Dompet Dhuafa Bersama Maybank Hadirkan Sumur Bor Di Timor Tengah Selatan Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 April 2022 - 11:25 WIB

Dompet Dhuafa Bersama Maybank Hadirkan Sumur Bor
Dompet Dhuafa Bersama Maybank Hadirkan Sumur Bor

INDUSTRY.co.id - NTT – Desa Ello masuk di Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Seperti pada umumnya Desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, musim kemarau terjadi lebih panjang dari musim penghujan.

Musim kemarau rata-rata sepanjang 7 bulan, mulai bulan April sampai Oktober. Jenis tanah di Ello merupakan tanah berbatu karang sehingga saat musim kemarau akan sangat panas. Untuk memenuhi kebutuhan air, masyarakat mengambil air dari sungai atau kali yang airnya keruh.

Demi memenuhi kebutuhan air minum dan kebutuhan memasak warga membeli air tangki dengan harga Rp 300.000,- per tangki ukuran 2500 liter. Namun tentu biaya ini berat bagi sebagian besar warga di Ello, dengan kondisi ekonomi yang kurang.

Dompet Dhuafa dan Maybank berusaha melakukan pembuatan sumur bor dalam di Dusun Enoana Desa Ello Kecamatan Fatukopa. Pembangunan sumur bor dalam di Desa Ello ini menjumpai banyak tantangan di saat pembangunannya, terlebih dengan kondisi musim penghujan yang tak kunjung henti di wilayah ini sejak bulan Desember sampai dengan Februari.

Sumur Bor Dalam yang termasuk dalam Program Air untuk Kehidupan Dompet Dhuafa,  ini diresmikan pada tanggal 28 Maret 2022 lalu.

"ini sama-sama digunakan untuk seluruh warga, kami hanya mendoakan semoga kami mendapatkan pahala kebaikan, karena itu yang sangat diharapkan dari para donatur. mohon doanya untuk beliau-beliau smuanya diberikan keberkahan hidup dan kebaikan dari apa yang sudah diberikan" kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa NTT, Sriyati yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (21/4/2022).

Adanya sumur bor dan penampungan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh kurang lebih 230 KK (Kepala Keluarga) sekitar 500 jiwa yang dibagi dalam 2 Dusun.

“Untuk Maybank Syariah dan Dompet Dhuafa yang sudah rela mengorbankan sebagian rejekinya Minallah untuk kampung ini untuk daerah ini, saya mewakili mewakili seluruh warga untuk bantuan sumur bor dan penampungan air yang diberikan mengucapkan semoga kebaikan para ahsin atau muhsinin mendapat ganjaran atau pahala dari Allah SWT. Dari sini debit airnya besar dan rasanya tidak antah walaupun baru 1 bulan tapi rasanya bagus, jernih dan debitnya dipermukaan 28", ungkap Syamsudin Metboki, Kepala Desa Ello.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…

Bank DKI Raih Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:24 WIB

Bank DKI Raih Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jakarta-Bank DKI berhasil mendapatkan apresiasi yang membanggakan dengan menempatkan diri sebagai Bank Pembangunan Daerah yang berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah.