga akan mencakup 22MW Jakarta Cibitung 2 (JC2), pengembangan fasilitas pusat data baru (greenfield) yang belum lama ini diluncurkan PDG.

APJII merupakan asosiasi yang telah lama berdiri yang beranggotakan lebih dari 700 penyedia internet dan lebih dari 3.000 perusahaan. Asosiasi ini menyediakan sejumlah layanan strategis kepada anggotanya, termasuk akses ke IIX, bantuan, seminar dan pelatihan, serta wawasan terkait industri.

Layanan ini disediakan untuk mendukung anggotanya dalam menyediakan layanan internet berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Indonesia yang mengupayakan transformasi digital melalui pembangunan infrastruktur digital dan internet yang inklusif agar dapat memperluas konektivitas di seluruh nusantara.

Dengan tingkat penetrasi internet sebesar 73,7% pada tahun 2021, meningkat dari 64,8% pada tahun 2018, serta 95% populasi di dalam negeri yang mengakses internet melalui smartphone, Indonesia siap menjadi pasar hyperscale untuk pusat data.

Menurut Structure Research, pusat data kolokasi di Jakarta diperkirakan akan tumbuh pada tingkat CAGR 23,7% dari tahun 2020 hingga 2025, yang mengindikasikan pertumbuhan besar di masa depan.

“Dengan pertumbuhan penetrasi internet yang terus meningkat, APJII harus mengantisipasi kebutuhan infrastruktur internet, termasuk titik pertukaran trafik internet (internet exchange node) dan pusat data, dari segi kapasitas, keandalan, dan efisiensi. APJII berkomitmen untuk mendukung visi Indonesia menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di seluruh kawasan dan memperkuat kedaulatan internet.” kata Ketua Umum APJII, Muhammad Arif Angga yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (21/4/2022).

Namun, pasar Indonesia sangat terfragmentasi. Ada banyak Penyedia Layanan Internet serta Penyedia Konten Internet yang mencoba untuk mendapatkan akses ke IIX. Melalui kerjasama ini, PDG membuka lebih banyak pilihan dari segi lokasi. Kerja sama ini akan membantu memfasilitasi anggota APJII untuk menjangkau lebih banyak konten digital dengan memanfaatkan jejak luas PDG di pasar.

Langkah ini juga akan memungkinkan penyedia konten untuk melakukan kolokasi dengan PDG untuk mendapatkan akses mudah ke IIX. Pada saat yang sama, APJII dapat memperluas komunitasnya dan menyediakan layanan Internet yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

“Berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur digital yang lebih kuat di Indonesia dan mendorong kemajuan bangsa secara luas merupakan salah satu fokus utama PDG. Berada di pusat pertumbuhan ekonomi yang luar biasa dan digitalisasi yang cepat oleh sektor pemerintahan di Indonesia, PDG siap untuk melayani kebutuhan perusahaan penyedia cloud global, perusahaan penyedia internet dalam negeri, serta berbagai perusahaan – menyediakan skalabilitas, konektivitas, dan keandalan yang tak tertandingi,” jelas Stephanus Tumbelaka, Managing Director Princeton Digital Group, Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Bank BTPN

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:18 WIB

Triwulan I-2024, Bank BTPN Catat Peningkatan Penyaluran Kredit Sebesar 24% YoY

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Triwulan I-2024 dengan mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada…

Living World Kota Wisata Cibubur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:59 WIB

Living World Kota Wisata Cibubur Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Pendopo Hadirkan UMKM Lokal

Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata yang merupakan perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan Pemerintah…

Ilustrasi kelapa sawit

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:40 WIB

GAPKI Kutuk Keras Tindakan Pencurian TBS Kelapa Sawit, Ganggu Iklim Investasi di Kalteng

Terbongkarnya aksi pencurian TBS perkebunan kelapa sawit yang marak terjadi di Kalimantan Tengah. Pencurian dilakukan dengan dalih Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) serta klaim…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:27 WIB

Kemenperin - Hippindo Jalin Kolaborasi Jodohkan 65 IKM Pangan dan Furnitur dengan 23 Peritel Besar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Business Matching antara industri kecil dan menengah (IKM) pangan dan furnitur bersama ekosistem peritel dan distributor yang tergabung dalam…