Jamu, Warisan Dari Indonesia Untuk Dunia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 April 2022 - 11:50 WIB

Ilustrasi Jamu
Ilustrasi Jamu

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas (megabiodiversity) kedua terbesar di dunia, setelah Brasil dikarenakan tingginya tingkat keanekaragaman hayati yang dimiliki, termasuk tanaman obat.

Tanaman obat sendiri sudah digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pengobatan tradisional utamanya dalam rangka menjaga kesehatan. Salah satu pengobatan tradisional yang sudah diwariskan turun temurun dan masih dilakukan hingga kini adalah budaya minum jamu.

Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu jampi atau usodo. Jampi atau usodo memiliki arti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. Jamu merupakan warisan leluhur yang sangat berharga. Minuman ini telah memegang peranan penting dalam pemeliharaan kesehatan dan kebugaran masyarakat Nusantara sejak ratusan tahun silam.

Dengan kondisi dunia saat ini mengalami pandemic Covid-19, masyarakat dunia tersadarkan kembali tentang kesehatan. Kesehatan menjadi fokus utama dunia.Dan jamu sebagai kearifan lokal bangsa Indonesia dapat menjadi solusi perawatan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat dunia.

Dukungan untuk Budaya Sehat Jamu juga ditunjukkan oleh Pemerintah. Pada bulan Maret 2022 yang lalu secara resmi Pemerintah melalui Kemendikbud Ristek mendaftarkan jamu sebagai warisan budaya tak benda kepada UNESCO. Hal ini dapat menjadi sebuah tonggak awal bagi Jamu untuk dapat diakui secara global.

Keputusan Mendikbud Ristek mendapatkan dukungan, salah satunya adalah dari anggota Watimpres, Putri Kus Wisnu Wardani

"Saya mengapresiasi langkah Kemendikbud Ristek yang mengajukan budaya sehat jamu menjadi warisan budaya tak benda ke Unesco," kata salah satu anggota Watimpres, Putri Kus Wisnu Wardhani yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (19/4/2022).

"Di saat pandemi, gaya hidup sehat melalui Jamu bisa membantu banyak orang tidak saja di seluruh Indonesia tapi juga di dunia. Terlebih jamu dianggap telah membantu menjaga kebugaran masyarakat dan memberikan manfaat bagi kesehatan secara global di tengah kondisi dunia yang terpuruk akibat pandemi sehingga penting untuk mendorong agar jamu bisa memperoleh pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia," ujarnya.

Maka, jamu memberikan sumbangsih pada Sustainable Development Goals (SDG) dengan salah satu tujuan indikator yaitu kehidupan sehat & sejahtera untuk masyarakat dengan pemanfaatan keaneragaman hayati atau rempah-rempah sebagai pewaris budaya.

Juga adanya kesetaraan gender yang di mana memberikan ruang lebih besar bagi pemberdayaan perempuan yang mayoritas jamu gendong di Indonesia merupakan kaum perempuan.

"Jamu juga banyak memberikan manfaat kesehatan untuk dunia, bahkan rumah produksi film terkenal Amerika mengangkat mengenai khasiat jamu dalam film yang berjudul Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert saat dalam 1 adegan dia sembuh melalui ramuan jamu yang mujarab.," pungkas Putri.

Jamu itu lebih dari sekedar obat tradisional, tetapi ada doa di setiap racikannya. Jamu merupakan bentuk sumbangsih bangsa Indonesia pada dunia khususnya dalam bidang kesehatan. Maka sudah selayaknya kita patut bangga dan selalu melestarikan jamu sebagai warisan budaya sejak 1200 tahun yang lalu masih ada hingga kini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…