Ratusan Koleksi Al Quran Langka dipamerkan di Riyadh

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 April 2022 - 13:30 WIB

Pameran Al-Quran di Riyadh (Arabnews)
Pameran Al-Quran di Riyadh (Arabnews)

INDUSTRY.co.id - Untuk merayakan Hari Warisan Dunia yang berlangsung pada 18 April, Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz akan mengadakan pameran Al-Qur'an langka pada hari Kamis di Riyadh, yang menampilkan Islam dan sejarah budaya Arab yang kaya.

Di antara mereka yang hadir termasuk Faisal bin Abdulrahman bin Muammar, pengawas umum perpustakaan, dan beberapa peneliti dan akademisi.

Melansir dari laman Arabnews, koleksi ini terdiri dari 267 Al-Qur'an, dan 20 eksemplar museum yang berharga, yang sebagian besar ditulis antara abad ke-10 dan ke-13 Hijriah, yaitu dari abad ke-15 hingga ke-19 Masehi.

Perpustakaan ini memiliki koleksi lain yang menggambarkan warisan Arab dan Islam termasuk koin langka dan seni kaligrafi.

Al-Qur'an yang sangat langka yang dipamerkan adalah yang terdiri dari 30 lembar. Folio pertama dihiasi dengan motif tumbuhan yang indah menggunakan warna-warna cerah dan air emas. Sisa halaman benar-benar berlapis emas, dan bingkai samping berisi motif bunga berwarna dan berlapis emas dalam naskah Naskh, diproduksi pada 1240 H atau 1824 A.D.

Juga sebagian dari koleksi adalah Al-Qur'an lengkap lainnya, dari Surah Al-Fatiha hingga Surah Al-Nas, yang ditulis di Mekah di seberang Ka'bah selama bulan Ramadan 1025 H atau 1616 Masehi.

Ditulis ulang oleh ulama Mullah Ali Al-Qari yang meninggal pada tahun 1014 H atau 1605 M, Al-Qur'an ini bertinta hitam, dengan bagian merah dan biru. Koleksi perpustakaan mengkategorikan buku berdasarkan jenis naskah kaligrafi, wilayah, tanggal disalin, atau cara didekorasi.

Ada juga Al-Qur'an India dengan berbagai dekorasi bunga, serta sampel produksi Cina, Kashmir dan Mamluk yang indah. Dalam hal naskah, rentang termasuk Galilea (Kufik), Naskh, Thuluth, Timbuktu, dan Sudan Akhir. Ada juga skrip khusus untuk Levant, Irak, Mesir, Yaman, dan dari wilayah Najd dan Hijazi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…