Mudik Nyaman dan Aman, Simak 6 Tips Ini

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 20 April 2022 - 11:45 WIB

Ilustrasi Mudik (Foto: Kemenparekraf)
Ilustrasi Mudik (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Hari Raya Idul Fitri yang juga sering disebut Lebaran ini identik dengan yang namanya mudik. Mudik adalah kegiatan orang rantau untuk pulang ke kampung halamannya. Kamu dapat memanfaatkan momentum ini untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. 

Sebelum melakukan mudik, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal agar mudik berlangsung aman dan nyaman. Melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, berikut tips mudik aman dan nyaman dari Pegipegi untuk kamu yang ingin pulang kampung!

Mencari Informasi Terkait Harga Tiket

Sebelum memutuskan untuk mudik, sebaiknya mencari informasi harga tiket untuk pulang ke kampung halaman. Lakukan perbandingan harga tiket pada masing-masing transportasi seperti harga pesawat, harga bus, dan harga kereta. 

Pesawat menjadi pilihan transportasi yang tepat bagi kamu yang ingin mudik dengan praktis dan singkat. Namun, jika ingin menikmati perjalanan dengan santai dan lebih terjangkau, bisa menggunakan bus sebagai transportasi mudik. 

Menghitung Budget

Setelah mencari informasi terkait harga tiket, sebaiknya mulai menghitung budget yang dimiliki. Tujuan dari menghitung budget ini yaitu agar kamu dapat mudik sesuai dengan kemampuan sehingga ke depannya kamu tidak terbebani dengan biaya transportasi yang berlebihan. 

Selain digunakan untuk membeli tiket perjalanan, budget untuk mudik tentunya akan digunakan untuk berbagi rezeki ketika di kampung halaman.

Memesan Tiket Perjalanan

Setelah menghitung budget, kamu dapat langsung membeli tiket perjalanan yang sesuai. Untuk keamanan dan kenyaman sebelum berangkat, sebaiknya memesan tiket perjalanan secara online. 

Selain lebih aman, dengan membeli tiket secara online kamu akan mendapatkan program khusus mudik yang menguntungkan dan membuat perjalanan Anda lebih terencana. Salah satunya program Festival Hilir Mudik dari Pegipegi. Jika sudah tahu kapan akan kembali ke kota rantau, sebaiknya memesan perjalanan pulang-pergi sekaligus.

Jangan Kenakan Perhiasan Berlebihan

Pada saat mudik, tempat keberangkatan seperti bandara, terminal, dan stasiun pastinya akan sangat ramai. Demi keamanan, diharapkan tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan dan mencolok. Hal ini dilakukan agar terhindar dari tindakan kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Persiapkan Barang Bawaan

Sebelum mudik, kamu perlu mempersiapkan barang-barang bawaan, bukan? Sebaiknya, tidak menyiapkan barang bawaan terlalu mepet. Mulai dari pakaian untuk Lebaran, perlengkapan kesehatan, kartu identitas, dan lainnya. 

Jika ternyata durasi perjalanan mudik terlalu lama, sebaiknya kamu menyiapkan bekal untuk berbuka puasa di tengah perjalanan. Jika memungkinkan, juga dapat membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

Menjaga Kesehatan

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya kamu menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan sesudah perjalanan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:49 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Semarang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Juli 2022. Tiba sekira pukul 12.30 WIB, kehadiran Presiden…

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…